CRM MAMPU MENINGKATAN OMSET PENJUALAN E-COMMERCE

CRM-ecommerce

CRM & CALL CENTER, TRIGGER DALAM PENINGKATAN OMSET PENJUALAN E-COMMERCE

 

Bisns E-commerce dan loyal customer, memang dua hal yang saling terkait. Karena keduanya menjadi salah satu jalan untuk makin berkembangnya bisnis e-commerce yang ada di Indonesia. Namun sayang pelaku bisnis e-commerce belum memaksimalkan apllikasi CRM & Call Center untuk tujuan tersebut.


Untuk dunia bisnis, apapun jenisnya sudah pasti mereka ingin memiliki yang bernama loyal customer. Kenapa, karena dengan loyal customer inilah perusahaan bisa di harapkan untuk terus melakukan tren pergerakan naik dari omzet penjualannya. Sekalipun hingga saat ini pebisnis e-commerce sudah berada pada posisi yang bagus. Dimana dalam skala kelas regional, kita sudah menjadi pemain terbaik dalam bisnis ekonomi digital yang di dalamnya terdapat bisnis e-commerce.

Baca juga : Hubungan E-Commerce Dan CRM

Namun sayang  kondisi yang terjadi saat ini dalam bisnis e-commerce justru terjadi sebaliknya. Kondisi Indonesia yang berada paling besar dalam pertumbuhan bisnis ekonomi digital yang ada di kawasa Asean sebesar 27 miliar dollar amerika. Justru kondisinya sekarang ada beberapa pebisnis yang justru makin mengalami kemunduran karena beberapa hal. Satu contoh yang patut menjadi perhatian adalah terkait masalah loyal customer yang ada di bisnis e-commerce.

Padahal secara konsep untuk menciptakan loyal customer tidaklah sesulit yang di bayangkan. Ada 5 cara yang bisa di lakukan pebisnis agar loyal customer bisa di dapatkan demi peningkatan omzet penjualan perusahaan. Ambil contoh 5 hal yang dimaksud adalah :

  1. Tampilkan alamat, nomor telephone, gambar staff, testimony pelanggan dan kredibilitas personal yang ada di web anda
  2. Dapat menambahkan opsi obrolan langsung yang ada di layanan web perusahaan anda
  3. Buatlah Blog, seringkali memang keberadaan blog bisa membantu kerja e-commerce untuk membangun kepercayaan
  4. Jadikanlah layanan pelanggan sebagai prioritas  sebelum profit. Konsepnya adalah lebih mudah mempertahankan pelanggan ketimbang menacri pelanggan- pelanggan baru.
  5. Yang terakhir adalah buatlah program loyalitas. Dimana point ini adalah salah satu program yang tidak bisa di pindah-pindahkan ke perusahaan yang lain.

Itulah kenapa, dengan semakin majunya perkembangan bisnis e-commerce  yang ada di Indonesia. Maka peran pemerintah dan swasta perlu bersinergi agar hasilnya bisa lebih maksimal. Jika pemerintah perlu membuatkan satu kebijakan yang bisa mendukung perkembangan bisnis e-commerce sedangkan pelaku industrinya sendiri perlu terobosan yang nyata agar keberhasilan dan peningkatan bisnis e-commerce bisa terjadi lebih baik dan lebih baik lagi di Indonesia.

crm ecommerce

CRM DALAM PERKEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA

 

Mungkin diantara kita ada yang belum jelas apa itu CRM dan seperti apa fungsinya. Maka beberapa deskripsi berikut bisa menjelaskan seperti apa konsep CRM untuk mendukung sebuah bisnis di sektor e-commerce.

Ada 3 pendekatan yang mudah di pahami terkait fungsi dan menariknya CRM untuk bisa menjadi kunci perkembangan dan pengembangan bisnis dengan CRM.

  1. CRM : bisa juga di repleksikan sebagai sebuah metode usaha dari sebuah perusahaan e-commerce. Dimana fungsinya adalah untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan yang dimiliki perusahaan agar keberadaan mereka tidak berpindah ke perusahaan sejenis lainnya.
  2. CRM bisa di artikan sebagai sebuah integrated system yang mampu melakukan kegiatan secara sistematik dengan tujuan akhir dari kegiatan tersebut adalah untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan yang menguntungkan (most profitable customer) bagi perusahaan. Sehingga perusahaan mampu mencapai tingkat pertumbuhan omset seperti yang di harapkan.
  3. CRM : adalah sebuah strategi bisnis  bagi sebuah perusahaan e-commerce yang memungkinkan perusahaan itu mampu mengelola dengan baik dan benar para pelanggannya. Sehingga dengan dibuat kondisi seperti itu maka progress positifnya adalah membuat pelanggan menjadi loyal pelanggan atau loyal customer.

Itulah beberapa hal yang membuat CRM saat ini dan kedepan akan menjadi salah satu terobosan menarik dan penting bagi bisnis e-commerce yang ada di Indonesia. Karena kendala yang dialami bisnis e-commerce saat ini adalah masih kurangnya maintenance yang bisa dilakukan oleh pebisnis e-commerce agar pelanggan yang dimilikinya bisa lebih loyal dan menjadi salah satu aset untuk meningkatkan omzet penjualan dari bisnis e-commerce yang di jalankannya.

Jika kendala yang selama ini menjadi masalah dalam pengembangan bisnis e-commerce di Indonesia bisa ditangai dengan baik. Maka bisa di prediksi perkembangan yang terjadi di bisnis e-commerce akan lebih maju dan berkembang dibanding apa yang sudah terjadi saat  ini.   Sekedar memberikan gambaran bagaimana menariknya bisnis e-commerce hingga pertengahan tahun 2019. Selama kurun waktu 4 tahun terakhir, perusahaan-perusahaan eCommerce di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu sampai di angka 500%. Riset terbaru Google menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia mencapai angka 27 Milyar Dollar Amerika Serikat atau sekitar 391 Triliyun Rupiah. Angka tersebut menjadikan transaksi ekonomi digital Indonesia menduduki posisi pertama untuk kawasan ASEAN.

Anda juga bisa membaca : 6 TREN BISNIS YANG AKAN MEMPENGARUHI BISNIS RITEL DI INDONESIA

In this article

Join the Conversation

5 × 2 =