5 Manfaat Sistem CRM Barantum untuk Dealer Mobil dan Motor

crm dealer mobil

Meningkatkan Penjualan Dealer Otomotif dengan sistem CRM

 

Jika Anda berbicara dengan sales veteran yang sudah bergelut dalam penjualan kendaraan bermotor untuk waktu yang sangat lama, Anda kemungkinan besar telah mendengar satu atau dua kisah yang mengingatkan kembali pada masa-masa “sederhana” sebelum Internet. Senjata terbesar mereka adalah telepon, dan satu halaman penuh tersebar di belakang surat kabar harian membawa banyak pembeli yang memenuhi syarat. Dan untuk tetap teratur? Kalender meja, buku catatan tempel, dan pena.

Ya, ada sesuatu yang menghibur tentang nostalgia dari “masa lalu yang indah,” tetapi mari kita jujur: Internet telah memberi dealer mobil kemampuan untuk menjual lebih banyak mobil daripada yang pernah mereka bayangkan dan untuk mengembangkan hubungan pelanggan yang bermakna dan tahan lama. Sistem CRM adalah apa yang dibutuhkan tim Anda untuk merampingkan dan menyederhanakan proses bisnis seluruh dealer Anda.

Mengapa memilih sistem CRM Barantum daripada sistem CRM open-source umum?

Sebelum menyebutkan mengapa Anda harus memilih sistem CRM Barantum daripada sistem CRM open-source yang umum, mari kita pahami dulu apa itu sistem CRM.

CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management, dan semua jenis bisnis menggunakan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan dan mengelola hubungan dengan individu-individu tersebut. Ini adalah cara bagi seluruh dealer Anda untuk memiliki sistem terpusat bagi seluruh informasi tentang pelanggan, prospek, dan peluang. Sebagian besar CRM memiliki fitur-fitur penting ini.

Namun, beberapa sistem CRM open-source umum keseringan memiliki fitur yang tidak Anda perlukan di industri otomotif yang hanya memperumit dan membingungkan banyak hal. Mereka juga mungkin kehilangan fitur-fitur utama yang akan membuat hidup Anda di sebuah dealer jadi jauh lebih mudah. Maka dari itu ide yang lebih baik adalah untuk berinvestasi dalam platform Cloud CRM yang dikembangkan oleh Barantum yang dapat disesuaikan dan di kustomisasikan untuk segala jenis Industri.

Baca juga : Aplikasi CRM Solusi Terbaik Bagi Industri Otomotif 2019

crm industri otomotif

Bagaimana CRM Barantum meningkatkan penjualan dealer mobil

Apa manfaat unik dari sistem CRM Barantum bagi Dealer Mobil/Motor? Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu dealer Anda meningkatkan seluruh cara bisnisnya:

1. Menghilangkan gangguan yang terkait dengan pendistribusian Leads

Apa proses Anda saat ini ketika prospek masuk? Apakah manajer penjualan Anda menetapkan setiap lead (prospek/calon pelanggan) secara manual? Apakah setiap orang untuk dirinya sendiri dan orang pertama yang mengklaim lead yang tersedia, yang mendapatkannya? Dan terlepas dari bagaimana Anda menetapkan lead, apakah Anda tidak lelah dengan tenaga penjualan Anda yang mengeluh kepada Anda tentang tugas yang tidak “adil”?

Dengan CRM Barantum Anda dapat mengatur sistem CRM secara otomatis untuk mendistribusikan lead yang ada sehingga distribusi lead akan selalu sama kepada tiap sales dan manajer penjualan Anda tidak membuang waktu.

2. Dapatkan bantuan untuk meminimalkan penawaran yang terlewat

Terlalu banyak potensi kesepakatan yang gagal karena ada sesuatu yang terlupakan dalam proses penjualan. Dalam CRM Barantum, Anda dapat menetapkan rencana tindakan yang menciptakan tugas spesifik berdasarkan tahapan proses penjualan. Dengan demikian, tenaga penjualan Anda tidak akan kehilangan kesepakatan berharga karena tugas tertentu yang terlewatkan. Dan, jika kesepakatan masih gagal, Anda dapat melihat di CRM, melihat apa yang mungkin terjadi, dan menindaklanjuti dengan pelanggan tersebut untuk memelihara hubungan baik hingga melakukan penjualan di kemudian hari.

3. Tugas dan keluhan

Solusi CRM ini memungkinkan Anda mengawasi semua tugas. Anda dapat mendelegasikan dan memantau tugas dan setelah selesai, Anda kemudian dapat membuat tindak lanjut. Filter yang canggih memungkinkan Anda untuk mengurutkan dan menampilkan tugas berdasarkan tanggal jatuh tempo, orang yang bertanggung jawab, dan sebagainya.

4. Rampingkan fase test drive

Menyulap banyak permintaan untuk test drive bisa sangat banyak sekali, tetapi dengan sistem CRM akan membantu menyederhanakan semuanya. Jika pelanggan mengirimkan permintaan test drive melalui formulir di situs web Anda, itu akan langsung masuk ke CRM, mereka akan mendapatkan email konfirmasi otomatis, lead akan ditugaskan, dan tugas akan ditambahkan ke alur kerja harian Anda. Semua informasi pelanggan akan secara otomatis terisi dalam CRM.

5. Analisis

Anda dapat menganalisis kontak pelanggan Anda, keberhasilan kampanye pemasaran, dan sebagainya. Hampir semua jenis data dapat dianalisis; misalnya, peluang penjualan sesuai dengan pelanggan terkait produk atau merek otomotif tertentu.

Baca juga : Bingung Apa itu CRM? Berikut ini Definisi dan Ilustrasinya

crm untuk sales penjualan mobil

Keuntungan-keuntungan lainnya

Perangkat lunak CRM membantu dealer mobil mencapai keunggulan dengan menawarkan layanan kelas satu dan saran yang kompeten. Semua data pelanggan Anda disimpan dan dikelola secara terpusat sehingga semua karyawan Anda memiliki akses langsung ke data pelanggan dengan mengklik mouse.

Penjualan dapat menikmati dukungan yang diberikan CRM kepada mereka dan ini berarti mereka memiliki lebih banyak waktu untuk menjual. Tim penjualan Anda memiliki semua informasi yang mereka butuhkan, yang bahkan dapat mereka akses ketika ponsel, data seperti alamat pelanggan dan informasi tentang tambahan opsional tersedia dengan satu sentuhan tombol. Akses cepat ke informasi berarti mereka dapat menghemat waktu kerja yang berharga. Perangkat lunak CRM menunjukkan semua proses bisnis secara transparan. Tim manajemen dapat membuat keputusan yang lebih tepat karena mereka memiliki laporan, analisis, atau perkiraan turnover.

Dealer Anda unik. Kebutuhan Anda unik. Jadi mengapa biarkan kesuksesan dealer Anda bergantung pada teknik manajemen kuno dan catatan tulisan tangan? Ketika Anda membuat keputusan untuk berinvestasi dalam sistem CRM yang telah dibuat khusus untuk industri otomotif, tidak ada keraguan Anda akan melihat perbedaan positif dalam tim Anda segera setelah mereka menyesuaikan cara kerja mereka dengan perubahan.

Lihat juga artikel menarik lainnya tentang CRM

In this article

Join the Conversation

20 − 10 =