Di zaman yang serba digital ini, WhatsApp telah berkembang menjadi salah satu platform komunikasi terpenting, tidak hanya untuk percakapan pribadi tetapi juga untuk pemasaran bisnis. Namun, pernahkah Anda mengalami situasi di mana pesan pemasaran WhatsApp Anda tidak terkirim ke pelanggan? Jika iya, Anda bukanlah satu-satunya. Hal ini disebabkan karena adanya nomor eksperimen pesan marketing WhatsApp.

Sejak 14 Juni 2023 lalu, pihak Meta telah melakukan eksperimen pesan marketing yang mempengaruhi cara bisnis berkomunikasi dengan nomor pelanggan tersebut melalui platform ini. Lalu, apa sebenarnya eksperimen pesan marketing itu dan syarat apa yang perlu dipenuhi agar bisnis dapat mengirim pesan marketing ke nomor eksperimen WhatsApp? Yuk, ketahui detailnya dengan membaca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Pengertian Eksperimen Pesan Marketing WhatsApp

Seperti yang telah Anda ketahui di penjelasan sebelumnya, WhatsApp telah memulai sebuah eksperimen yang dimulai pada 14 Juni 2023. Eksperimen Pesan Marketing WhatsApp adalah nomor eksperimen yang dipilih secara random oleh WhatsApp sehingga tidak dapat menerima pesan marketing dari bisnis manapun. Eksperimen nomor WA ini dilakukan kepada sekitar 1% pengguna WA dan nomor-nomor tersebut hanya bisa dikirimkan pesan marketing jika terpenuhi beberapa kondisi tertentu.

Kondisi Yang Bisa Membuat Bisnis Dapat Kirim Pesan Marketing Ke Nomor Eksperimen WhatsApp

Meskipun ada nomor pelanggan Anda yang masuk ke dalam nomor eksperimen pesan marketing WhatsApp, Anda masih bisa mengirimkan pesan marketing jika memenuhi salah satu kondisi di bawah ini:

1. Jendela Pesan Layanan Pelanggan Terbuka (Service Conversation)

Jendela layanan pelanggan terbuka ketika pelanggan memulai percakapan dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu. Secara sederhana dapat diartikan Anda menerima pesan masuk dari pelanggan sehingga pesan percakapan service aktif. Selama jendela ini masih terbuka, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk mengirim pesan marketing kepada pelanggan tersebut.

2. Percakapan Pemasaran (Marketing Conversation) Masih Terbuka

Melanjutkan dari poin pertama, jika selama sesi pesan percakapan service aktif dan Anda mengirimkan pesan marketing, pesan marketing tersebut akan terbuka selama 24 jam. Jadi, sebelum masa berlaku percakapan marketing itu habis, Anda masih bisa mengirimkan pesan marketing kepada pelanggan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Percakapan Poin Entri Gratis Yang Terbuka

Percakapan poin entri gratis adalah pesan pelanggan yang berasal dari iklan yang dibuat oleh bisnis. Sebagai contoh, bisnis menggunakan Meta Ads dengan melampirkan CTA ke nomor WhatsApp bisnis Anda. Sehingga tiap pesan dari hasil klik ke WhatsApp pada iklan atau Ads tersebut, termasuk ke dalam percakapan poin entri gratis. Percakapan poin entri gratis akan terbuka selama 72 jam. Selama sesi pesan ini masih terbuka maka Anda bisa mengirimkan pesan marketing.

Pengaruh Eksperimen Pada Bisnis

Seperti yang telah Anda ketahui di penjelasan sebelumnya, WhatsApp telah memulai sebuah eksperimen yang dimulai pada 14 Juni 2023. Eksperimen Pesan Marketing WhatsApp adalah nomor eksperimen yang dipilih secara random oleh WhatsApp. Sehingga nomor tersebut tidak dapat menerima pesan marketing dari bisnis manapun. Eksperimen nomor WA ini dilakukan kepada sekitar 1% pengguna WA dan nomor-nomor tersebut hanya bisa dikirimkan pesan marketing jika terpenuhi beberapa kondisi tertentu.

Solusi Untuk Mengirim Pesan Marketing

Mengatasi situasi ini membutuhkan pendekatan yang berbeda. Anda disarankan untuk menggunakan metode komunikasi lain, seperti telepon maupun email. Selain itu, Anda memanfaatkan momen ketika pelanggan menghubungi Anda terlebih dulu. Dengan cara ini, Anda dapat mengirimkan pesan pemasaran selama jendela percakapan yang memenuhi syarat tersebut masih terbuka.

eksperimen pesan marketing whatsapp

Dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis, penting bagi Anda untuk memilih penyedia WhatsApp yang tidak hanya terpercaya tetapi juga memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda. Pastikan bahwa penyedia layanan WhatsApp Anda adalah mitra resmi WhatsApp Official Centang Hijau yang terpercaya.

Dengan penyedia yang tepat seperti Barantum, Anda akan mendapatkan dukungan terbaik untuk memaksimalkan efektivitas komunikasi pemasaran Anda melalui WhatsApp, dilengkapi dengan laporan analitik yang membantu Anda mengevaluasi dan merencanakan strategi pemasaran yang lebih baik ke depannya.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp - eksperimen pesan marketing whatsapp

Sumber referensi: Eksperimen Pesan Marketing WA by Meta

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".