Dengan WhatsApp API, agen tak perlu bergilir menggunakan perangkat

WhatsApp Business memang sudah tidak perlu Anda ragukan lagi dalam berbisnis. Berbeda dengan WhatsApp versi reguler, WhatsApp Business memiliki kelebihan serta fitur-fitur pendukung bisnis. Dengan alasan itu serta miliaran penggunannya, tak heran, para pebisnis pun turut menggunakan aplikasi ini. Menjawab kebutuhan pelanggan melalui saluran percakapan yang mereka sukai, yaitu WhatsApp, adalah salah satu kunci keberhasilan customer experience. Agen layanan pelanggan dan menjawab pesan pelanggan dengan cepat. Pelanggan mudah menghubungi bisnis tanpa harus mengirimi email atau menghubungi agen layanan pelanggan.

Sayangnya, WhatsApp Business tidak dapat diakses lebih dari satu perangkat, yaitu perangkat yang terhubung dengan nomor ponsel yang terdaftar. Oleh karena itu, jika suatu perusahaan memiliki lebih dari satu agen, setiap agen harus bergiliran memegang perangkat. Mereka tidak dapat melakukannya secara bersamaan. Untuk perusahaan kecil, mungkin tidak masalah bahwa pertanyaan pelanggan hanya dikelola oleh satu agen layanan pelanggan. Tetapi untuk bisnis yang lebih besar dengan banyak pertanyaan, ini akan menjadi masalah besar dan waktu respons akan sangat terpengaruh.

Baca juga: Inilah Manfaat WhatsApp Business API yang Wajib Anda Ketahui

Untuk itulah, WhatsApp Business API hadir untuk menawarkan alternatif yang lebih disesuaikan, intuitif, dan nyaman. Fitur-fiturnya lebih canggih, menjawab kekurangan yang ada pada WhatsApp Business. Anda tak perlu khawatir dengan jumlah agen layanan pelanggan yang banyak. Mereka hanya akan menggunakan satu akun yang dapat mereka akses bersama. Sehingga, pelanggan tidak akan menghadapi antrean yang lama untuk menanti balasan.

Kelola banyak agen dalam satu akun menggunakan WhatsApp API

Pentingnya layanan pelanggan dalam setiap bisnis adalah salah satu faktor utama kepuasan pelanggan. Pastikan  bahwa Anda selalu menanggapi setiap pertanyaan pelanggan, sehingga kebutuhan mereka terpenuhi dengan tepat.

Kebebasan untuk mendapatkan akses akun WhatsApp di lebih dari satu perangkat tentu akan membantu bisnis dalam menghadapi banyaknya pertanyaan pelanggan. Anda juga dapat menghubungkan agen tanpa batas yang akan membuat kinerja mereka lebih optimal dan up-to-date.

Tidak hanya itu, melalui WhatsApp Business API, Anda juga dapat melihat dan mengontrol kualitas agen layanan pelanggan Anda secara instan. Ini memungkinkan Anda untuk melacak setiap percakapan dan memantau tanggapan mereka agar Anda dapat memberi mereka umpan balik. WhatsApp Business API menyediakan analitik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kualitas layanan pelanggan Anda.

WhatsApp Business API juga memungkinkan Anda untuk menambahkan sistem lain yang dapat mendukung kebutuhan Anda bersama dengan saluran komunikasi Anda saat ini, seperti berikut ini:

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

1. Supervisor dan admin untuk memantau kinerja agen

Fungsi Supervisor dan Admin tersedia pada WhatsApp Business API. Peran ini berfungsi untuk memantau dan meninjau kinerja semua agen dalam bentuk metrik kinerja agen. Peran ini dapat membantu memastikan kualitas setiap jawaban yang diberikan oleh agen. Fitur ini tidak tersedia di WhatsApp Business karena tidak memungkinkan untuk perangkat bersama dan tidak ada indikator split dan analisis kinerja dari masing-masing agen. Perlu diingat bahwa Anda hanya akan menerima fitur ini jika Anda menggunakan API WhatsApp Business melalui Barantum Omnichannel.

HOW TO CREATE MQL & SQL FOR INCREASE OMZET
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

2. Implementasi sistem chatbot dan template pesan untuk bisnis

Penggunaan chatbot dan template pesan di WhatsApp Business API dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif. Sistem chatbot yang mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) berfungsi untuk menyampaikan berbagai informasi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti spesifikasi produk, harga produk dan fitur-fiturnya. Chatbot juga dapat meminimalkan biaya operasional karena kebutuhan banyak agen dapat dikurangi.

Template pesan, di sisi lain, adalah serangkaian pesan teks yang telah disetujui oleh perusahaan WhatsApp untuk memudahkan agen menjawab pesan serupa lebih cepat karena mereka hanya perlu mengetikkan template yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp API Untuk Customer Service

3. Sistem respon otomatis

Dengan sistem auto-respond di WhatsApp Business API, agen tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menanggapi pesan serupa yang masuk. Namun, untuk menggunakan sistem ini, Anda harus menentukan jenis pesan yang berlaku dan responsnya selama penyiapan. Bagaimanapun, ini membuat Anda maupun agen lebih mudah untuk mengarahkan kembali pertanyaan-pertanyaan yang sering pelanggan ajukan.

Dengan adanya ketiga fitur ini, pekerjaan layanan pelanggan Anda menjadi lebih optimal. Mereka dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Apalagi dengan bantuan chatbot, agen layanan pelanggan tidak perlu menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti FAQ. Hal ini tentu merampingkan pekerjaan agen, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk menjawab pertanyaan yang lebih mendesak.

Bagaimana mendapatkan WhatsApp Business API secara mudah?

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Untuk itu, Anda membutuhkan BSP atau mitra resmi WhatsApp seperti Barantum untuk mendapatkannya. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, yaitu

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date. Sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan terenkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Baca juga: Cara Jangkau Pelanggan Lebih Banyak Dengan WhatsApp Business API

Transformasi digital mengharuskan Anda berevolusi dalam meningkatkan bisnis Anda menggunakan teknologi digital. Fungsi layanan pelanggan yang sebagai garda terdepan menghadapi pelanggan membutuhkan aplikasi yang mumpuni dalam memenuhi kebutuhan mereka. Untuk itu, optimalkan pekerjaan mereka dengan WhatsApp Business API.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".