JANGAN NGAKU SALES PROFESIONAL ( JIKA TAHUN 2021 ) TIDAK MENGUBAH STRATEGI KOMUNIKASI BISNISNYA

Saat ini kita sudah masuk ke semester ke-2 tahun 2021. Artinya segala hal yang terkait dengan potensi dan kendala yang ada semester ke-1tahun 2021 sudah  harus di analisa. Kenapa, karena kondisi 2021 adalah kelanjutan dari kondisi yang ada di tahun 2020.  Sehingga  jika salah dalam melakukan analisa, maka jangan harap bisnis yang anda  jalankan di tahun 2021 akan lebih baik.

 

Bicara bisnis, maka kita bicara soal bagaimana sebuah strategi mesti di implementasikan agar bisa meningkatkan kinerja sebuah perusahaan. Ibarat kata, strategi adalah salah satu pondasi dari sebuah bisnis. Ketika pondasi-nya kurang kokoh, maka jangan harap bangunan itu akan kuat dari terpaan alam semesta. Tetapi jika kondisinya kokoh, maka terpaan alam seperti apapun akan bisa d hadapi dengan cukup baik. Pembuatan strategi bisnis itu memang tidak bisa sembarangan. Artinya ketika sebuah strategi itu mesti dibuat, harus benar-benar berdasarkan data dan hasil analisa yang matang. Jangan sampai strategi di buat hanya untuk sekadar  kelengkapan  bisnis semata.   Dan salah satu media atau tools  yang bisa membantu manajemen dalam mempersiapkan data  sebagai bahan analisa adalah CRM  ( Customer Relationship Management).

Hanya bedanya jika tahun 2019 lalu CRM masih bersifat individual, tetapi di tahun 2021 saat ini keberadaan CRM sudah di integrasikan dengan WA Business API. Mungkin anda bertanya apa untungnya dengan adanya integrasi WA Business API plus CRM.  Setidaknya ada 3 hal yang membuat WA Business API plus CRM bisa menjadi kunci  dalam mengoptimalkan kinerja bisnis pelaku bisnis :

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp
  1. WA Business API saat ini adalah salah satu media komunikasi bisnis yang banyak di minati tidak saja di Indonesia. Tapi ada 109 negara di dunia yang telah menggunakan WA dengan total pengguna WA sekitar 2 miliar.
  2. Saat ini Indonesia masuk dalam 10 negara di dunia pengguna WA. Di mana ke-10 negara itu adalah India, Brazil, Jerman, Indonesia, Rusia, Turki, Spanyol, Italia, Belanda, Inggris.  Dimana hal itu bisa  terjadi karena WA memiliki kelebihan seperti: Dukungan lintas platform yang cukup luas, aplikasi WA tidak ada iklan, serta yang pasti di sukai pelaku bisnis  karena pengguna WA sangat besar di dunia ada 2 miliar.
  3. Berdasarkan data terkini dari 274.9 juta penduduk Indonesia ada 170 juta yang menggunakan media sosial.

Dengan melihat perspektif bisnis yang ada, maka kita bisa memberikan penjelasan kenapa CRM bisa membantu manajemen dalam memberikan satu acuan data analisa yang cukup baik. Karena disadari atau tidak, saat ini kita bisa pastikan  bahwa hampir semua jenis industri dari skala kecil, menengah dan besar sudah mengimplementasikan CRM dalam bisnisnya. Nah dengan integrasi CRM ditambah kekuatan Whatsapp Business API maka sebuah perusahaan akan dengan lebih mudah melakukan strategi bisnisnya untuk penetrasi pasar yang ada.

Karena apapun namanya, ketika kita bicara soal tools atau alat bantu maka tujuannya jelas untuk meningkatkan performance yang ada dalam perusahaan yang bersangkutan.  Ada minimal 3 hal yang mesti harus menjadi perhatian kita. Dan ketika ke-3 hal tersebut telah memenuhi unsur yang kita butuhkan maka sebuah tools tersebut layak kita gunakan. (1) Pilih tools yang benar secara fungsi benar-benar berguna dan di gunakan secara  efektif. (2) Pilih tools   yang bersifat dinamis, artinya tools  tersebut bisa di sesuaikan dengan kebutuhan sebuah perusahaan. Bukan tools  yang bersifat kaku tapi fleksible (3) Pilih tools yang mampu mentrigger penggunanya ( user ) agar selalu bisa meningkatkan kinerja yang menjadi tanggungjawabnya. Ketika ketiga  hal tersebut bisa di penuhi maka sudah pasti jalannya perusahaan dan strategi yang akan di buat akan memiliki plus point yang cukup baik. Karena keberadaan tools  tersebut memang memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

CRM , CARA TERBAIK PERUSAHAAN DALAM MENGELOLA DATABASE CUSTOMER

Baca juga artikel berikut : SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API 

Dengan dasar apa yang telah di jelaskan diatas, pada akhirnya memang kita merasa bahwa saat ini keberadaan CRM dalam sebuah perusahaan bisa menjadi tools  yang tepat. Karena selain tools ini sudah mengakomodir perkembangan teknologi yang ada. Juga tools ini bisa memberikan efisiensi yang cukup signifikant bagi perusahaan. Namun pada saat CRM di implementasikan pada sebuah perusahaan. Agar hasilnya bisa maksimal dan memang memberikan hasil yang optimal. Kita bisa membuat CRM  tersebut menjadi tools yang cukup bagus dengan 6 step yang mesti kita jalankan. Apa saja ke-6 step tersebut berikut penjelasannya  :

  • Pastikan terlebih dahulu strategi atau target- target apa saja yang di tahun depan akan menjadi prioritas. Dengan kita tahu Dengan adanya strategi dan prioritas yang ingin di capai di tahun depan, maka manajemen bisa menentukan implementasi CRM seperti apa  yang tepat untuk di jalankan.
  • Pastikan manajemen bisa menjadi koordinasi dan otorisasi dalam penggunaan CRM bagi user yang ada di dalam perusahaan. Artinya adalah bahwa CRM bisa di jadikan sebuah cara untuk meningkatkan kinerja user ( pengguna CRM ) bisa bertahan dalam peningkatan kinerja secara berkelanjutan.
  • Pastikan bahwa implementasi CRM yang ada dalam perusahaan harus sedapat mungkin telah di integrasikan dengan sistem yang ada di dalam perusahaan. Jika hal itu terjadi dan bisa di lakukan maka optimalisasi penggunaan CRM menjadi lebih baik.
  • Pastikan bahwa data yang terhimpun dalam CRM bersifat data terkini, sehingga optimalisasi data yang ada dalam CRM bisa menjadi dasar penentuan strategi bisnis yang akan di jalankan di masa depan. Apakah hal  itu bisa di jalankan, jawabnya bisa karena memang CRM di bangun untuk meningkatkan kualitas data customer yang di miliki oleh perusahaan.
  • Pastikan bahwa strategi yang kedepan akan di jalankan oleh perusahaan sedapat mungkin mulai di sosialisasikan dengan menggunakan artikel atau media promosi lainnya.  Kenapa, karena sosialisasi program yang baik memang tidak bisa di buat dan di lakukan secara mendadak tetapi perlu waktu dan kondisi  yang tepat.  Itulah kenapa, sharing artikel yang baik dengan memaksimalkan data yang berasal dari CRM bisa menjadi salah satu kunci sukses untuk menjalankan program dimasa depan.
  • Pastikan dalam memiliki tools atau aplikasi pendukung kinerja seperti CRM yang memang sesuai dengan situasi dan kondisi yang saat ini sedang di jalankan oleh perusahaan. Salah anda dalam menentukan tools tersebut, maka akan berdampak pada proses kerja selanjutnya.

Satu hal yang mesti menjadi perhatian para pelaku bisnis. Bahwa CRM saat ini bukan sebuah  tools yang ekslusive tetapi CRM adalah sebuah strategi bisnis. Dimana inovasi dan integrasi sistem sudah begitu mudahnya dapat dilakukan kedalam CRM. Sehingga wajar jika pada akhirnya CRM bisa melakukan banyak hal seperti : analisa, prediksi dan monitoring terhadap aktivitas yang di jalankan  oleh SDM yang bersangkutan. Adalah tools yang bernama CRM Barantum, sebuah aplikasi sistem yang bisa di katakan cukup menarik karena di dalamnya sudah mencakup integrasi sistem yang bisa di sesuaikan dengan perkembangan zaman. Seperti saat ini, dimana pelaku bisnis lebih asik menggunakan media sosial dalam berkomunikasi bisnis. Maka CRM Barantum telah meng-upgrade sistemnya sehingga bisa di integrasikan dengan model media sosial. Kondisi ini jelas bisa memberikan satu kemudahan bagi pelaku bisnis, sistem itulah yang saat ini lebih di kenal dengan sebutan CRM Omni Channel.

 

In this article

Join the Conversation

1 × 4 =