SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API

SEBUAH FAKTA    : KENAPA  PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API 

Saat ini bisa di katakan, komunikasi menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan dalam sebuah bisnis. Namun belum banyak yang tahu sistem dan model komunikasi seperti apa yang akan membuat bisnis anda menjadi lebih unggul. Sehingga tidak salah, jika pada akhirnya pelaku bisnis mengalihkan model komunikasinya dengan Whatsapp Business API.

 Baca juga artikel berikut : INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

Mungkin jika sampai saat ini masih ada pelaku industri yang bertanya kenapa mesti Whatsapp. Apa istimewanya Whatsapp bagi komunikasi bisnis kita bisa menjelaskan dari beberapa point yang ada di Whatsapp.  Setidaknya manajemen Whatsapp sendiri sudah makin tahu kearah mana pengembangan Whatsapp kedepan. Karena dari perbedaan yang bisa kita lihat saat ini dengan adanya 3 pilihan Whatsapp dari  Whatsapp Regular, Whatsapp Business dan Whatsapp Business API kita bisa tahu seperti apa keunggulan dari masing-masing kategori Whatsapp tersebut.

 

  1. WHATSAPP REGULAR

Kita tahu Whatsapp memang sejak awal sudah mencuri perhatian kita sebagai pencinta media sosial. Sehingga dengan cepat perkembangan pengguna Whatsapp semakin meningkat. Sekadar informasi, saat ini saja pengguna Whatsapp aktif di dunia sudah mencapai 2 miliar pengguna aktif.  Dimana untuk Indonesia sendiri dari data  yang di sampaikan oleh KOMINFO ( Kementerian Komunikasi dan Informatika) tercatat 83% pengguna internet di Indonesia adalah pengguna Whatsapp.  Wajar jika saat ini Indonesia masuk menjadi 3 pengguna Whatsapp terbesar di dunia.

2. WHATSAPP BUSINESS

Whatsapp Business memang belum lama berkembang. Keberadaanya memang seolah menjadi salah satu solusi dari kebutuhan yang ada. Sehingga tidak saja jika pada akhirnya Whatsapp Business di jadikan platform utama  untuk para pengusaha SMEs. Karena dari beberapa fitur yang ada, ini memberikan satu keunggulan ketika pelaku bisnis SMEs menggunakan Whatsapp maka yang pasti akan di pilih adalah Whatsapp Business.  Hal itu sejalan dengan beberapa fitur yang ada dalam konteks Whatsapp Business dari mulai : Company Account, Quick Answers, Labels hingga Message statistics.

3. WHATSAPP BUSINESS API

Dari konsep Whatsapp Business saja kita sudah tahu bahwa manajemen whatsapp telah mengembangkan Whatsapp dari yang semula hanya sebagai media sosial menjadi sebuah media komunikasi bisnis. Tidak heran jika pada akhirnya keberadaan Whatsapp Business API di kembangkan berdasarkan kebutuhan tersebut.  Ada beberapa fitur yang memang memberikan satu gambaran menarik bahwa memang Whatsapp Business API memang layak di gunakan oleh Enterprise Companies ( hingga perusahaan besar).  Karena selain fitur standarnya yang terdiri dari Company Account, Technical Interface for Connection to CRM system, juga ada Click to chat buttons, Group chat dan Template for notifications.  Sehingga use casenya bisa berupa : A, Individual customer support (agent) atau B, Autometed Customer Support (Chatbot), Alert dan Reminder.

Dari penjelasan diatas kita bisa melihat  bahwa keberadaan Whatsapp Business API memang menjadi salah satu faktor yang membuat pelaku bisnis tertarik untuk menggunakannya.  Bukan sekadar menggunakan tetapi menjadikan Whatsapp Business API sebagai media komunikasi bisnis yang utama dalam perusahaannya.

 

KELEBIHAN PELAKU BISNIS MENGGUNAKAN WHATSAPP BUSINESS API

 

fitur whatsapp business api

  1. WA Business API memiliki Sistem Notifikasi untuk Konsumen

Salah satu keunggulan yang bisa di dapat dari penggunaan Whatsapp Business API untuk bisnis adalah memiliki sistem notifikasi. Sistem ini berguna untuk anda yang selalu mengupdate kondisi customer. Karena dengan fitur ini anda dapat kapan saja memberikan notifikasi atau pemberitahuan  kepada customer anda sehingga komunikasi yang terjalin tidak akan terputus oleh customer atau target market anda.

  1. WA Business API memiliki Chat Bot guna memudahkan anda membalas pesan dari customer

Keunggulan dari Chat Bot adalah bahwa anda tidak perlu repot-repot selalu membawa HP untuk selalu memberikan jawaban kepada customer. Karena salah satu fungsi chat bot adalah bisa langsung membalas pesan dari customer anda sekalipun anda sedang tidak membawa HP.  Kenapa, karena Whatsapp Business API telah di lengkapi dengan sistem AI ( Artifical Intelegent ) yang bisa membalas berbagai macam variasi pesan yang dikirimkan

  1. WA Business API memiliki apa yang di sebut Chat Panel

Kegunaan dari chat panel adalah untuk menjawab atau memberikan penjelasan kepada customer terhadap berbagai keluhan atau pertanyaan yang disampaikan oleh customer dalam waktu yang bersamaan. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menjawab satu persatu karena dengan chat panel ini semua bisa diatasi dengan baik.

  1. WA Business API memiliki fitur Schedule Messages

Fitur ini  sangat membantu bagi anda  yang sibuk dengan banyak klien atau customer. Karena dengan fitur ini anda bisa mengatur waktu yang secara detail menyangkut misalnya kapan pesanan di kirim, atau mengupdate informasi kepada customer atau calon customer, sehingga dengan informasi tersebut hubungan anda dengan customer atau calon customer akan tetap terjaga dengan baik.

In this article

Join the Conversation

twenty − 11 =