Lakukan Riset Sebelum Mengirimkan Email Penawaran

Lakukan Riset Sebelum Mengirimkan Email Networking

Lakukan Riset Sebelum Mengirimkan Email Penawaran

 

Salah satu tahapan yang sering dilewatkan begitu saja sehubungan dengan kegiatan networking adalah tahapan melakukan riset mengenai latar belakang, ketertarikan, potensi kesamaan atau masalah serta gaya berkomunikasi dari prospek yang tengah didekati.

Riset merupakan bagian krusial yang sayang jika sampai terlewatkan. Dengan melakukan riset, Anda dapat membuka percakapan dan membangun hubungan yang jauh lebih mendalam bahkan dalam level personal. Dengan demikian, Anda pun sudah menambah network Anda.

Untuk memaksimalkan riset Anda sebelum memulai networking via email, berikut ini tiga cara efektifnya.

  1. Sebelum mengirimkan email pada orang yang belum Anda kenal namun berpotensi menjadi klien, temukan email dan referal dari orang yang sama-sama Anda kenal
  2. Menggunakan dan menyebutkan nama orang yang memberikan email prospek tersebut dapat menambah kredibilitas Anda secara professional, terutama jika apa yang Anda tawarkan memang adalah sesuatu yang mereka butuhkan. Jika Anda tidak memiliki koneksi yang sama antara satu dengan yang lainnya, dapatkan alamat email dari orang tersebut secara spesifik untuk memastikan email Anda diterima dan dibaca, serta memperbesar kesempatan untuk direspon. Jangan mengirimkan email ke alamat email umum sebuah perusahaan, dan cobalah menelepon ke perusahaan untuk mendapatkan email personal.
  3. Temukan keberadaan prospek Anda di dunia maya : Riset berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk menemukan keberadaan target Anda ini di media sosial, seperti di Twitter, Quora, LinkedIn atau dalam blog pribadi. Hasilnya, akan muncul sidebar yang menunjukkan link ke mana Anda dapat menemukan identitas dan aktivitas serta profil sosial mereka. Anda dapat juga melakukan pencarian di Google.
  4. Pahami apa yang menarik minat target Anda tersebut : Ketika Anda berhasil menemukan aktivitas online mereka, cek postingan, tweets dan profiles mereka untuk dapat memahami apa hal yang menarik minat mereka dalam level personal dan profesional serta tantangan apa yang mungkin sedang dihadapi dan dapat dibantu dengan penggunaan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
In this article

Join the Conversation

nine − 6 =