Langkah-Langkah Membuat Daftar Penerima Pesan WA Blast

Apakah Anda ingin mempelajari cara efektif untuk mengatur daftar penerima pesan WhatsApp Blast? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan panduan praktis tentang cara mudah membuat daftar atau list penerima yang tepat untuk kampanye pemasaran Anda.

WhatsApp Blast adalah strategi yang populer dalam mempromosikan bisnis, menawarkan penawaran khusus, atau mengirimkan informasi penting kepada pelanggan potensial. Namun, untuk memastikan kesuksesan kampanye Anda, sangat penting untuk memiliki daftar penerima yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka terhadap produk atau layanan bisnis Anda.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan langkah-langkah untuk membantu Anda mengatur daftar penerima dengan efisien. Yuk, baca artikelnya sampai habis!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu WA Blast?

WhatsApp (WA) Blast adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan secara massal melalui aplikasi WhatsApp. Dalam WA Blast, pesan-pesan promosi, penawaran khusus, atau informasi penting dikirimkan kepada seluruh kontak pelanggan secara bersamaan tanpa batas dalam sekali klik. Dengan metode ini, Anda bisa mengatur daftar penerima WhatsApp Blast yang disesuaikan dengan ketertarikan dan kebutuhan pelanggan.

Penggunaan WA Blast ini memberikan keuntungan kepada bisnis Anda untuk mencapai audiens yang lebih luas secara efektif dan efisien. Selain itu, memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan dan mendapatkan umpan balik secara real-time. Hal ini membantu membangun hubungan yang lebih kuat antara bisnis dan pelanggan, serta meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan produk yang ditawarkan.

Mengapa Diperlukan Daftar Penerima WA Blast?

Sekilas telah dibahas bahwa dalam mengirimkan WA Blast Anda bisa membuat daftar atau list penerima sesuai kebutuhan bisnis. Mengapa hal itu diperlukan? Hal tersebut karena bisnis dapat memastikan bahwa pesan blast terkirim ke kontak pelanggan yang relevan dan berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga memaksimalkan efektivitas promosi dan meningkatkan peluang pembelian.

Selain itu, Anda dapat mengatur segmentasi yang lebih baik. Dengan menargetkan kelompok pelanggan tertentu berdasarkan preferensi, demografi, atau histori pembelian, bisnis dapat menyampaikan pesan yang lebih relevan dan personal. Segmentasi yang tepat meningkatkan kemungkinan pesan diterima dengan baik oleh penerima dan meningkatkan tingkat keterlibatan pelanggan.

Apa Tips Membuat Daftar Penerima WA Blast?

Adapun tips membuat daftar penerima WA Blast, yaitu:

1. Memilih Vendor yang Tepat

Tips pertama dalam membuat daftar penerima WA Blast, yaitu pastikan Anda memilih vendor yang tepat. Hal ini penting untuk menjaga keamanan data perusahaan Anda. Selain menggunakan penyedia WhatsApp Blast yang resmi, penting pula Anda melihat review penyedia terkait bagaimana cara mereka memberikan layanan support dan respons dalam menghadapi kendala pelanggan.

2. Buat List Penerima Berdasarkan Kategori

Setelah memilih vendor yang tepat, tips selanjutnya yaitu dengan membagi daftar kontak berdasarkan kategori. Misalnya, kategori pelanggan lama atau pelanggan baru, hingga bisa dibuat kategori berdasarkan minat pelanggan. Sehingga pesan WA Blast yang dikirimkan lebih efektif.

3. Lakukan Pembaruan Penerima Secara Berkala

Tips lainnya, Anda dan tim perlu melakukan pembaruan penerima kontak secara berkala. Hal ini perlu dilakukan karena adanya besar kemungkinan ada kontak pelanggan baru yang sesuai dengan kategori yang sudah dibuat. Ataupun menghapus kontak yang ternyata tidak relevan dengan kategori tersebut.

4. Monitor dan Analisis Laporan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan, yaitu memonitor dan analisis laporan pengiriman WA Blast. Inilah mengapa Anda penting memilih penyedia atau mitra resmi WhatsApp API yang memiliki sistem all in one. Salah satu yang bisa kami rekomendasikan, yaitu Barantum. Pada sistem Barantum ini Anda bisa memonitor dan melihat laporan pengiriman secara menyeluruh. Sehingga evaluasi dan pengambilan keputusan bisa lebih cepat dilakukan.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Penerima WA Blast?

Kini Anda telah mengetahui betapa pentingnya membuat daftar atau list penerima WA Blast. Cara membuatnya pun mudah. Namun, sebelumnya Anda perlu bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp Tepercaya seperti Barantum untuk bisa mendapatkan WhatsApp API dan menggunakan fitur WhatsApp Blast.

Kirim WA Blast Tanpa Simpan Kontak by Barantum

Berikut cara membuat daftar WA Blast:

1. Menggunakan WA API Resmi, dari Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Cara membuat list WA Blast yang pertama, yaitu Anda perlu menggunakan WA API resmi. Hal ini menjadi sangat penting untuk mengamankan data perusahaan Anda karena sistem yang digunakan sudah dari penyedia yang tepercaya, terlebih sudah memiliki sertifikasi keamanan internasional ISO 27100, seperti Barantum.

2. Masuk ke Menu BarantumChat

cara membuat list penerima wa blast Barantum

Cara membuat list WA Blast selanjutnya, Anda masuk ke dalam menu BarantumChat. Pada menu BarantumChat, pilih dan klik Broadcast untuk membuat daftar penerima WA Blast Anda.

3. Tambahkan Daftar Penerima WA Blast di Menu List Receiver

cara membuat list penerima wa blast Barantum

Berikutnya, untuk membuat list WA Blast diperlukan kontak-kontak penerima. Dengan sistem CRM, Anda bisa dengan mudah memasukkan data kontak pelanggan secara terpusat. Sehingga seluruh kontak yang Anda perlukan sudah terdapat di dalam satu sistem dan tidak perlu mencari ataupun memasukan kontak tersebut secara manual.

4. Buat Nama Daftar Penerima Sesuai Kebutuhan

cara membuat list penerima wa blast Barantum

Terakhir, untuk mempermudah memilih kontak yang diinginkan saat mengirim pesan WA Blast, Anda perlu memberikan nama daftar penerima WA Blast yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ada dua cara untuk memasukkan data list penerima WA Blast, yaitu pilih manual kontak yang sudah terdapat di dalam sistem CRM atau mengimport data dengan template Excel yang sudah ditentukan.

Mengatur daftar penerima yang relevan dan tersegmentasi dengan baik akan membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik dalam kampanye pemasaran WhatsApp Blast Anda. Dengan memaksimalkan potensi komunikasi langsung dan personal dengan pelanggan, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan kesadaran merek serta potensi penjualan.

Penggunaan WhatsApp Blast juga merupakan solusi yang sangat berguna untuk berbagai jenis bisnis di berbagai industri. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, memiliki saluran komunikasi langsung dengan pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan dan menarik minat mereka.

Dapatkan Sekarang!


Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".