Manfaat Aplikasi CRM bagi Perkembangan Bisnis Anda

fungsi crm

Aplikasi CRM

 

Fungsi apakah yang kita dapat dari produk ini?

 

Berikut ini uraian yang akan memberikan anda gambaran secara umum manfaatnya bagi pengembangan bisnis anda.

CRM Indonesia dan Relevansi dengan Bisnis Mutakhir

barantum cloud crm terbaik
Bennefit of CRM in the Cloud

 

Customer Relationship Management atau CRM sekarang ini sudah merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam dunia bisnis Indonesia, Apalagi bila kita lihat dari segi konteks kompetisi yang semakin ketat dari produk yang satu dengan produk yang lain. Ide utama dari strategi CRM adalah membuat hubungan antara pelanggan dengan perusahaan semakin dekat dan mudah dalam tujuan promosi, penjualan dan peningkatan kepuasan serta pengalaman pelanggan.

Dengan kata lain, Aplikasi CRM merupakan metode bisnis yang berfungsi memadukan berbagai kebijakan perusahaan sekaligus proses serta rangkaian strategi dalam satu sistem yang komprehensif. Karena, bisnis yang profesional tidak hanya sekadar menjual produk kepada konsumen tanpa memberikan daya tarik yang mengikat konsumen sehingga menjadi pelanggan tetap.

Secara singkat, sebagai pelaku bisnis anda tak ingin konsumen yang sudah atau pernah membeli produk anda lalu lepas begitu saja atau beralih ke lain hati, bukan? Nah, dengan Aplikasi CRM inilah yang digunakan sebagai model pendekatan bisnisnya.

KIta pun tidak bisa mengesampingkan fakta bahwa di era digital saat ini, praktik bisnis yang ideal yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas ialah dari jaringan online. Semua dapat terkoneksi lewat saluran dan perangkat yang tersedia, sehingga tidak hanya membuat lebih mudah bagi para pelaku bisnis namun juga terutama bagi pihak pelanggan atau konsumen.

Itulah mengapa penggunaan Aplikasi CRM menjadi tren atau seperti lifestyle bagi kebanyakan pelaku bisni pada jaman sekarang seiring perkembangan bisnis dan teknologi yang semakin maju.

 

Kenapa Harus Aplikasi CRM?

 

Alasan utama menggunakan Aplikasi CRM berbasis pada sejumlah tujuan metode CRM itu sendiri dalam bisnis.

 

Ada empat tujuan utama dari penerapan metode CRM, yaitu :

  1. Membuat relasi pelanggan ke perusahaan menjadi lebih optimal. Peningkatan relasi itu bertujuan untuk pemasukan perusahaan melalui produk yang dikonsumsi pelanggan secara teratur. Dengan kata lain sebagai cara untuk menjaring pelanggan setia.
  2. Tujuan kedua yaitu menyediakan informasi kepada perusahaan tentang pelanggan. Melalui informasi ini dapat diterapkan langkah – langkah strategi promosi serta pemasaran yang bagus demi mengikat kesetiaan konsumen.
  3. Mengidentifikasi sekaligu menganalisa agar paham apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen yang loyal atau yang sudah menjadi pelanggan setia, sehingga terjadi proses komunikasi yang lebih efisien.
  4. Memaksimalkan jalur komunikasi pada pelanggan melalui penggunaan Aplikasi CRM.

Point yang terakhir sekaligus menjadi jawaban terhadap berbagai macam kendala yang timbul selama penerapan Aplikasi CRM. Apabila sudah ada sistem yang diintegrasikan secara otomatis pada Aplikasi CRM, maka tujuan yang ingin dicapai bisa menjadi lebih maksimal lagi.

BACA JUGA : Tips Mempertahankan Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi CRM

 

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis

manfaat crm
manfaat crm

Aplikasi CRM memiliki banyak sekali manfaat bagi perusahaan atau pegiat bisnis pada jaman sekarang khususnya di era digital saat ini. Di antaranya adalah memaksimalkan loyalitas pelanggan, optimalisasi time market, efisiensi operasional, dan efisiensi biaya. Hasilnya penjualan dan profit yang semakin meningkat seiring meningkatnya kepuasan pelanggan.

 

CRM INDONESIA

 

Penggunaan Aplikasi CRM meningkatkan operasional bisnis di Indonesia secara bertahap. Semua dimaksudkan supaya dapat mencapai target-target perusahaan. Langkah-langkah pencapaian itu yang terutama ialah menemukan dan menjangkau calon konsumen baru, menambah nilai pelanggan, serta mempertahankan bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Mempertahankan pelanggan merupakan target yang memang sulit dicapai. Dikarenakan kompetisi persaingan produk yang semakin meningkat serta semakin banyak tawaran dengan berbagai kualitas, jenis dan harga. Apabila Anda terfokus dengan mempertahankan strategi atau metode pemasaran konvensional atau standar maka resiko kehilangan konsumen dalam bisnis Anda akan selalu membayangi.

Maka dari itu, Aplikasi CRM sangatlah direkomendasikan dalam perencanaan bagi pengembangan bisnis anda. Akan menjadi mustahil untuk mencapai target perluasan jaringan pemasaran apabila tidak memiliki strategi yang jelas. Tapi hal ini akan menjadi lebih sulit lagi apabila tidak di dukung dengan sarana yang tepat guna dan mempunyai efektifitas yang tinggi. Sarana itu tak lain ialah aplikasi crm yang sudah tersedia bagi semua pengelola bisnis di Indonesia.

Untuk itu, Barantum.com hadir dalam memajukan Industri CRM Indonesia untuk memberikan solusi crm terbaik kepada setiap pelaku bisnis dari berbagai sektor. Anda bisa mencoba dan mempelajari lebih lanjut dengan mencoba aplikasi crm barantum gratis selama 14 hari dengan full fitur, dengan mengklik link berikut : contoh aplikasi crm gratis

 

0 Shares
In this article

Join the Conversation

15 − 10 =