Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Email Blast

Email blast merupakan istilah yang sering digunakan untuk aktivitas mengirim email kepada banyak penerima dan dalam waktu bersamaan. Kebanyakan email blast ini digunakan sebagai tujuan marketing. Jadi mayoritas penyedia layanan email massal menyebut perusahaan sebagai platform email marketing.

Umumnya, jumlah penerima email yang akan dikirim cukup banyak. Oleh sebab itu, terdapat banyak fitur email marketing yang tidak tersedia dalam email biasa. Misalnya, dalam fitur otomatis mengirimkan email ke banyak audiens, segmentasi audiens, dan analisis performa email marketing. Dengan demikian, penggunaan email ini memang lebih dikhususkan untuk membantu promosi marketing bisnis karena kemudahan yang terdapat di dalamnya.

Perkembangan teknologi dan kemajuan internet memegang peran penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat. Kini banyak orang yang cendering lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Dengan begitu, berdampak pada perubahan komunikasi secara keseluruhan.

Tidak heran kini digital marketing menjadi sebuah keharusan, terutama bila Anda memiliki bisnis. Pada dasarnya, kemajuan teknologi dan perubahan zaman membantu memperbanyak strategi pemasaran bisnis. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya, melakukan email blast membantu mengurangi biaya operasional.

Pengertian Email Blast

Email blast adalah sebuah strategi untuk mengirimkan satu email pada sekelompok orang secara bersamaan. Strategi ini umumnya digunakan ketika seseorang perlu mengirimkan pesan yang sama kepada banyak penerima. Dengan begitu  Anda bisa menghemat banyak waktu dan mempersonalisasi pesan secara spesifik pada kategori pelanggan yang ingin Anda tuju.

Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan email satu per satu lagi. Ini akan mempermudah pekerjaan Anda. Penggunaan email blast akan lebih optimal jika Anda mengintegrasikan email ke dalam CRM.

penerapan crm perusahaan

Cara Membuat Email Blast yang Optimal

1. Pilih penyedia layanan terbaik

Memilih layanan email blast adalah cara pertama dan terpenting. Anda perlu menganalisis layanan email blast yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal dari email blast.

Salah satu penyedia layanan email blast terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu Barantum.com. Barantum.com dipercaya oleh banyak perusahaan untuk membantu menunjang efisiensi kinerja staf.

2. Membuat daftar email pelanggan

daftar email pelanggan

Setelah menentukan aplikasi yang akan Anda gunakan, selanjutnya buatlah daftar alamat email pelanggan yang akan anda tuju.

Email tersebut nantinya yang akan digunakan untuk melakukan email blast. Sebaiknya penamaan alamat email bisnis Anda sama seperti nama perusahaan. Dengan begitu,  masyarakat lebih mengenal brand Anda. Selain itu, mereka menjadi lebih percaya bahwa bisnis Andalah yang mengirimkan email blast.

Langkah selanjutnya, Anda perlu membuat daftar email pelanggan. Daftar email pelanggan inilah yang nantinya akan dikirimkan ke dalam blast. Bisa terkait promo, penawaran, ataupun informasi terbaru perusahaan Anda.

3. Segmentasikan email pelanggan

segmentasi email pelanggan

Setelah membuat daftar email, yang perlu Anda lakukan, yaitu mensegmentasikannya. Segementasi email pelanggan menjadi hal yang perlu dilakukan. Adanya segmentasi email pelanggan memeprmudah Anda untuk melakukan promosi yang tepat.

Mengapa? Karena dengan segmentasi email pelanggan tersebut, pesan yang akan Anda kirimkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau kriteria minat pelanggan. Dengan demikian, tingkat penjualan Anda pun menjadi semakin besar.

4. Jadwalkan kirim email

Sebaiknya Anda tidak grabak-grubuk atau random dalam mengirimkan email blast ke pelanggan. Hal itu berkaitan dengan waktu mengirimkan email. Lebih baik Anda jadwalkan pengiriman email kepada pelanggan.

Bayangkan, jika Anda mengirim email dini hari atau terlalu larut malam ke email pelanggan. Tentunya mereka tidak membuka email Anda dengan cepat. Sebaiknya Anda menentukan jadwal mengirim email blast yang potensial. Hal itu agar email lebih potensial dibaca.

Dengan mengatur jadwal email secara konsisten, Anda bisa melihat dan mengevaluasinya.

CTA Barantum

5. Lakukan uji coba

Trial eror atau melakukan uji coba perlu dilakukan. Kita tidak bisa langsung mendapatkan satu cara yang tepat di sekali percobaan. Lakukanlah berbagai strategi dalam mengirimkan email blast.

Memang akan membutuhkan waktu. Namun, hasil akhirnya akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Terlebih jika nantinya Anda bisa mengetahui pukul berapa yang bagus untuk mengirimkan email blast ke tiap segmentasi pelanggan Anda.

6. Melakukan review

melakukan review

Setelah mengirimkan email blast, lakukan review langkah-langkah yang telah dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa melihat sejauh apa perkembangan Anda dalam mengirimkan email blast kepada pelanggan.

7. Evaluasi

evaluasi

Terkahir, melakukan evaluasi. Setelah Anda melakukan review, Anda perlu mengevaluasi hasil strategi email blast yang sudah dilakukan selama ini. Dengan adanya evaluasi, Anda lebih bisa menentukan langkah mana yang tepat untuk ke depannya.

Dengan begitu, bisnis Anda akan mengalamai progress yang optimal.

Kriteria Email Blast yang Efektif

Baca juga: Cek 12 Hal Ini Sebelum Mengirim Email Marketing!

1. Copywriting yang menarik

Buatlah judul yang menarik sehingga pelanggan merasa penasaran dan tertarik untuk melihat lebih banyak. Anda juga bisa menyusun copywriting yang menarik dan menentukan gaya bahasa yang cocok dengan identitas brand agar terkesan lebih profesional.

2. Gunakan layout yang user friendly

Desain email marketing juga memiliki peranan penting. Gunakan template yang simple dan mudah dipahami. Dengan begitu pelanggan yang membuka email Anda bisa langsung melakukan action dengan mudah.

3. Personalisasi alamat email

Alamat email yang terpercaya menjadi salah satu pertimbangan pelanggan ketika mereka menerima email marketing. Karena itu, sebagai perusahaan bisnis akan lebih baik bila Anda mempersonalisasi alamat email dengan email hosting.

CTA Barantum

Dapatkan Penyedia Layanan Pelanggan Terbaik Bersama Barantum

Selain perlu memahami cara email blast yang efektif, Anda juga perlu memilih layanan email blast yang tepat untuk bisnis Anda. Melihat kepentingan tersebut, Barantum menyediakan aplikasi omnichannel CRM yang dapat Anda gunakan sebagai solusi all-in one bisnis Anda.

Anda bisa berdiskusi langsung dengan tim profesional kami untuk bersama-sama mencari solusi dari kendala bisnis terkait penunjang pelayanan pelanggan di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang