Amankah Penggunaan WhatsApp Plus

WhatsApp Plus adalah replika dari WhatsApp asli. Perbedaan antara WhatsApp Plus dan WhatsApp asli adalah warna ikonnya yang biru. Diketahui bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang yang berasal dari Spanyol bernama Rafalete pada tahun 2012. Bagaimana penggunaan WhatsApp Plus?

Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia. Namun, banyaknya pengguna tidak merasa puas saat mengakses aplikasi tersebut. Pada akhirnya, banyak para modder yang mencoba membuat mod (modifikasi) Whatsapp.

Apa Itu WhatsApp Plus?

Setiap tahun, WhatsApp selalu merilis pembaruan untuk memperkaya fitur di aplikasinya. Fitur-fitur itu dibuat untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. WhatsApp Plus menyimpan bahaya pada ponsel yang menggunakannya. Bahkan WhatsApp tidak mendukung penggunaan aplikasi pihak ketiga itu.

Seperti yang diketahui, WhatsApp Plus merupakan aplikasi modifikasi. Aplikasi ini tidak resmi dikeluarkan oleh WhatsApp. WhatsApp modifikasi memiliki kemampuan untuk menghapus semua batasan yang dimiliki WhatsApp resmi.

telemarketing CRM

Aplikasi ini memang menawarkan sejumlah fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan di WhatsApp resmi. Sebut saja fitur untuk mengirim foto dalam jumlah banyak sekaligus, menyembunyikan status online, atau memalsukan tampilan waktu ‘last seen’.

Baca juga: Fitur Dalam WhatsApp API Optimalkan Kinerja Layanan Pelanggan

Kelebihan WhatsApp Plus

Di samping aplikasi WhatsApp Plus ini memiliki kelebihan tersendiri. Namun, penting diingatkan untuk selalu menggunakan aplikasi resmi, seperti WhatsApp Business API official dari partner resmi, seperti Barantum.

Lalu, apa saja kelebihan WhatsApp Plus ini?

– Bisa berganti tema.

– Pengguna tidak perlu menambahkan kontak satu persatu cukup dengan mengimpor kontak.

– Otomatis mendeteksi diantara siapa yang menggunakan WhatsApp dari daftar kontak.

– Memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan mengirimkan pesan teks, gambar, rekam video atau audio, dan panggilan telepon.

– Menonaktifkan status online dan status sedang mengetik di profil.

– Dapat mengirim pesan ke 100 orang sekaligus dengan fitur obrolan grup.

Bahaya WhatsApp Plus

– Privasi tidak terjamin keamanannya

keamanan privasi

Aplikasi ini telah mengirim dan menerima pesan Anda melalui server Whatsapp resmi, mirip dengan aplikasi resmi, tetapi ini bukan jaminan 100% bahwa pesan Anda tidak melalui server pihak ketiga. Data pribadi Anda dapat digunakan untuk hal yang buruk, jadi harap aman saat menggunakan aplikasi tidak resmi tersebut.

Aplikasi ini dapat membahayakan data serta privasi pengguna karena berasal dari sumber yang tidak dipercaya. Begitupun dengan sistem end-to-end encryption yang belum tentu ada dalam aplikasi modifikasi ini. Dengan demikian, memungkinkan pihak ketiga bisa mengakses isi pesan dari pengguna.

Sebaliknya, WhatsApp berkali-kali mengatakan bahwa percakapan pengguna dilindungi oleh sistem enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) dan disimpan di server yang tidak bisa diintip siapapun, termasuk pihak WhatsApp. Pesan hanya bisa diketahui oleh si pengirim dan penerima.

Selain soal keamanan, mereka yang tetap menggunakan aplikasi seperti WhatsApp Plus juga terancam tak bisa menggunakan WhatsApp lagi. Sebab perusahaan mengancam akan memblokir pengguna dari sementara hingga parahnya bisa secara permanen.

CTA Barantum

– Akun terblokir

akun terblokir

WhatsApp, dikutip dari kompas, mengancam akan memblokir sementara penggunanya yang ketahuan menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi. Aplikasi ini telah membatasi pengguna untuk menggunakan versi aplikasi ilegal yang dimodifikasi.

Selain itu, WhatsApp akan menangguhkan akun pengguna yang ditemukan menggunakan versi modifikasi dari WhatsApp. Jadi, risiko kehilangan akun juga tinggi saat menggunakan WhatsApp modifikasi. Jika kamu sudah terlanjur menggunakan WhatsApp ini dan akunmu ditangguhkan, kamu masih bisa mendapatkan kembali akunmu setelah 24 jam.

– Berpotensi membahayakan perangkat

perangkat berbahaya

WhatsApp Plus berisi tautan ke situs web berbahaya yang dapat diakses oleh server pihak ketiga. Tak cuma kebocoran privasi, aplikasi semacam ini juga bisa dapat menginstal adware di perangkatmu. Bahkan situs web bajakan yang kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi modifikasi tersebut dapat menginstal malware di perangkat.

Efek ini tentunya bisa merusak sistem dan perangkatmu secara keseluruhan. Kamu mungkin akan menghadapi iklan dan malware berbahaya di situs bajakan, sehingga sulit untuk memperbarui aplikasimu tanpa Google Play.

– Masuknya malware ke perangkat

WhatsApp modifikasi diunduh dari pihak ketiga yang tidak menjamin keamanan data dan privasi. Hal ini menyebabkan WhatsApp Mod rentan akan malware dan spyware yang bisa masuk saat aplikasi tersebut diunduh.

Malware dan Spyware sendiri sangat berbahaya bagi perangkat dan data-data yang ada didalamnya. Melihat resiko yang cukup membahayakan tersebut, alangkah baiknya untuk tetap menggunakan aplikasi WhatsApp yang telah disediakan secara resmi.

Aplikasi ini dapat menginstal adware di perangkat Anda, bahkan situs web bajakan yang Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi yang dimodifikasi tersebut dapat menginstal malware di perangkat Anda.

– Tidak dapat diperbarui di Google Play

WhatsApp mod bukanlah aplikasi resmi. Oleh sebab itu, membuat aplikasi yang dimodifikasi ini tidak dapat diperbarui melalui Google Play. Anda perlu mengunjungi situs pihak ketiga untuk mengunduh versi terbaru dari aplikasi mod WhatsApp dan kemudian menginstalnya secara manual.

Tidak hanya itu, WhatsApp mod lainnya yang tidak resmi, tidak diizinkan secara ketat di Google Play Store. Dengan demikian, aplikasi yang  dimodifikasi itu tidak dapat diperbarui melalui Google Play.

Nah, saat itulah Anda mungkin menghadapi iklan dan malware berbahaya di situs bajakan, jadi sulit untuk memperbarui aplikasi Anda tanpa Google Play. Ketika versi aplikasi Whatsapp baru (dengan fitur baru) telah resmi tiba di Google Play ini tidak akan segera tersedia untuk aplikasi versi modifikasi Anda. Anda harus menunggu hingga versi revisi terbaru dikeluarkan oleh pengembang yang tidak sah.

– Berisi iklan

Pada versi resminya, WhatsApp tersedia secara gratis tanpa iklan apapun. WhatsApp resmi tidak akan pernah menampilkan iklan. Sebaliknya, versi WhatsApp modifikasi bisa saja berisi iklan.

Iklan ini digunakan menghasilkan pendapatan.

Cara Aman Download WhatsApp Plus Terbaru

Tidak perlu khawatir untuk mencari aplikasi lain untuk menunjang aktivitas Anda, khususnya dalam bisnis. Mengapa? Karena WhatsApp telah resmi meluncurkan produk khusus untuk pelaku bisnis, yakni WhatsApp Business API. Memiliki fungsi sama dangan WhatsApp Plus. Di WhatsApp Business API akun bisnis Anda bisa digunakan oleh banyak agen sekaligus.

Dalam memilih WhatsApp Business API yang tepat, salah satunya Anda bisa menggunakan jasa Barantum.com yang telah menjadi mitra resmi WhatsApp. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait keamanan data bisnis Anda.

Baca juga: WhatsApp API Official VS Unofficial, Ada yang Banyak Kurangnya Lho!

Di samping itu, Anda bisa mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan CRM Omnichannel yang membantu mempermudah pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien.

telemarketing CRM

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".