Tiap divisi yang bekerja dalam sebuah perusahaan, tentu memiliki andil dalam menyukseskan tujuan perusahaan serta mencapai profit. Terutama bagi tim sales, yang terjun langsung dalam berjualan produk atau layanan perusahaan kepada para calon pembeli dan pelanggan. Dengan perannya ini, sales tentu membutuhkan berbagai strategi agar mereka melakukan pembelian. Selain itu, penting juga bagi tim sales untuk melaporkan kegiatan serta tugas mereka setiap hari kepada sales leader dan manajer. Laporan harian sales tidak hanya memberikan kepentingan bagi tim sales itu sendiri, namun juga bagi pemangku kepentingan perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan dan tindakan.

Barikut manfaat dari report sales bagi perusahaan Anda:

Membantu mempersingkat proses penjualan

Mendorong prospek melalui saluran penjualan bisa sangat sulit. Itu karena tidak semua prospek memiliki karakter dan preferensi yang sama. Anda tentu memiliki banyak prospek yang datang dari beberapa sumber, beberapa dengan skor kualitas yang lebih rendah/lebih tinggi daripada yang lain. Selain itu, tingkat respons/tingkat koneksi untuk beberapa prospek ini mungkin lebih rendah daripada yang lain. Oleh karena itu, tanpa umpan balik yang cepat, tim sales Anda mungkin akan membuang waktu mereka untuk menghubungi prospek dari sumber yang berulang kali menghasilkan prospek berkualitas lebih rendah.

Dengan laporan harian tim sales  yang memberi Anda umpan balik kumulatif dari prospek yang masuk, tarif kontak, skor kualitas, skor prospek, dan sebagainya, Anda akan dapat:

  • Tetapkan aturan otomatis untuk memprioritaskan saluran berkualitas baik secara historis/kueri berkualitas lebih tinggi lebih tinggi dalam daftar prioritas, sementara secara konsisten menurunkan prioritas yang berkualitas lebih rendah.
  • Beri tahu tim sales tentang kemungkinan kebocoran yang mungkin terjadi dengan melihat laporan “prospek yang ditetapkan vs prospek yang dihubungi”.
  • Beri tahu tim sales untuk mengurangi/menaikkan anggaran yang sesuai.
    Dengan cara ini, dengan data penjualan yang akurat, tim sales akan dapat menjangkau prospek berkualitas tinggi terlebih dahulu, sehingga mengurangi siklus penjualan yang memakan waktu.

Membantu mengambil keputusan setiap hari

Peran dari manajer adalah membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat. Meskipun ini merupakan tugas yang berat, menjadi lebih buruk lagi jika manajer tidak memiliki cukup data untuk mengambil keputusan. Siapa pelanggan tetap Anda? Bagian mana dari bisnis yang menghasilkan lebih banyak pendapatan? Berapa banyak prospek yang Anda miliki saat ini? Mengapa beberapa anggota tim mendapatkan prospek tinggi tetapi konversi rendah? Apa yang menjadi fokus tim sales Anda? Apakah ada kelambatan yang perlu Anda ubah? Ini adalah beberapa pertanyaan penting yang harus dijawab oleh seorang manajer untuk lebih mendorong bisnis.

Tidak cukup untuk menyimpan laporan penjualan bulanan yang hampir tidak menunjukkan dasar dari setiap penjualan dan seberapa baik kinerja tim pemasaran Anda. Laporan penjualan harian memberi Anda gambaran yang jelas tentang segala sesuatu yang terjadi baik di kantor maupun di lapangan, sehingga memudahkan Anda untuk melacak kinerja dan basis pelanggan Anda. Dengan laporan harian tim sales, Anda dapat dengan mudah menemukan masalah dan mengatasinya sebelum menjadi berlebihan. Selain itu, Anda dapat mengetahui di mana keunggulan bisnis dan di mana harus memfokuskan lebih banyak pendapatan.

Memantau dan memotivasi tim sales

Percaya atau tidak, laporan harian tim sales dapat memotivasi mereka sendiri. Dengan memiliki laporan yang menunjukkan siapa yang bekerja keras dan siapa yang bekerja dengan baik, anggota tim lainnya akan termotivasi untuk berbuat lebih baik untuk mendapatkan prestasi. Oleh karena itu, Anda memiliki banyak staf sales yang bersedia meningkatkan performa mereka baik di lapangan maupun di kantor. Ini pada akhirnya mengarah pada peningkatan produktivitas tim sales Anda dan tentu saja, lebih banyak penjualan. Ini adalah situasi all-win untuk Anda.

Menghemat waktu dan sumber daya

Manfaat ini adalah yang paling penting dari semua manfaat pelaporan penjualan harian. Waktu dan sumber daya sangat berharga untuk pertumbuhan bisnis apa pun. Namun, tidak selalu kekurangan waktu atau sumber daya yang menghambat pertumbuhan bisnis. Lebih sering daripada tidak, masalahnya terletak pada manajemen yang buruk dari dua faktor pertumbuhan penting ini.

Berkat pelaporan penjualan, kini Anda dapat mengetahui prospek mana yang layak untuk dikejar dan mana yang membutuhkan waktu lebih sedikit. Selanjutnya, Anda dapat mengetahui jenis pelanggan apa yang menggurui produk atau layanan Anda, sehingga memungkinkan Anda mengetahui audiens yang ditargetkan untuk menjadi fokus. Pelaporan penjualan membuat penjualan menjadi sangat mudah.

Memberikan insight harian untuk kinerja yang lebih baik

Sementara laporan penjualan mingguan dan bulanan dipuji karena menawarkan manfaat yang luar biasa, kenyataannya, laporan penjualan harian yang sebenarnya memberikan wawasan yang lebih jelas tentang seberapa baik kuartal saat ini, seberapa baik kuartal terakhir berjalan dan seperti apa kuartal berikutnya.
Dari laporan bulanan, mudah untuk mendapatkan total pendapatan kotor dan membuat keputusan dalam skala yang lebih luas. Tetapi Anda mungkin tidak tahu hari mana yang menghasilkan penjualan terbaik, waktu terbaik untuk terhubung dengan orang-orang, apa yang menyebabkan peningkatan tersebut, dan lebih banyak lagi untuk mencapai penjualan yang lebih besar di kuartal berikutnya. Peran laporan penjualan harian untuk bisnis tidak bisa terlalu ditekankan.

Melihat manfaat yang begitu penting bagi perusahaan, apa sajakah yang dilaporkan dalam laporan penjualan?

  • Jumlah prospek dalam pipeline
  • Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk sebuah prospek untuk menyelesaikan siklus penjualan
  • Target dan kuota penjualan harian
  • Jumlah pertemuan dan rencana harian
  • Wilayah staf sales yang ditetapkan
  • Ukuran kesepakatan rata-rata di saluran Anda
  • Tingkat konversi harian
  • Jumlah negosiasi penjualan
  • Jumlah peluang yang terbuka dan closing harian
  • Tingkat konversi halaman arahan
  • Jumlah panggilan penjualan dan durasinya
  • Jumlah pertanyaan atau feedback yang diterima

Laporan harian tim sales memang sangat membantu perusahaan untuk maju. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggiatkan tim sales melaporkan aktivitas dan tugas mereka setiap hari. Mungkin dari sudut pandang tim sales, hal ini merupakan aktivitas yang berlebihan. Meskipun demikian, manajer harus mengetahui pembaruan harian dari tim untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang bagaimana dan di mana harus memfokuskan waktu dan sumber daya mereka.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments