Otomatisasi laporan sales kini telah menjadi sebuah kebutuhan bisnis

Laporan harian tim sales menjadi sangat penting untuk pengambilan keputusan dan penyusunan strategi perusahaan dalam penjualan produk atau layanan. Tak hanya itu, laporan ini juga berguna untuk melacak kemajuan penjualan oleh tim sales dan mengekspos masalah untuk segera ditangani. Namun, pembuatan laporan penjualan tentu memakan banyak waktu karena banyak elemen di dalamnya.Apalagi kini perusahaan semakin banyak memiliki pelanggan. Untuk itu, sudah saatnya Anda mengotomatiskan laporan Anda dengan sistem pelaporan otomatis.

Apa itu sistem pelaporan otomatis?

Sistem pelaporan otomatis membantu manajer untuk mengatur data mereka dan membagikan laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan secara terjadwal, tanpa harus memperbarui data secara manual. Dengan menggunakan sistem seperti ini, Anda dapat membuat laporan otomatis yang akan diperbarui secara berkala berdasarkan aturan yang telah ditentukan dengan menggunakan data waktu nyata.

Misalnya jika seorang manajer penjualan ingin melihat data penjualan mingguan mereka, mereka dapat menggunakan sistem ini untuk membuat aturan dan menjadwalkan laporan agar berjalan setiap hari Senin pada waktu yang telah ditentukan (katakanlah pukul 8 pagi).

Beberapa sistem pelaporan bahkan memungkinkan Anda untuk menggabungkan sumber data yang berbeda, sehingga Anda dapat menganalisis data dari beberapa sumber dalam satu laporan.

Baca juga: Manajemen Kontak Pelanggan Secara Efisien Dengan Barantum CRM

Gunakanlah Barantum CRM untuk otomatisasi laporan penjualan

Otomatisasi laporan sales atau penjualan, paling ideal menggunakan software Barantum CRM (Customer Relationship Management). Dengan membuat laporan sales menggunakan software ini, tim sales dapat mengevaluasi proses penjualan mereka dan membuat keputusan tentang di mana menempatkannya secara tepat. Berikut manfaat dari otomatisasi laporan harian penjualan menggunakan software Barantum CRM.

Membuat laporan atau data yang hanya perlu disiapkan sekali

Bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan dan mengatur semua data untuk laporan Anda. Perusahaan Anda mungkin menyimpan beberapa data dalam CRM, dan Anda mungkin menyimpan beberapa data lain secara lokal di file Excel. Seringkali, Anda mungkin memiliki data di satu tempat, tetapi mungkin tidak akurat, sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala.

Pada akhirnya, Anda harus mengelompokkan wawasan ini ke dalam berbagai laporan, lalu mengirimkan laporan ini kepada siapa pun yang membutuhkannya. Karena pelaporan tidak terjadi hanya sekali, Anda akhirnya mengulangi langkah yang sama setiap kali seseorang perlu melihat beberapa data penjualan. Dengan otomatisasi laporan, Anda dapat membuat laporan yang hanya perlu disiapkan sekali. Hal ini akan menghemat waktu Anda, dan berinvestasi dalam proses pengambilan keputusan yang lebih berharga. Manajer dan rekan Anda akan selalu memiliki akses ke data pelaporan terbaru, dan meminimalisir human error.

Membantu bisnis melacak pendapatan

Pendapatan mengenai prospek Anda bisa datang dari mana saja; situs website, sosial media, panggilan outbond, dan sebagainya. Misalnya, mungkin sebagian besar pendapatan dihasilkan dari prospek di LinkedIn atau panggilan outbond – memahami hal ini otomatisasi laporan dapat membantu mendorong aktivitas pemasaran. Selain itu, laporan dapat memecah pendapatan menurut staf sales dan menilai kinerja mereka.

Membuat laporan kontak prospek secara terperinci

Sebuah laporan kontak memberikan staf penjualan pandangan pada kontak prospek dan pelanggan dalam database. Barantum CRM dapat memecah kontak ini berdasarkan jenis pekerjaan, tingkat keterlibatan, tanggal kontak terakhir, dan atribut lainnya. Informasi ini dapat diinterogasi untuk menganalisis serangkaian kontak, memungkinkan tim sales mengidentifikasi kontak utama dan menemukan peluang untuk perkenalan. Misalnya, ketika seorang staf sales ingin masuk ke perusahaan tertentu, mereka dapat menemukan kontak yang mungkin pernah bekerja di sana, berada di level yang sama, atau bekerja di industri terkait.

Memberikan gambaran umum tentang semua transaksi dalam proses penjualan

Ini membantu tim penjualan untuk mengidentifikasi di mana mereka harus memfokuskan upaya dan memastikan tidak ada yang terlewatkan. Saluran penjualan harus mematuhi rasio tertentu di mana persentase tertentu dari sebuah transaksi naik ke tingkat berikutnya. Dengan melihat hal ini, tim penjualan dapat menemukan masalah yang harus ditangani. Misalnya, terdapat kesepakatan yang tidak berjalan melalui proses penjualan seperti yang diharapkan.

Baca juga: Melacak Aktivitas Penjualan: Apa & Bagaimana

Membantu bisnis memahami apakah transaksi menang atau kalah secara real-time

Hal ini sangat berguna untuk menilai tiap individu staf sales dan kinerja tim terhadap target dan tolok ukur perusahaan.

Membantu menghasilkan laporan profitabilitas

Laporan ini berfokus pada pendapatan pelanggan. Ini sangat berguna bagi perusahaan yang menggunakan pemasaran berbasis akun untuk mendorong pendapatan dari pelanggan yang sudah ada.

Di samping pendapatan, laporan profitabilitas akan mencakup biaya sehingga nilai sebenarnya dari seorang pelanggan dapat dinilai. Misalnya, pelanggan yang menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar tetapi membutuhkan banyak manajemen mungkin sebenarnya memiliki profitabilitas yang rendah.

Dengan menilai profitabilitas pelanggan saat ini, bisnis dapat mulai membuat keputusan taktis tentang di mana harus memfokuskan upaya pemasaran berbasis akun. Mungkin bisnis tertentu layak untuk dikerahkan lebih banyak atau ada jenis pelanggan tertentu yang sangat menguntungkan. Apa pun temuannya, bisnis memiliki informasi untuk menginformasikan keputusan strategis.

Membantu membuat laporan perkiraan penjualan

Untuk semua pemangku kepentingan, perkiraan penjualan mungkin merupakan laporan yang paling penting sekaligus yang paling sulit untuk dibuat. Dengan menggunakan Barantum CRM, tim penjualan dapat meningkatkan akurasi laporan ini hingga 40%.

Prakiraan penjualan memungkinkan bisnis untuk merencanakan secara efektif dan menyebarkan sumber daya ke area yang tepat. Jika sebuah bisnis sedang optimis pada penjualan dan dapat melihat bahwa akan ada kelebihan modal dalam tiga bulan, maka investasi modal utama dapat mereka lakukan lebih awal. Tetapi jika perkiraan ini salah maka mereka menghabiskan uang yang tidak mereka miliki.

Sangat sulit untuk membuat laporan yang akurat dalam bisnis yang mengandalkan sejumlah kecil penjualan. Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi dengan penjualan besar dan seringkali ada sejumlah kecil kesepakatan. Satu kesepakatan yang tidak closing dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap penjualan. Sejumlah besar staf penjualan berjuang dengan prediksi . Namun demikian, laporan penjualan yang akurat adalah penting dan tim penjualan harus bekerja keras untuk memberikan informasi yang akurat untuk bisnis.

Baca juga: Lancarkan Saluran Penjualan Anda Dengan 5 Langkah Prospecting Ini!

Membantu membuat laporan kemajuan sasaran

Laporan ini dapat mencakup berbagai kegiatan mulai dari penjualan dan pemasaran hingga dukungan pelanggan. Laporan melihat metrik utama dan bagaimana kinerja bisnis terhadap metrik tersebut.

Dalam pemasaran, misalnya, laporan kemajuan sasaran dapat melihat berapa banyak pengunjung situs web ke halaman tertentu yang dikonversi menjadi pelanggan. Dalam penjualan, laporan mungkin melihat persentase proposal yang menghasilkan kesepakatan yang ditandatangani atau nilai umur rata-rata pelanggan. Laporan layanan pelanggan mungkin melihat kepuasan pelanggan atau berapa lama waktu yang bisnis butuhkan untuk menjawab tiket dukungan.

Akses laporan penjualan di mana saja dan kapan saja

Dengan Barantum CRM, Anda dapat mengakses laporan tim penjualan Anda di mana saja dan kapan saja. Hal ini karena aplikasi Barantum CRM dapat diakses di berbagai platform; pada dekstop, handphone, maupun tablet. Aplikasi Barantum versi mobile sungguh membantu tim lapangan Anda. Sehingga mereka tidak perlu membuka laptop atau komputer, bahkan pergi ke kantor untuk sekedar memasukkan data. Semuanya bisa mereka lakukan hanya dengan sentuhan jari pada layar smartphone mereka.

Yuk coba Barantum CRM sekarang dan dapatkan uji coba gratisnya selama 7 hari di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".