Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

Apakah perlu untuk kenal dengan pelanggan Anda? Jawabannya adalah ‘Tentu perlu!’ Mengenal pelanggan tidak hanya sekedar mengetahui nama dan alamat tinggal mereka. Dalam aktivitas penjualan, mengenal pelanggan juga meliputi pemahaman akan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan semakin canggihnya teknologi, pengenalan pelanggan tidak perlu dilakukan secara manual. Sebuah software seperti CRM (Customer Relationship Management) dapat membuat Anda mengenal pelanggan secara otomatis. Mari lihat bagaimana CRM membuat¬† Anda mengenal pelanggan dengan sangat baik!

Kenali Pelanggan dengan membuat profil pelanggan

CRM membantu Anda menghasilkan profil pelanggan yang penting. Sistem CRM mengevaluasi keterlibatan pelanggan Anda dengan merek Anda, misalnya apakah mereka membuka email Anda atau mengklik tautan, serta mengetahui riwayat pembelian mereka. Seiring berjalannya waktu dan Anda mengumpulkan lebih banyak data seperti ini, Anda dapat membangun pengetahuan yang tak ternilai tentang setiap pelanggan individu. Dengan menggunakan informasi ini, Anda kemudian dapat menjual kepada mereka secara lebih efektif karena Anda telah mempelajari apa yang mereka minati dan seperti apa kebiasaan belanja mereka.

Mengenali pelanggan lebih baik dengan menggunakan survey

Survei adalah cara yang sangat efektif untuk mengenal pelanggan Anda lebih baik menggunakan CRM. Mereka dapat memberi Anda wawasan unik tentang apa yang benar-benar dipikirkan pelanggan tentang bisnis Anda, area apa yang perlu ditingkatkan, ditambah lagi mereka menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghormati pendapat pelanggan Anda.

Dengan mengajukan serangkaian pertanyaan sederhana kepada pelanggan, Anda dapat mempelajari banyak hal yang dapat membantu Anda meningkatkan di berbagai bidang bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk memutuskan dengan tepat apa yang ingin Anda pelajari dari melakukan survei dan alasannya. Misalnya, apakah Anda ingin meningkatkan layanan Anda? Atau apakah Anda ingin meningkatkan produk Anda? Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang demografi pelanggan Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan pemasaran Anda?

Setelah Anda memutuskan tujuan survei, Anda dapat mulai menyusun pertanyaan. Buat pertanyaan Anda singkat dan mudah dimengerti- Anda tidak ingin menghalangi pelanggan Anda menyelesaikan survei Anda dengan cara apa pun.

Pelajari prospek baru dengan mengidentifkasi peluang baru

CRM membantu bisnis untuk mengidentifikasi peluang baru. Sebagian besar sistem CRM memiliki fungsi penilaian prospek. Ini berarti Anda dapat menentukan aturan untuk digunakan sistem Anda untuk menilai setiap prospek Anda. Misalnya, jika seorang prospek mengisi formulir web, sistem Anda akan secara otomatis memberi mereka 10 poin, jika mereka mengklik tautan di email Anda, mereka akan diberikan 20 poin, dll. Ini memungkinkan Anda untuk mempelajari prospek mana yang seharusnya Anda pilih. berkonsentrasi untuk membuat mereka melewati batas.

Catat setiap detail tentang pelanggan Anda

Jika anggota tim Anda melakukan panggilan dengan pelanggan misalnya, mereka dapat merekam detail panggilan ini dalam rekaman kontak pelanggan. Anggap saja mereka membutuhkan bantuan untuk menyiapkan produk Anda. Seminggu kemudian, mereka menelepon lagi dan kali ini anggota tim yang berbeda menangani panggilan tersebut. Alih-alih meminta pelanggan untuk mengulangi detail masalah mereka, anggota staf dapat dengan mudah merujuk ke catatan kontak mereka di sistem CRM Anda. CRM Anda juga akan secara otomatis merekam setiap email yang dikirim pelanggan Anda dan apakah mereka telah membuka email tersebut. Memungkinkan Anda untuk terus belajar lebih banyak tentang mereka dan merampingkan layanan pelanggan Anda pada saat yang sama.

Jadi ada 4 cara untuk mengenal pelanggan Anda lebih baik menggunakan CRM. Jika Anda adalah bisnis kecil yang sedang berkembang dan Anda belum menerapkan sistem CRM, ikuti uji coba gratis InTouch dan lihat bagaimana itu dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda, berkomunikasi dengan mereka secara efektif, dan meningkatkan konversi Anda!

Baca juga :

Metrik Kepuasan Pelanggan yang Perlu Anda Ketahui

13 Metode Efektif Dapatkan Pelanggan Potensial

Bagaimana CRM Mengatur Prospek (Calon Pembeli) Menjadi Pelanggan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang