Jumlah Penduduk Jawa Tengah Lebih Besar Dari Malaysia Peluang Untuk Bisnis

candi borobudur jawa tengah

Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia Jumlah Penduduknya

 

Dalam suatu kesempatan terdapat pernyataan Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia yang di lontarkan dalam acara debat pilpres 2019 oleh Bapak Prabowo Subianto paslon nomor 02 yang bersanding dengan Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. Beliau menyinggung tentang gaji Gubernur Jawa Tengah yang terlalu kecil yaitu 8 juta rupiah padahal Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia. Benar atau tidak, kita tidak akan membahas itu. dalam artikel ini Kita akan membahas prospek Bisnis di Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia jumlah penduduknya.

Menurut data dari Google Luas area Jawa Tengah adalah 32.801 km2 dan mempunyai jumlah penduduk sebanyak 32,26 juta jiwa, masih di bawah penduduk Jawa Timur, Jawa Barat, dan apalagi Jakarta.

jawa tengah lebih besar dari malaysia
jumlah penduduk jawa tengah

Kita juga bisa melihat data Jumlah Penduduk Malaysia dari Google Anda bisa klik link tersebut untuk melihat langsung data terkait Penduduk Malaysia serta luasan wilayahnya.

jumlah penduduk malaysia
jumlah penduduk malaysia

Dari data diatas kita bisa melihat jumlah penduduk Malaysia sebesar 31,62 Juta Jiwa, dan luas wilayahnya 329.847 km2. Jumlah Penduduk Malaysia lebih besar di banding Singapura namun jauh lebih kecil di bandingkan Vietnam, Thailand dan apalagi Indonesia.

Penduduk Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia, Bagaimana Prospek Bisnisnya?

 

Dari data yang sudah kita lihat di atas, Jumlah Penduduk Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia, padahal Jawa tengah hanyalah sebuah provinsi sementara Indonesia mempunyai 35 Provinsi. Jumlah Penduduk Jawa Tengah adalah 34,26 Juta (data : 2017) sementara Malaysia 31,62 Juta (data : 2017) terdapat selisih 2,64 Juta Jiwa. Jawa Tengah yang mempunyai Semarang sebagai Ibu Kotanya merupakan daerah yang indah dan damai sesuai dengan ciri khas Indonesia sebagai negara yang aman dan damai serta ramah.

Sebelum kita membahas prospek bisnis di Jawa Tengah mari kita lihat apa saja sekiranya yang menjadi potensi khasnya. Jawa Tengah memiliki potensi yang lebih merata dibandingkan kawasan lain di Indonesia. Kota Semarang dikenal sebagai salah satu sentra bisnis di Jawa Tengah. Pembangunan secara umumpun hampir merata. Semarang bukan menjadi satu-satunya kota terbesar, ada Purwokerto, Solo dan Yogya.

Pertumbuhan perekonomian di Jawa Tengah tahun 2018 yang melebihi pertumbuhan ekonomi nasional membuat optimisme prospek bisnis dan investasi 2019 akan lebih baik lagi. Secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 5,38 persen jauh diatas nasional yang hanya 5,17 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah kuartal tiga 2018 naik cukup signifikan dari 5,22 persen menjadi 5,3 persen.

Dengan adanya bandara baru dan akses jalan tol yang tersambung dari Jakarta sampai Surabaya sangat membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Karena akses adalah salah satu hal utama yang dibutuhkan pengusaha. Banyak perusahaan besar luar negeri akan merelokasi pabriknya ke Jawa Tengah dan tentunya akan menyerap puluhan ribu pekerja. Ini akan meningkatkan prospek bisnis di Jawa Tengah pada 2019 akan bagus.

candi borobudur jawa tengah
candi borobudur di jawa tengah

 

Prospek Bisnis Jawa Tengah

 

Berikut adalah potensi bisnis di Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia, Jumlah Penduduknya :

  • Bisnis maritim
    Kota Semarang diuntungkan dengan kawasan pantainya yang panjang dan berhadapan dengan laut utara yang tenang. Sangat cocok sebagai lokasi usaha perikanan keramba, bisnis pengepulan ikan, bisnis distribusi ikan ke kota lain, usaha pengolahan ikan dari abon sampai ikan asin dan ikan asap. Bisnis maritim inin berada di urutan teratas sebagai ide wirausaha modal kecil untung besar di Semarang.
  • Bisnis asrama
    Ada dua potensi besar dari kota Semarang yang membuatnya menjanjikan untuk ide usaha asrama. Pertama karena di kawasan Semarang selatan ada kawasan pemukiman mahasiswa yang membutuhkan asrama layak huni dari berbagai kelas strata ekonomi. Dan kawasan berikat yang mejadi pusat industri dimana banyak tinggal buruh pabrik dengan kondisi ekonomi menengah kebawah.
    Tak hanya bisnis asrama, Anda dengan modal kecil juga bisa menyediakan sarana penunjang seperti bisnis kuliner kecil seperti warung makan, bisnis laundry, bisnis fotokopy, bisnis penjualan pulsa, sampai bisnis minimarket dan bisnis fashion skala kecil.
  • Bisnis kuliner
    Kota Semarang memiliki pertumbuhan kalangan menengah yang cukup baik, taraf ekonomi masyarakatnya cenderung baik. Dan karenanya bisnis kuliner bisa menarik untuk Anda jajal. Karena muncul trend di kalangan ekonomi menengah untuk melakukan kegiatan wisata kuliner dan membuat kota ini membutuhkan beragam jenis produk kuliner dengan segala inovasi, keunikan dan originalitasnya.
    Anda boleh memulainya dengan sekedar ide bisnis kuliner kecil. Meski konsumen di kota ini kebanyakan datang dari kelas yang cukup matang tak lantas enggan menjajal kuliner kaki lima. Asal rasa dan sajian tetap menggugah selera,usaha dari kelas bermodal kecilpun tetap bisa menghajar pasar.
  • Bisnis property
    Kota Semarang termasuk kota yang berkembang dengan sangat pesat, terutama di kawasan selatan. Perkembangan kawasan kampus, dan perluasan pemukiman dari area utara yang kerap banjir menjadikan kebutuhan property di kawasan ini meningkat pesat dan layak untuk Anda jadikan alasan memulai usaha properti.
    Tak hanya soal property, bagi yang bermodal kecil, bisnis yang mendukung sarana usaha property seperti usaha bahan bangunan juga bisa menjadi ide menarik. Ide lain yang tak kalah menarik adalah bisnis furniture, bisnis pertamanan dan bisnis elektricity.
  • Bisnis ekspedisi
    Wirausaha modal kecil untung besar selanjutnya yang dapat Anda jalankan di Semarang adalah usaha ekspedisi. Kota Semarang kerap kali menjadi pusat distribusi produk skala nasional menuju seluruh daerah di Jawa Tengah. Dan untuk inilah kebutuhan ekspedisi menjadi salah satu kebutuhan penting di kota ini. kebutuhan akan jalur transportasi angkutan barang berupa truk dari Semarang menuju berbagai kota di sekitar Jawa Tengah akan menjadi peluang usaha yang menggiurkan untuk Anda jajal.

Pakai Aplikasi CRM untuk Bisnis di Jawa Tengah

 

Membuat perencanaan bisnis tidak lagi serumit dulu, kini tersedia banyak software bisnis plan yang siap membantu Anda. Sehingga siapa saja dapat dengan mudah membuat bisnis plan layaknya seorang profesional. Dan membuat rencana bisnis bukan lagi jadi momok yang menakutkan bagi seorang pengusaha.

Sebelum Anda menjalankan bisnis pastikan Anda paham tentang CRM. Merupakan perangkat lunak / software yang dipakai sebagai sistem untuk meningkatkan profit bisnis Anda dan membuat efisiensi kinerja tim Anda menjadi lebih produktif serta hemat anggaran pengeluaran Anda. Untuk lebih detail Anda bisa melihat artikel tentang CRM dari Google Search : crm indonesia atau Anda bisa membaca artikel Manfaat Aplikasi CRM bagi Perkembangan Bisnis Anda

Anda juga bisa mengunjungi Barantum.com untuk mencoba Aplikasi CRM Gratis selama 14 hari, sehingga Anda bisa melihat dan mempelajari langsung bagaimana fungsi CRM dan bagaimana CRM dapat meningkatkan profit bisnis Anda di Jawa Tengah yang jumlah penduduknya lebih besar dari Malaysia.

In this article

Join the Conversation

6 − 2 =