PERUSAHAAN ANDA INGIN “ GO INTERNASIONAL” GUNAKAN WHATSAPP BUSINESS API

 

Dalam sebuah bisnis setiap perusahaan ingin agar bisnisnya bisa  berkembang luas. Tidak saja di Indonesia, tetapi jika mungkin hingga “ Go International”. Namun  yang jadi masalah adalah, apakah semudah itu untuk kita bisa go international mengingat untuk menuju kesana tidaklah mudah.

 

Ungkapan seperti itu mungkin tidak berlaku untuk saat ini. Karena berkat adanya dukungan dari Whatsapp  Business API keinginan perusahaan untuk bisa go internasional semakin  terbuka. Sekadar informasi, saat ini di dunia ada sekitar 2 miliar pengguna Whatsapp.  Dimana dari 2 miliar tersebut, ada 10 negara termasuk Indonesia yang memiliki pengguna  terbanyak.

Diantara ke-10 negara dengan jumlah pengguna Whatsapp itu adalah berdasarkan urutan tahun 2020 : India, Brazil,  Jerman, Indonesia, Rusia, Turki, Spanyol, Italia, Belanda dan Inggris.  Dengan banyaknya pengguna aktif di ke-10 negara tersebut bukan tidak mungkin pada akhirnya pelaku bisnis dari Indonesia bisa melakukan kolaborasi bisnis dengan pelaku bisnis yang ada di ke-10 negara tersebut. Caranya sudah pasti menggunakan alat bantu Whatsapp Business API.

Mungkin kita bertanya, bagaimana bisa pelaku bisnis melakukan kolaborasi dengan pelaku bisnis di negara tersebut. Sekadar informasi saja, bahwa salah satu keunggulan dari Whatsapp adalah bahwa aplikasi tersebut memang membagi fungsi dari ke-3 jenis Whatsapp berdasarkan fitur dan fungsi dari Whatsapp tersebut.

Jika kita coba bandingkan Whatsapp Business  Personal dengan Whatsapp Business API, jelas terlihat bahwa dengan adanya Whatsapp Business API memungkinkan pelaku bisnis bisa go internasional.

 

WHATSAPP BUSINESS API MAMPU MENINGKATAKAN NETWORKING BISNIS DIBANDING WHATSAPP BUSINESS PERSONAL

 

Baca juga artikel berikut : RAHASIA SUKSES CLOSING DENGAN 9 FITUR ISTIMEWA DARI WHATSAPP BUSINESS API

Sementara terkait fungsinya sebagai salah satu strategi marketing. Whatsapp Business API memang memiliki potensi yang cukup baik dalam mengembangkan networking bagi sebuah perusahaan.   Hal ini bisa dilihat dari beberapa komponen berikut yang menjelaskan bagaimana keberadaan Whatsapp Business API dibandingkan dengan Whatsapp Business Personal :

WHATSAPP BUSINESS PERSONAL :

  • WA Business Personal adalah akun yang sudah diverifikasi dan mendapatkan centang hijau.
  • Perusahaan bisa berinteraksi dengan customer/ calon customer melalui Official Business Accoountnya.
  • Semua official Business Account Whatsapp selalu dilengkapi dengan label “Business Account”.
  • Akun bisnis di Whatsapp Business Personal dapat dicantumkan sebagai “ Akun bisnis resmi” atau “ Akun bisnis”. Tetapi tidak bisa meminta untuk mengubah dari “Akun bisnis “ menjadi “ Akun bisnis resmi “. (Jika Anda ingin mengajukan Akun Bisnis Resmi WhatsApp di Indonesia, ada banyak peraturan perundang-undangan yang perlu Anda atur.)

WHATSAP  BUSINESS API

  • WA Business memang di sesuaikan untuk bisnis yang masih berskala kecil. Sedangkan WA Business API di kembangkan secara khusus oleh Manajemen Whatsapp untuk di gunakan bagi perusahaan yang skalanya sudah besar ( Enterprise Corporates).
  • Perusahaan yang menggunakan Whatsapp Business API di mungkinkan untuk bisa berinteraksi dan berkolaborasi dengan klien yang ada di seluruh dunia. Sehingga pengembangan customer atau klien tidak terbatas yang ada di Indonesia saja tetapi bisa ke seluruh dunia.
  • Versi Business API memang di targetkan untuk digunakan oleh perusahaan yang sudah besar. Karena pesan yang akan bisa di terima oleh Whatsapp Business API tidak terhingga yang tidak bisa di lakukan oleh Whatsapp Business Personal. Dan satu hal yang berbeda lainnya adalah bahwa Whatsapp Business API hanya bisa di akses oleh satu orang dengan satu user, sehingga pengelolaanya yang ada menjadi lebih simple dan praktis. Karena berarti seorang PIC yang di tugaskan memegang untuk akun Whatsapp Business API adalah memang orang yang di tugaskan oleh perusahaan untuk mengelola semua data dan informasi yang ada dari Whatsapp Business API tersebut.

BARANTUM MENDUKUNG KESUKSESAN CUSTOMER DENGAN MENJADI WHATSAPP OFFICIAL  PARTNER INDONESIA

manfaat whatsapp business api

Melihat begitu pentingnya komunikasi bisnis di Era Industri 4.0 dan menjelang memasuki Era Society 5.0. Maka Barantum sebagai perusahaan yang concern dalam pengembangan  produk CRM ( Customer Relationship Management). Merasa perlu untuk meningkatkan  kolaborasi bisnis dengan mengandeng Manajemen Whatsapp.

Dengan terbentuknya Whatsapp Official Partner Indonesia, semakin membuktikan  bahwa Barantum peduli dengan kesuksesan dan perkembangan para customernya. Karena apa dengan  menjadi media partner  tersebut berarti Barantum  turut membantu dalam meningkatkan networking para pelaku industri yang saat ini menjadi keluarga besar Barantum.

Karena satu hal yang menarik dari Whatsapp Business API, kenapa hingga pada akhirnya Barantum tertarik untuk melakukan kolaborasi bisnis adalah : (a) Fitur-fitur yang ada di Whatsapp Business API tidak akan di jumpai pada Whatsapp regular atau Whatsapp Business Personal. (b) Adanya fitur Chatbot pada Whatsapp Business API  yang membuat operasional kerja perusahaan anda menjadi lebih simple, cepat dan tepat. Karena semua pertanyaan yang diajukan akan langsung di balas  oleh Chatbot (c) Adanya fitur  Multi-Agents Access. Yang mana fitur ini membuat aplikasi WhatsApp Business API ini bisa diakses oleh banyak orang sekaligus. Dampaknya adalah sudah pasti kinerja operator atau divisi customer service perusahaan menjadi lebih baik dan cost operasionalnya menjadi lebih hemat. Karena semua operator bisa mengakses dan menggunakan aplikasi ini di waktu yang bersamaan. Sehingga akan semakin memudahkan perusahaan untuk lebih sigap dan tanggap dalam menjawab pesan customer.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".