RAHASIA SUKSES CLOSING DENGAN 9 FITUR ISTIMEWA DARI  WHATSAPP  BUSINESS API

 

Siapa bilang aplikasi berbasis komunikasi hanya bisa di gunakan sebagai media komunikasi semata.  Kondisi tersebut mungkin saja terjadi pada saat dahulu sebelum teknologi menjadi begitu penting bagi pelaku bisnis. Tetapi kini, justru aplikasi berbasis komunikasi bisa menjadi andalan pelaku bisnis dalam menjalankan strategi bisnisnya. Itulah yang terjadi dengan aplikasi bisnis seperti : Whatsapp Business API.

Hingga kini, bisa di katakan Whatsapp Business API  adalah salah satu aplikasi bisnis yang paling menarik  untuk di pakai sebagai aplikasi komunikasi bisnis. Bukan saja karena jumlah penggunanya yang saat  ini cukup besar. Tetapi beberapa  hal yang menyangkut teknis jelas membuat Whatsapp Business API adalah salah satu aplikasi bisnis yang cukup menarik.

Dan bicara soal menariknya Whatsapp Business API dalam menunjang pergerakan bisnis para pelaku industri. Maka satu hal yang perlu menjadi perhatian para pelaku bisnis adalah bagaimana sebuah fitur yang ada dalam Whatsapp Business API  bisa mengoptimalkan para profesional sales dan marketing agar bisa selalu closing sesuai dengan target yang di harapkan oleh manajemen.

 

9 FITUR ISTIMEWA DARI APLIKASI WHATSAPP BUSINESS API SEBAGAI FITUR ANDALAN

 

Baca juga artikel berikut : INDUSTRI RETAIL & OPTIMALISASI WHATSAPP BUSINESS API DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER EXPERIENCE

Simple, menarik, berdaya guna dan sudah pasti powerfull itulah beberapa yang bisa kita ucapkan dengan keunggulan whatsapp.  Dengan semua keunggulan tersebut, cobalah anda mulai berfikir untuk mengubah strategi marketing perusahaan anda dengan menggunakan whatsapp business api

Tiap sales pasti ingin dalam bekerja selalu melakukan closing, closing, closing dan closing. Ibarat kata,  bicara dengan sales maka yang ada di benaknya adalah bagaimana hari ini menghasilkan closing.  Nah dengan kondisi itulah, sejatinya mereka bisa memaksimalkan whatsapp sebagai senjata untuk menghasilkan closing.

  1. Strategi Pertama : Buat  Planning per Periode  ( Harian, Mingguan & Bulanan)

Profesional sales harus memiliki planning, bagaimana caranya bisa melakukan closing jika perencanaan saja tidak ada. Oleh  karena itu, dengan bantuan whatsapp  coba buatlah planning per periode.

2. Strategi Kedua : Tingkatkan jumlah list kontak yang ada di WA anda.

Jika dalam list whatsapp anda sudah ada minimal 500 daftar kontak. Cobalah kembangkan menjadi minimal 2.000 – 3.000 list kontak.  Caranya bisa didapat dari media sosial lain atau anda ikuti group-group yang bisa menjadi sasaran target anda.

3. Strategi Ketiga : Gunakan konten Edukasi & Script CopyWritter

Ketika anda sudah merasa bahwa whatsapp adalah salah satu tools terbaik anda dalam membuat marketing strategi.  Maka cara terbaik anda adalah dengan melakukan edukasi kepada calon target  yang menjadi sasaran anda. Konten edukasi adalah trik yang paling mudah agar calon target anda bisa tetap stay dalam lingkaran anda.

4. Strategi Keempat : Jadikan manajemen kontak sebagai media untuk alat kontrol

Mungkin kita bertanya, apakah harus jawabnya harus. Karena ketika list kontak masih 500 masih sedikit. Tetapi bagaimana jika  list kontak sudah mencapai ribuan misal : 1000, 3000, 5000 . Perlu di maintenance agar  tidak hilang dan selalu terupdate.

5. Strategi Kelima : Optimalkan aktivitas Broadcast List secara periodik

Jangan melakukan broadcast tanpa tujuan  yang jelas, karena hasilnya bukannya optimalisasi order  tetapi justru membuat  list kontak anda menjadi  kurang respect. Cobalah dibuatkan planning yang jelas terutama pada saat  perusahaan melakukan promo-promo. Maka aktivitas broadcast nya menjadi terarah.

6. Strategi Keenam : Maksimalkan sistem closing sesuai kondisi target

Dengan banyaknya list kontak maka kita bisa golongkan mereka dalam 3 bagian besar target market. Dari mulai cold market, warm market hingga hot market. Sehingga kita bisa merencanakan marketing strategi dengan konten edukasi berdasarkan klasifikasi tersebut.

7. Strategi Ketujuh : Buatlah sistem operasional Whatsapp

Whatsapp Business API memang sangat bagus untuk dijadikan media komunikasi bisnis. Oleh  karena itu cobalah untuk membuat mekanisme atau sistemisasi pengelolaan wa dari mulai sistem broadcast, sistem share konten, hingga masalah alur kerja funneling yang membuat semua aktivitas mengarah pada tujuan akhir yaitu closing.

8. Strategi Kedelapan : Fokus pada hasil  yang maksimal

Semua progam marketing strategi memang sebaiknya menghasilkan target yang maksimal. Itulah kenapa, perlu juga memahami cara melakukan konversi bisnis yang baik. Sehingga pada akhirnya konsep alur kerja yang benar dari mulai : list kontak tersimpan, Edukasi target, share promo/teaser, calon buyer mulai muncul/ order mulai berdatangan dan akhirnya buyer secara continyu hadir  dan customer berubah menjadi icon marketing perusahaan.

9. Strategi Kesembilan : Ulangi terus semua tahapan &  jangan berhenti menambah list kontak

Semua tahapan mesti di lakukan terus menerus, karena keberhasilan itu tidak datang dengan mudah. Jadi tetap lakukan step by step sambil terus menambah jumlah list kontak.

 

WHATSAPP CRM  BISA MEMAKSIMALKAN FUNGSI WHATSAPP BUSINESS API

 

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Semua step yang telah di jelaskan diatas, memang bersifat manual. Intinya perlu adanya satu integrasi sistem agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kondisi itulah yang menjadi concern tersendiri bagi Barantum hingga pada akhirnya melakukan kolaborasi dengan manajemen whatsapp menjadi Whatsapp Official  Partner Indonesia.

Konsep   Whatsapp Official Partner Indonesia,  itu memang bukan sekadar janji. Tetapi  Barantum telah melakukan action dengan mengupdate produk Barantum CRM yang menjadi andalan dari Barantum.  Terbukti saat ini Barantum CRM sudah memperkenalkan produk  yang di sebut Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing.

Kedua produk atau fitur tersebut memang berguna untuk memaksimalkan strategi marketing  yang di jalankan oleh perusahaan. Sehingga 9 cara closing terus menerus dengan menggunakan Whatsapp Business API bisa maksimal dengan dukungan Barantum CRM.

Pada akhirnya dengan adanya kolaborasi Barantum dengan Manajemen  Whatsapp dan membentuk apa yang di sebut Whatsapp Official Partner  Indonesia. Semakin membuktikan   bahwa komitmen Barantum adalah memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis agar bisa tetap survive dan meningkatkan performance bisnisnya dari waktu ke waktu.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".