Keuntungan Penggunaan Sales Script Untuk Bisnis Anda

Sales script merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Dengan menggunakan script ini, staf bisnis Anda dapat mempersiapkan diri sebelum menghadapi calon pelanggan dan memberikan solusi yang efektif terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, juga membantu penjual untuk memaksimalkan potensi penjualan dengan menjalankan proses penjualan yang sistematis dan terstruktur.

Namun, tidak semua orang dapat membuat sales script yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas pengertian, manfaat, cara membuat, dan contohnya yang dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan.

Lalu, bagaimana cara membuat dan contohnya? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

sales script CRM Barantum

Apa Pengertian Sales Script?

Sales script adalah sebuah panduan atau naskah yang disusun untuk membantu sales dalam menjalankan proses penjualan secara sistematis dan efektif. Script berisi rangkaian kalimat dan pertanyaan yang disusun sedemikian rupa. Sehingga mampu mengarahkan pembicaraan dengan calon pelanggan ke arah pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam pembuatan sales script, Anda perlu memperhatikan target pasar dan karakteristik calon pelanggan yang dituju. Naskah yang baik harus mampu menjawab kebutuhan dan masalah yang dihadapi calon pelanggan serta memberikan solusi yang efektif dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga dengan adanya script ini, Anda dapat memaksimalkan potensi penjualan, menghemat waktu dan tenaga dalam menjalankan proses penjualan, serta memastikan konsistensi dalam penyampaian pesan penjualan.

Apa Manfaat Sales Script Bagi Bisnis?

Berikut adalah lima manfaat sales script untuk bisnis:

  1. Meningkatkan efektivitas penjualan: Manfaat pertama, membantu penjual untuk menjalankan proses penjualan dengan lebih terstruktur dan efektif, sehingga meningkatkan kemungkinan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Menghemat waktu dan tenaga: Dengan memiliki naskah yang terstruktur, penjual dapat menghemat waktu dan tenaga dalam menjalankan proses penjualan. Hal ini karena dapat memberikan panduan yang jelas tentang hal-hal yang perlu dibicarakan dengan calon pelanggan.
  3. Meningkatkan konsistensi: Dalam penyampaian pesan penjualan, konsistensi sangat penting untuk memperkuat branding bisnis. Dengan adanya sales script, Anda dapat memastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada calon pelanggan konsisten dan sesuai dengan visi dan misi bisnis.
  4. Meningkatkan rasa percaya diri: Sales script membantu penjual untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi calon pelanggan. Dengan mempersiapkan naskah ini, Anda akan lebih percaya diri dalam menyampaikan pesan penjualan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh calon pelanggan.
  5. Meningkatkan efisiensi training: Terakhir, dapat digunakan sebagai bahan pelatihan bagi penjual baru. Dengan memahami naskah tersebut, penjual baru dapat belajar cara menjalankan proses penjualan dengan lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan potensi penjualan bisnis.

Penggunaan sales script ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan

(customer relationship management) dari Barantum. Di mana seluruh naskah yang dibuat dapat diakses dalam satu sistem terpusat. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis.

Bagaimana Cara Membuat Sales Script di CRM?

cara membuat sales script

Untuk membuat sales script di CRM (customer relationship management), ada beberapa langkah yang dapat diikuti. Pertama, identifikasi persona atau karakteristik calon pelanggan yang dituju. Ini dapat dilakukan dengan menganalisis data dan informasi tentang pelanggan yang telah ada, termasuk perilaku pembelian, preferensi produk, dan masalah yang dihadapi.

Kemudian, buatlah pertanyaan yang relevan dan jawaban yang jelas terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Pastikan pertanyaan yang disusun dapat membantu penjual memahami kebutuhan calon pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai. Selain itu, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pelanggan dan hindari penggunaan bahasa teknis yang rumit. Setelah itu, susunlah naskah secara terstruktur dan sistematis sehingga mudah diikuti oleh penjual. Terakhir, review dan evaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas dan keberhasilannya dalam meningkatkan penjualan.

sales script CRM Barantum

Bagaimana Contoh Sales Script di CRM?

Jika Anda masih bingung bagaimana contoh sales script untuk bisnis, berikut kami berikan satu contoh naskah dalam penanganan menjawab telepon pelanggan. Misalnya, yang dilakukan oleh tim call center atau customer service bisnis.

Berikut contoh sales script:

contoh sales script

“Selamat pagi/siang/sore/malam. Perkenalkan saya (nama) customer service (perusahaan). Boleh tahu saya sedang berbicara dengan siapa dan pertanyaan atau kendala apa yang bisa kami bantu Pak/Bu?”

Terdapat beberapa jawaban sales script yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan:

Tentang Masalah Produk

“Sebelum saya bisa follow up masalahnya, apa saya boleh menanyakan informasi berikut?
ID customer:
Nama:

Baik, Bapak/Ibu (nama), apakah saya boleh tahu mengenai produk apa yang ada masalahnya?”

contoh sales script CRM

Tentang Masalah Pembayaran

“Sebelum saya bisa follow up masalahnya, apa saya boleh menanyakan informasi berikut?
ID customer:
Nama:

Baik, Bapak/Ibu (nama), apakah saya boleh tahu mengenai maslah pembayarannya seperti apa?”

Jika pelanggan sudah mendapatkan informasi yang ingin ditanyakan/didapatkan. Maka Anda bisa membacanya:

“Baik, terima kasih sudah menghubungi tim layanan customer service kami. Jika nanti ada kendala atau hal lainnya yang ingin diketahui, jangan ragu untuk menghubungi kami ya Pak/Bu (nama). Sukses dan sehat selalu untuk Bapak/Ibu. Terima kasih.”

Buat Sales Script Bisnis dengan CRM Terbaik Sekarang!

sales script CRM

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pengertian sales script, manfaat yang dapat diperoleh dengan penggunaannya, cara membuatnya, dan juga contohnya yang dapat digunakan dalam berbagai jenis bisnis.

Namun, dalam membuat sales script terbaik, tidak hanya cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Salah satu alat yang dapat membantu dalam membuat dan mengelola sales script adalah menggunakan CRM Barantum. Selain itu, kita dapat memantau aktivitas penjualan dan mengotomatiskan proses penjualan. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim penjualan.

Maka, jika Anda ingin memaksimalkan hasil penjualan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan CRM Barantum dalam membuat sales script terbaik Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus pada mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!

sales script CRM Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".