Penjualan Meningkat dengan Penggunaan Fitur Omnichannel CRM yang Tepat

Apa Anda sudah siap menjalani bisnis di bulan Ramadhan ini? Tidak terasa ya kita kembali bertemu dengan Ramadhan pada tahun 2023 ini. Pada tahun-tahun belakang, tepatnya mulai pada tahun 2020 lalu, banyak terjadi perubahan pola belanja pelanggan saat Covid-19, termasuk saat bulan Ramadhan. Sehingga banyak bisnis yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu bertahan. Jika bisnis Anda mampu melewati masa-masa itu, selamat ya!

Nah, Ramadhan kali ini, kondisi dunia sudah kian membaik dari serangan virus Covid-19. Peraturan kebijakan pemerintah tidak sebanyak dahulu dan masyarakat sudah lebih mudah untuk bepergian. Namun, kemajuan teknologi saat ini membuat pelanggan tidak hanya memadati toko-toko offline saja, melainkan online shop (marketplace) juga. Terlebih hampir tiap orang, mulai dari remaja hingga dewasa memiliki akun media sosial. Sehingga pola penjualan dan strategi bisnis tentulah perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini.

Selama Ramadhan, banyak orang yang berpuasa, beribadah dan meningkatkan kegiatan sosialnya. Untuk sebagian besar pelaku bisnis, Ramadhan juga menjadi waktu yang strategis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada konsumen. Oleh karena itu, memaksimalkan strategi Ramadhan dengan Omnichannel CRM dapat menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan konsumen.

Omnichannel CRM adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan berbagai saluran komunikasi, seperti email, media sosial, pesan teks, dan lainnya, untuk berinteraksi dengan konsumen. Dalam konteks Ramadhan, Omnichannel CRM dapat membantu bisnis untuk mengirimkan pesan yang relevan dan tepat waktu kepada konsumen, mengoptimalkan pengalaman pembelian, serta meningkatkan loyalitas konsumen.

Ingin tahu strategi Ramadhan 2023 yang tepat untuk bisnis dan didukung dengan penggunaan fitur Omnichannel CRM? Yuk, baca artikelnya sampai selesai sekarang!

Bagaimana Cara Menentukan Strategi Ramadhan Yang Tepat?

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan, namun untuk berhasil dalam strategi bisnis selama bulan suci ini, kita harus memahami kebutuhan pelanggan.

Berikut strategi bisnis yang bisa Anda lakukan untuk optimalkan penjualan:

1. Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan pelanggan selama Ramadhan mungkin berbeda dari kebutuhan di bulan-bulan lain. Misalnya, membutuhkan makanan untuk berbuka puasa atau hadiah untuk memberikan pada keluarga dan teman. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memahami apa yang dibutuhkan pelanggan selama Ramadhan dan memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, dapat juga memberikan penawaran khusus, seperti diskon atau paket promosi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan selama bulan Ramadhan. Dengan memahami kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan strategi bisnis, bisnis dapat meningkatkan penjualan dan memperluas basis pelanggan selama bulan suci ini.

2. Melakukan Personalisasi Pesan

Di bulan Ramadhan, strategi bisnis yang dapat meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan personalisasi pesan. Dalam memasarkan produk atau jasa, perusahaan dapat memanfaatkan momen Ramadhan untuk membuat pesan-pesan yang lebih personal dan relevan dengan kebutuhan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan yang menyapa konsumen dengan nama mereka, menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta memberikan penawaran yang menarik. Dengan demikian, personalisasi pesan akan membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen, dan memperoleh kepercayaan serta loyalitas konsumen yang lebih kuat.

3. Aktif Menggunakan Media Sosial

Di bulan Ramadhan, strategi bisnis yang dapat meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan media sosial. Dalam memasarkan produk atau jasa, perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan media konvensional. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat konten yang kreatif dan relevan dengan tema Ramadhan, seperti mengadakan promo khusus Ramadhan, mengadakan giveaway, dan lain-lain. Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkan fitur-fitur baru di media sosial seperti Instagram Shopping atau Facebook Marketplace untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk atau jasa. Dengan demikian, penggunaan media sosial akan membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan bisnis mereka di bulan Ramadhan.

4. Mengetahui Waktu Terbaik Melakukan Promosi

Di bulan Ramadhan, strategi bisnis yang dapat meningkatkan penjualan adalah dengan mengetahui waktu terbaik untuk melakukan promosi. Dalam memasarkan produk atau jasa, perusahaan perlu memperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk mengirimkan pesan promosi kepada konsumen. Sebagai contoh, waktu sahur dan berbuka puasa adalah momen yang tepat untuk mengirimkan pesan promosi karena pada waktu-waktu tersebut konsumen cenderung membuka aplikasi sosial media dan memeriksa pesan-pesan yang masuk. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan momen-momen tertentu seperti malam lailatul qadar untuk mengirimkan pesan promosi khusus kepada konsumen. Dengan mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk melakukan promosi, perusahaan dapat memaksimalkan potensi penjualan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar di bulan Ramadhan.

5. Menggunakan Sistem Omnichannel CRM

Bulan Ramadhan merupakan momen penting bagi banyak pelaku bisnis, terutama di negara-negara muslim, untuk meningkatkan penjualan. Salah satu strategi bisnis yang bisa dilakukan adalah menggunakan CRM (Customer Relationship Management) omnichannel. Dengan menggunakan CRM omnichannel, bisnis bisa mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan di berbagai kanal seperti email, SMS, media sosial, dan lain-lain. Dalam bulan Ramadhan, bisnis bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mengirimkan promo-promo menarik, mengingatkan pelanggan tentang waktu berbuka puasa atau waktu salat, serta memberikan layanan konsultasi dan pemesanan produk atau jasa secara online. Dengan memanfaatkan CRM omnichannel, bisnis dapat memperkuat relasi dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan secara efektif.

Apa Manfaat Omnichannel Untuk Strategi Bisnis Saat Ramadhan?

Omnichannel CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang mengintegrasikan semua saluran komunikasi dengan pelanggan dalam satu platform/tempat. Di bulan Ramadhan, strategi ini bisa sangat bermanfaat untuk bisnis karena banyak pelanggan yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan efektif.

Berikut manfaat Omnichannel CRM untuk strategi bisnis di bulan Ramadhan:

1. Mampu Mempersonalisasi Pesan

Dalam bulan Ramadhan, bisnis dapat memanfaatkan Omnichannel CRM untuk personalisasi pesan yang dikirimkan kepada pelanggan. Dengan menggunakan data yang ada pada platform CRM, bisnis dapat menyesuaikan pesan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Misalnya memberikan diskon pada produk-produk yang sering dibeli atau memberikan saran untuk produk-produk yang sesuai dengan minat pelanggan.

2. Adanya Chatbot Autoresponder

Bisnis yang menggunakan Omnichannel CRM dapat mengaktifkan chatbot autoresponder, yang dapat membantu membalas pesan pelanggan dengan cepat dan efisien. Hal ini sangat berguna di bulan Ramadhan karena banyak pelanggan yang membutuhkan pelayanan dengan waktu yang singkat. Adanya chatbot autoresponder membuat pelanggan tidak perlu menunggu jam operasional bisnis untuk mendapatkan balasan dari admin. Terlebih, saat Ramadhan kemungkinan besar pesan pelanggan akan masuk saat jam sahur, di mana saat itu operasional bisnis belum dimulai.

3. Mengirim Pesan Siaran (Broadcast)

Dalam bulan Ramadhan, bisnis dapat mengirim pesan siaran ke seluruh kontak dalam sekali klik. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memberikan informasi secara cepat dan efisien kepada pelanggan. Misalnya mengirim penawaran khusus selama Ramadhan, seperti diskon, promo, dan acara tertentu ataupun mengirim pesan informasi tentang jam operasional bisnis selama bulan Ramadhan.

4. Mempercepat Respons Pelanggan

Dengan sistem Omnichannel CRM, seperti Barantum, dilengkapi dengan fitur yang mampu membagi pesan pelanggan secara merata ke setiap agen yang aktif. Sehingga memungkinkan pesan pelanggan segera ditangani oleh admin yang tersedia tanpa menunggu lama dan membantu bisnis untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

5. Fleksibel Mengirimkan Pesan Promosi

Dalam bulan Ramadhan, bisnis dapat menggunakan Omnichannel CRM untuk mengirimkan pesan promosi ke pelanggan. Dengan platform CRM, bisnis dapat memilih saluran komunikasi yang paling tepat untuk tujuan tertentu. Misalnya mengirimkan pesan promosi melalui media sosial. Hal ini memudahkan bisnis untuk menjangkau pelanggan dengan lebih efektif dan fleksibel. Terlebih Anda juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan broadcast/blast WhatsApp. Sehingga mengurangi risiko lupa mengirim pesan promosi ke pelanggan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Fitur Omnichannel Untuk Strategi Ramadhan?

Untuk mengetahui cara memanfaatkan fitur omnichannel, misalnya dengan Barantum CRM Omnichannel sebagai pendukung strategi bisnis Anda di bulan Ramadhan, penting bagi Anda mengetahui apa saja penggunaan masing-masing fitur omnichannel. Sehingga Anda bisa lebih optimal dalam pengaplikasiannya di bisnis Anda.

Penggunaan Barantum CRM Omnichannel mampu meningkatkan produktivitas bisnis Anda hingga 90%.

Berikut fitur-fitur omnichannel yang bisa meningkatkan strategi bisnis selama bulan Ramadhan dari Barantum Omnichannel CRM:

1. BarantumChat

BarantumChat adalah platform yang dapat membantu bisnis dalam memantau pesan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram, dan lain sebagainya dalam satu tempat. Dengan menggunakan BarantumChat, bisnis dapat mengintegrasikan semua saluran komunikasi tersebut ke dalam satu platform sehingga memudahkan pengelolaan pesan pelanggan. Dalam hal ini, bisnis tidak perlu lagi membuka satu per satu aplikasi komunikasi untuk memantau pesan pelanggan. Sehingga tidak ada pesan yang terlewatkan dan pelanggan dapat direspons secara cepat dan efektif. Dengan demikian, BarantumChat dapat meningkatkan efisiensi bisnis dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan keunggulan BarantumChat, Anda bisa 85% mempercepat layanan pelanggan.

2. Chatbot Autoresponder

Penggunaan chatbot autoresponder pada bulan Ramadhan dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis, terutama dalam hal membalas pesan pelanggan secara otomatis saat di luar jam kerja, termasuk saat sahur yang dapat menjadi waktu banyak orang mengakses media sosial dan mengirim pesan. Dengan adanya chatbot ini, bisnis dapat memberikan respons yang cepat dan efisien kepada pelanggan tanpa harus menunggu waktu kerja. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kinerja bisnis. Selain itu, chatbot autoresponder juga dapat membantu bisnis dalam mengelola pesan pelanggan dengan lebih mudah dan terorganisasi. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Sistem Omnichannel Terbaik Untuk Bisnisn Anda

3. Round Robin

Penggunaan round robin pada bulan Ramadhan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis, terutama dalam hal membagi pesan pelanggan secara merata kepada admin yang sedang aktif sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari bisnis. Selain itu, round robin juga membantu dalam mengatur dan membagi pekerjaan admin dengan kuantitas yang sama, sehingga mempermudah perhitungan KPI masing-masing admin. Dengan adanya round robin, bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menangani pesan pelanggan. Sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik dan memuaskan bagi pelanggan.

4. Scheduled Broadcast

Penggunaan scheduled broadcast pada bulan Ramadhan dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis, terutama dalam hal mengatur pengiriman pesan blast WhatsApp secara otomatis meskipun di luar jam kerja. Hal ini sangat membantu admin dalam mengirim pesan kepada banyak pelanggan sekaligus tanpa perlu membuka laptop dan mengirim satu per satu. Terlebih lagi jika pesan tersebut perlu dikirim pada subuh saat sahur, scheduled broadcast dapat membantu mengirim pesan pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya scheduled broadcast, bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam mengirim pesan kepada pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan kinerja bisnis dan kepuasan pelanggan.

5. Personalisasi Pesan

Penggunaan personalisasi pesan pada Omnichannel CRM dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis, terutama dalam hal memberikan dampak kedekatan dengan pelanggan yang lebih erat. Dengan adanya personalisasi pesan, bisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan unik bagi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Personalisasi pesan juga dapat membantu bisnis dalam menyesuaikan pesan dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan, sehingga dapat memberikan nilai tambah yang lebih bagi pelanggan. Selain itu, personalisasi pesan juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

6. Riwayat Percakapan

Omnichannel CRM yang menyimpan riwayat aktivitas pelanggan dalam satu tempat memiliki manfaat besar dalam menganalisis kebutuhan tiap pelanggan. Dengan menyimpan riwayat obrolan, pelanggan dapat dengan mudah melanjutkan percakapan yang belum selesai di platform lainnya, sehingga meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna. Selain itu, data yang terkumpul dapat digunakan untuk memahami perilaku pelanggan dan mengirim pesan promosi yang tepat sasaran berdasarkan kebutuhan mereka. Dengan mengoptimalkan pengalaman pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

7. Analisis Laporan

Penggunaan analisis laporan pada Omnichannel CRM dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis, terutama dalam hal memudahkan dalam mengukur KPI karyawan dengan menampilkan laporan kinerja per karyawan. Dalam laporan tersebut, dapat terlihat seberapa cepat agen membalas pesan pelanggan, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dengan adanya analisis laporan, bisnis dapat melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap kinerja karyawan. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menangani pesan pelanggan. Selain itu, analisis laporan juga dapat membantu dalam memonitor dan mengevaluasi performa bisnis secara keseluruhan. Sehingga dapat memberikan wawasan dan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis pada masa depan.

Kini Anda sudah mengetahui berbagai fitur pada Omnichannel CRM yang bisa mengoptimalkan strategi bisnis Anda selama Ramadhan. Namun, spesial di bulan penuh berkah ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang lebih detail mengenai strategi bisnis selama bulan Ramadhan di dalam artikel Barantum dan media sosial Barantum @Barantumcom. Sehingga bisnis Anda bisa mendapatkan momen penjualan yang maksimal.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda, yuk sempatkan sedikit waktu untuk memberikan rating terbaikmu di dalam artikel ini dengan cara klik vote artikel di bawah.

Dapatkan Sekarang!


Sistem Omnichannel Terbaik Untuk Bisnisn Anda

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".