Ikuti Perkembangan Trend Ini Saat Ramadhan Untuk Memperbesar Penjualan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama Ramadhan, masyarakat muslim memfokuskan diri pada ibadah, berpuasa dan melakukan kegiatan sosial yang meningkatkan hubungan dengan keluarga, teman, dan orang di sekitar.

Selain itu, Ramadhan juga dikenal sebagai musim belanja yang sibuk, di mana pelanggan mencari produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada tahun 2023, ada beberapa trend pelanggan yang meningkat selama Ramadhan, yang dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka.

startegi marketing omnichannel

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas berbagai trend pelanggan yang akan meningkat saat Ramadhan 2023 dan bagaimana Anda memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan bisnis. Jadi, tunggu apalagi, yuk baca artikelnya sampai selesai sekarang!

Apa Trend Saat Ramadhan Pada Tahun 2023 Berbeda Dari Tahun Sebelumnya?

Dalam dua tahun terakhir, trend belanja online kian berkembang, termasuk saat bulan Ramadhan. Jika dua tahun sebelumnya, saat Ramadhan masyarakat cenderung banyak membeli alat-alat kesehatan, khususnya masker dan hand sanitizer. Hal itu karena dua tahun ke belakang merupakan masa-masa pandemi yang membuat masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, tidak jarang masyarakat membeli pakaian Lebaran dan masker yang senada, baik warna maupun motifnya.

Namun, pada tahun ini protokol kesehatan tidak seketat di dua tahun sebelumnya. Meskipun begitu masyarakat tetap diimbau untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Pada masa pandemi di mana tingkat penularan virus sudah jauh berkurang membuat trend Ramadhan di 2023 ini sedikit mengalami perubahan.

Pada tahun ini, pelanggan bisa lebih mudah datang ke toko secara langsung. Dibandingkan sebelumnya yang sulit untuk datang langsung ke toko karena ada peraturan pembatasan jumlah pengunjung dan larangan untuk berkerumun. Namun, saat Ramadhan ini bahkan sebelum masuk bulan Ramadhan, banyak masyarakat yang sudah bersiap-siap untuk belanja kebutuhan untuk berpuasa.

Riset yang dilakukan oleh Inmobi, melaporkan bahwa di bulan Ramadhan 2023 terdapat sebanyak 68% responden memilih menaikkan anggaran belanja untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran. Karena dipantau dari Ramadhan sebelumnya, di momen ini banyak orang yang saling berbagi dan mengirimkan hadiah ke sanak keluarga maupun orang-orang tersayang. Oleh sebab itu, momen Ramadhan ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin bagi Anda yang menjalani bisnis. Karena peluang untuk menghasilkan penjualan akan lebih besar.

Apa Saja Trend Yang Meningkat Saat Ramadhan 2023?

Adapun trend yang meningkat saat Ramadhan 2023 ini, yaitu:

1. Perubahan Jam Produktif Berbelanja

Salah satu trend pelanggan yang meningkat selama Ramadhan 2023 adalah perubahan jam produktif berbelanja. Selama Ramadhan, banyak orang yang melakukan aktivitas berbelanja pada malam hari setelah melakukan ibadah tarawih. Hal ini membuat jam produktif berbelanja berubah dari jam kerja menjadi di malam hari dan saat sahur.

Dalam menghadapi trend ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Chatbot Autoresponder pada Omnichannel CRM sebagai solusi yang efektif bagi bisnis. Dengan menggunakan Chatbot Autoresponder, bisnis dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis sekalipun di luar jam operasional, misalnya saat sahur atau tengah malam. Sehingga saat jam operasional bisnis dimulai, admin tidak harus membalas puluhan bahkan ratusan pesan yang menumpuk.

Selain itu, Chatbot Autoresponder juga dapat membantu bisnis untuk memberikan pelayanan pelanggan yang cepat dan efisien. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas pelanggan terhadap bisnis tersebut. Dalam era digital yang makin maju, teknologi seperti Chatbot Autoresponder dapat menjadi keuntungan kompetitif bagi bisnis dalam menghadapi trend pelanggan yang meningkat selama Ramadhan 2023.

2. Meningkatnya Kebiasaan Belanja Online

Trend pelanggan lain yang meningkat selama Ramadhan 2023 adalah meningkatnya kebiasaan belanja online. Hal ini terutama terjadi karena pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang memilih untuk berbelanja online sebagai alternatif untuk mengurangi interaksi dengan orang lain secara langsung. Selama Ramadhan, belanja online dapat menjadi pilihan yang lebih nyaman dan praktis bagi pelanggan karena mereka dapat membeli produk dan layanan dari kenyamanan rumah mereka sendiri dan menghindari kerumunan di toko secara langsung.

Untuk memanfaatkan trend meningkatnya kebiasaan belanja online selama Ramadhan 2023, Anda bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Blast (Broadcast) untuk mengirimkan informasi promo, diskon, ataupun kupon khusus ke pelanggan bisnis Anda. Agar promosi yang dilakukan tepat sasaran, Anda bisa menganalisis aktivitas pelanggan menggunakan Barantum Omnichannel CRM. Sehingga seluruh data informasi yang Anda perlukan terdapat di dalam satu sistem terpusat.

startegi marketing omnichannel

3. Perubahan Perilaku Belanja

Selain perubahan jam produktif berbelanja dan meningkatnya kebiasaan belanja online, trend pelanggan lain yang meningkat selama Ramadhan 2023 adalah perubahan perilaku belanja. Selama Ramadhan, pelanggan cenderung lebih banyak membelanjakan uang mereka untuk makanan atau minuman.

Selain itu, selama Ramadhan dan menjelang Lebaran, pelanggan juga cenderung membeli keperluan puasa dan Lebaran beserta hampers atau hadiah yang akan dibagikan ke keluarga atau orang tersayang. Oleh karena itu, bisnis harus memperhatikan trend ini dan mempersiapkan persediaan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan selama Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Dalam menghadapi trend perubahan perilaku belanja selama Ramadhan 2023, bisnis juga dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Blast (Broadcast) di mana Anda bisa mengatur jam pengiriman pesan melalui fitur Broadcast Scheduler pada Barantum Omnichannel CRM. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan data dan analitik untuk memahami perilaku belanja pelanggan selama Ramadhan dan menjelang lebaran. Sehingga dapat menyesuaikan strategi pemasaran mereka agar lebih efektif dalam menjangkau pelanggan potensial.

4. Lebih Aktif Menggunakan Media Sosial

Selama Ramadhan, banyak orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, mendapatkan informasi tentang kegiatan dan acara Ramadhan, serta membeli produk dan layanan. Pelanggan juga cenderung menghubungi bisnis melalui media sosial untuk mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, dan menyelesaikan masalah.

Dalam menghadapi trend ini, Anda harus memastikan bahwa bisnis memiliki sistem Omnichannel dan tim yang responsif dan mampu mengelola pesan pelanggan yang masuk dari berbagai akun media sosial bisnis yang dimiliki. Salah satunya, Anda dapat memanfaatkan fitur Round Robin pada Omnichannel CRM untuk mengalokasikan pesan ke agen yang aktif secara merata. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan respons.

Dan pastinya dengan memusatkan semua pesan order pelanggan dalam satu sistem Omnichannel CRM, akan mempermudah tim Anda melayani pelanggan Dengan menggunakan teknologi yang tepat bisnis dapat memperkuat interaksi mereka dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan selama Ramadhan 2023.

5. Rasa Ingin Tahu Terhadap Brand Baru Lebih Tinggi

Trend pelanggan lain yang meningkat selama Ramadhan 2023 adalah rasa ingin tahu terhadap brand baru. Selama Ramadhan, pelanggan cenderung mencari produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan mereka selama bulan suci ini. Selain itu, pelanggan juga lebih terbuka untuk mencoba produk dan layanan baru selama Ramadhan, karena mereka ingin memperoleh pengalaman yang baru dan berbeda.

Untuk memanfaatkan trend ini, bisnis harus memperkuat branding mereka dan mempromosikan produk dan layanan baru mereka dengan efektif. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada brand baru adalah dengan menggunakan fitur Centang Hijau WhatsApp pada Omnichannel CRM.

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mengesahkan nomor WhatsApp mereka sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengenali bahwa pesan yang mereka terima benar-benar berasal dari bisnis resmi. Dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan, bisnis dapat memperkuat branding mereka dan meningkatkan kesadaran merek selama Ramadhan 2023.

Bagaimana Cara Menyikapi Trend Ramadhan Yang Tepat Bagi Bisnis?

Untuk menyikapi trend Ramadhan yang meningkat dalam interaksi pelanggan, bisnis dapat menggunakan CRM Omnichannel dari Barantum sebagai solusi yang tepat. Dengan Omnichannel CRM, bisnis dapat mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi bisnis dengan pelanggan, termasuk media sosial, email, dan telepon. Selain itu, fitur Chatbot Autoresponder dan fitur Round Robin dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi dalam menangani pesan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dalam menghadapi trend Ramadhan yang meningkat, Omnichannel CRM dapat membantu bisnis dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan.

Untuk mendapatkan fitur di CRM Omnichannel terbaik, Anda bisa memilih sistem Barantum sebagai solusi bisnis Anda. Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

startegi marketing omnichannel

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".