Studi Kasus BMW VS Implementasi Penggunaan Whatsapp Business API

Di Era kebangkitan teknologi memang kita bisa merasakan bahwa hampir semua sendi aktivitas ekonomi dan bisnis tidak bisa di lepaskan dari keterkaitannya dengan teknologi. Sehingga wajar jika di katakan bahwa teknologi sudah menjadi bagian dari perkembangan sebuah bisnis. Salah satu hal menarik yang bisa kita lihat adalah implementasi Whatsapp Business API dalam industri otomotif. Ternyata, jika teknologi di gunakan secara benar dan pelaku bisnis tahu dimana keunggulan teknologi tersebut maka hasilnya sungguh luar biasa.

Kondisi inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu contoh nyata, bahwa ketika sebuah teknologi di optimalkan sesuai kebutuhan bisnis, maka hal itu bisa menjadi salah satu strategi terbaik yang akan bisa dirasakan langsung oleh perusahaan yang bersangkutan. Karena pada dasarnya sebuah teknologi itu di ciptakan memang untuk makin memudahkan user dalam menggunakan produk tersebut.

Contoh nyata betapa menariknya Whatsapp Business API ketika di gunakan sebagai salah satu strategi marketing adalah di perusahaan BMW Munich. Dari study kasus berikut kita bisa mengambil banyak hal positif, bahwa sebuah aplikasi seperti Whatsapp Business API memang bisa menjadi media penunjang yang positif bagi sebuah bisnis.

Adalah perusahaan BMW yang berada di Munich Germany. Rupanya manajemen tahu betul bahwa keunggulan Whatsapp Business API memang terletak dari beberapa fiturnya yang bisa mengoptimalkan service yang diberikan perusahaan kepada customernya. Itulah yang di lakukan oleh Manajemen BMW Munich. Realisasinya adalah, mereka menggunakan Whatsapp Business API untuk beberapa hal seperti : (1) Melakukan aktivitas pemesanan produk yang mereka pasarkan (2) Memberikan pembaharuan terkait perkembangan layanan secara real time. Apa hasilnya, ternyata cukup mengejutkan karena secara otomatis BMW Munich  mampu secara meyakinkan menangani lebih dari 3.800 permintaan dalam waktu hanya 1 minggu. Dimana sekitar 80% permintaan customer tersebut mampu di tangani dengan cukup baik hanya dengan menggunakan otomatisasi Whatsapp Business API. Sehingga secara total, perusahaan berhasil melakukan peningkatan sekitar 90% dalam hal peringkat kepuasan yang di bisa di terima oleh customer secara keseluruhan (Sumber: WhatsApp Business API For The Automotive Industry)

Whatsapp Business API Mampu Meningkatkan Kinerja Divisi Marketing & Sales Dalam Industri Otomotif

Baca juga : Whatsapp Business API, Mengoptimalkan Kinerja Divisi Customer Service

Dari study kasus diatas sebenarnya kita bisa memberikan satu penjelasan bahwa menariknya Whatsapp Business API memang karena aplikasi ini cocok di gunakan dalam industri otomotif. Setidaknya ada beberapa kegiatan yang bisa di jalankan dengan menggunakan alat support seperti Whatsapp Business API.

Jika kita eksplore dari beberapa kegiatan di sektor industri otomotif. Ada sekitar 5 kegiatan yang manajemen bisa menggunakan Whatsapp Business API sebagai media pendukungnya. Bukan sekadar media pendukung tetap bisa sebagai salah satu strategi marketing untuk menyukseskan kegiatan tersebut :

  1. Whatsapp Business API : Program Peluncuran ( Launching Produk )
  2. Whatsapp Business API : Aktivitas SDM di lapangan termasuk layanan bantuan 24 jam
  3. Whatsapp Business API : Program Pra Penjualan dan Permintaan Produk
  4. Whatsapp Business API : Janji pengiriman kendaraan dan test drive hingga service
  5. Whatsapp Business API : Untuk kegiatan permintaan suku cadang dan lainnya

Dari 5 jenis kegiatan yang di paparkan diatas, kita bisa melihat bahwa keberadaan Whatsapp Business API bisa di gunakan untuk semua hal yang berhubungan dengan customer. Dari mulai promosi sebelum customer membeli produk. Kemudian customer mencoba untuk melakukan tes drive dari kendaraan yang ingin di belinya. Hingga pada akhirnya produk kendaraan di belinya. Bahkan hingga kegiatan yang berhubungan dengan after sales service, semuanya bisa menggunakan aplikasi Whatsapp Business API sebagai media pendukungnya. Sebuah konsep yang cukup menarik ketika kita tahu bahwa sebuah aplikasi memang bisa memberikan kontribusi yang maksimal ketika kita tahu implementasinya secara benar.

Kolaborasi Barantum dan WhatsApp, Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Service Kepada Klien

WhatsApp Business API by Barantum

Bukan perkara mudah untuk sebuah perusahaan bisa menjadi mitra strategis dari Whatsapp. Karena ada beberapa konsekuensi yang mesti di berikan oleh perusahaan tersebut agar bisa menjadi mitra Whatsapp. Barantum yang pada akhirnya bisa menjadi Whatsapp Official Partner Indonesia. Memang adalah salah satu perusahaan memenuhi kriteria dari Whatsapp. Itulah kenapa pasca adanya kolaborasi tersebut Barantum fokus dalam memberikan dukungannya kepada pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Sejatinya jika kita melihat menariknya Barantum yang fokusnya adalah perusahaan yang ber gerak dalam bidang CRM ( Customer Relationship Management). Berkolaborasi dengan Manajemen Whatsapp. Jelas hal ini akan memberikan dukungan positif atau support menarik bagi para pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Hal itu karena kedua aplikasi tersebut akan semakin memberikan tidak saja : Kemudahan dalam menjalankan aplikasinya ( Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing). Tetapi juga integrasi ini akan makin meningkatkan kualitas layanan atau fitur yang ada di keduanya. Jika Whatsapp unggul dalam aplikasi komunikasi berbasis teks, photo dan suara. Maka Barantum CRM yang fokus dalam aplikasi untuk memaintenance customer akan semakin menguatkan fitur dari Whatsapp Business itu sendiri. Sehingga bagi pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi integrasi Whatsapp CRM dan Whatsapp Tiecketing jelas akan mendapatkan begitu banyak keuntungan.

Setidaknya dari beberapa keunggulan yang bisa di berikan oleh Whatsapp CRM, selain untuk meningkatkan kualitas komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customer baik customer baru ataupun lama. Juga keunggulan lainnya adalah kemampuan Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing untuk meningkatkan performance customer dari regular menjadi loyal customer.

Manfaat menggunakan WhatsApp Business API :

  1. Meningkatkan Performance dari Manajemen Sales & Marketing : customer lama dan baru menjadi mudah untuk di maintenance sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan.
  2. Meningkatkan Produktivitas Bisnis : integrasi antara CRM & Whatsapp Business API bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan.
  3. Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer : saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer.

WhatsApp Business API by Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".