WHATSAPP BUSINESS API, MENGOPTIMALKAN KINERJA DIVISI CUSTOMER SERVICE

perusahaan asuransi fokus pada pelanggan

WHATSAPP BUSINESS API, MENGOPTIMALKAN KINERJA DIVISI CUSTOMER SERVICE

 

Setiap perusahaan yang sudah memiliki customer yang cukup banyak, biasanya memang selalu memiliki divisi yang di sebut customer service atau customer care.   Penamaanya sendiri memang berbeda-beda, tetapi  fungsinya sudah pasti sama yaitu mengelola dan melayani customer  sesuai SOP ( Standar Operasional Prosedur) yang di inginkan perusahaan yang bersangkutan.

 Tidak mudah memang melayani customer yang jumlahnya cukup banyak.  Terlebih dengan tingkat masalah dan keluhan yang bermacam-macam pula. Namun demikian,  semua itu mesti di jalankan agar  performance perusahaan tetap terlihat baik di mata customer. Itulah kondisi yang saat ini menjadi salah satu perhatian bagi pera pelaku bisnis.

Dan seiring berkembangnya teknologi, dimana saat ini dalam Era Industri dan Era New Normal, sudah pasti  tanggungjawab divisi customer service menjadi relatif lebih berat. Bukan saja karena kondisi ekonomi yang belum normal. Juga karena mereka di harapkan bisa menjaga keberadaan customer agar  tetap ada dalam perusahaan tidak keluar atau berpindah ke produk lain. Karena secara bisnis, mempertahankan customer lama itu akan jauh lebih menguntungkan di banding mendapatkan customer baru.

Namun  perkembangan teknologi juga telah memberikan kemudahan bagi divisi customer service dalam  bekerja.  Karena saat ini dengan perkembangan fitur yang semakin lengkap dari aplikasi Whatsapp Business membuat aplikasi ini menjadi efektif jika di gunakan untuk divisi customer service.

 

5 HAL PENTING MANFAAT WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PARA PROFESIONAL CUSTOMER SERVICE

 

Baca juga artikel berikut : FOKUS TERHADAP PELAYANAN KEPADA CUSTOMER, KUNCI KEUNGGULAN WHATSAPP BUSINESS API DIBANDING APLIKASI SEJENIS 

Keberadaan  Whatsapp jika dahulu hanya di gunakan untuk media komunikasi saja. Kini agaknya fungsinya sudah semakin penting. Bukan saja banyak di gunakan oleh pelaku  bisnis dalam melakukan komunikasi bisnis semata.  Tetapi saat ini keberadaan  Whatsapp bisa berkembang menjadi salah satu tools penting  bagi perusahaan  untuk menunjang performance bisnis perusahaan.

Salah satunya adalah guna meningkatkan performance dari divisi customer service.  Setidaknya ada 5 hal yang membuat Whatsapp Business menjadi tools yang penting bagi perusahaan. Khususnya  bagi para customer service/ customer care.

  1. Whatsapp Business mampu meningkatkan performance ( hubungan ) yang baik dengan customer.

Adanya pengembangan beberapa fitur yang ada di Whatsapp Business API. Pada akhirnya memang menjadi salah satu kunci kenapa  Whatsapp Business bisa optimal di gunakan oleh para customer service/ customer care sebuah perusahaan. Seperti adanya Profil Bisnis  :  berisi email, nomor telepon, alamat, website, dan detail bisnis lainnya.   Hal ini bagus untuk makin mempertegas kredibilitas perusahaan di mata publik..

  1. Whatsapp Business menjadikan komunikasi lebih aman dan nyaman.

Setidaknya ada dua hal yang membuat  Whatsapp Business bisa jadi sarana yang aman dan nyaman dalam berkomunikasi dengan customer : pertama sudah  pasti karena adanya enskripsi  end-toe-end dan two factor authentication (2FA).  Sehingga semua percakapan akan tersimpan aman di masing-masing pihak.

  1. Whatsapp Business API bisa menjadi media komuniasi yang interaktif dan bersifat dua arah.

Ada beberapa fitur yang akan membuat perusahaan dan customer merasa nyaman dalam berkomunikasi. Karena fitur yang ada di Whatsapp Business cukup beragam  : WhatsApp story, display picture, status. Bukan hanya itu, Whatsapp Business juga ikut mendukung pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Kesemua hal itu akan membantu kedua belah  pihak terbantu dalam meningkatkan kualitas service atau layanan kepada customer. Karena Whatsapp Business bisa menciptakan terjalinnya komunikasi yang real dengan pelanggan secara dua arah layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko. Itulah salah satu fungsi menariknya Whatsapp Business.

  1. Whatsapp Business API mudah di integrasikan dengan aplikasi lain.

Dengan kemudahan ini, maka saat ini tidak sedikit aplikasi yang terintegrasi dengan Whatsapp. Salah satunya Whatsapp CRM, sebuah integrasi Whatsapp dan CRM yang akan makin mempermudah penilaian kinerja SDM secara real dan benar. Itulah kenapa Whatsapp Business ada penambahan API  ( application programming interface).

  1. Whatsapp Business API dapat di jadikan sarana penunjang survey loyalitas customer.

Adanya beberapa fungsi atau fitur yang di miliki Whatsapp Business, serta kemampuan untuk di dukung CRM ( Customer Relationship Management). Maka kami memperlihatkan kualitas aplikasi tersebut sebagai sebuah aplikasi komunikasi berbasis bisnis. Menariknya lagi, dari beberapa database yang di kumpulkan dari survey customer, manajemen bisa gunakan untuk membuat analisa bisnis, tren bisnis yang berhubungan dengan customer .

 

WHATSAAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA, INTEGRASI WHATSAPP  & CRM   YANG AKAN MEMBUAT MAINTENANCE CUSTOMER MENJADI  LEBIH BAIK  & TERPROGRAM.

 

lacak pengiriman melalui whatsapp

Jika sebelumnya Barantum CRM adalah sebuah perusahaan yang fokus dalam memberikan layanan CRM Integrasi kepada para customerya. Maka dengan adanya kolaborasi strategis dengan Manajemen Whatsapp dan mendirikan  Whatsapp Official Partner Indonesia.  Hal ini semakin membuktikan bahwa Barantum tahu betul apa yang dibutuhkan oleh perusahaan guna mendukung dan memperkuat posisinya dalam bisnis.

Setidaknya dari beberapa penjelasan berikut kita akan  tahu kontribusi Barantum dalam memberikan dukungan/support bagi pelaku bisnis di Indonesia pasca berkolaborasinya dengan Manajemen Whatsapp :

  • Adanya pengembangan produk yang bernama Whatsapp CRM. Inilah salah satu terobosan dan komitmen Barantum dengan adanya kolaborasi bisnis dengan Manajemen  Khususnya dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelaku bisnis.
  • Ada dua produk unggulan yang saat ini di berikan oleh Barantum yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing. Inilah dua produk yang akan semakin mempermudah  pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya.
  • Adanya kolaborasi dua aplikasi bisnis CRM dan Whatsapp memang sungguh menarik. Artinya semua fitur khusus yang ada dalam Whatsapp Business API akan di perkuat dengan sistem manajemen database customer  yang telah di sediakan oleh Barantum CRM. Ini akan menjadi sebuah sistem Database Customer yang terintegrasi di Era New Normal.
  • Adanya kolaborasi Barantum dan Manajemen Whatsapp makin mempermudah kerja pelaku bisnis karena tidak perlu menggunakan beragam jenis aplikasi. Cukup dengan Whatsapp Business API yang sudah terintegrasi dengan  Barantum CRM maka semua hal menjadi  lebih mudah, cepat dan sudah pasti terjamin kerahasiaannya.
  • Yang pasti bukan hanya aplikasi komunikasi Whatsapp saja, dengan keunggulan yang di berikan oleh Barantum. Maka saat ini aplikasi komunikasi seperti Youtube, Instagram, Telegram, Line, Email, Yahoo Messenger sudah bisa di integrasikan dalam satu dashboard. Itulah yang saat ini terkenal dengan nama Omnichannel CRM.

Kini kedua aplikasi bisnis berbasis customer sudah menyatu.  Jika Whatsapp Business API mengutamakan konsep berkomunikasi yang efektif dan efisien kepada customer. Maka Barantum akan berusaha sedapat mungkin mengembangkan dan meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam CRM agar bisa secara optimal di gunakan  oleh customer.

 

 

 

In this article

Join the Conversation

sixteen + 2 =