Tingkatkan Layanan Pelanggan Dengan Sistem Omnichannel

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi air minum dalam kemasan, Oasis telah berdiri sejak 39 tahun lalu, tepatnya pada 1984. Air dalam minuman kemasan Oasis ini merupakan air segar dan asli dari pegunungan Cibural, Jawa Barat. Di mana awalnya Oasis pertama kali dipasarkan hanya di area DKI Jakarta, Cilegon, dan Bandung. Namun, sekarang jangkauan pasar Oasis telah meluas hingga seluruh Indonesia.

Sehingga tidak dimungkiri bahwa Oasis kini telah menjadi salah satu merek air kemasan yang populer di masyarakat. Terbukti perusahaan ini telah memiliki 20 cabang dengan lokasi pabrik terbesarnya di Bogor, Palembang, Bali, dan Surabaya. Oleh karena itu, tidak mengherankan Oasis memiliki ratusan hingga ribuan pelanggan dari berbagai kalangan. Terlebih didukung dengan kualitas dan pengemasannya yang baik.

Bagaimana Awal Mula Oasis Menggunakan Barantum Omnichannel CRM?

Dalam melayani pelanggan yang sangat banyak, Oasis mengakui bahwa dahulu mereka merasa kewalahan dalam membalas pesan pelanggan. Apalagi metode membalas pesan pelanggan yang dilakukan menggunakan cara manual. Di mana admin harus menjawab satu per satu setiap pertanyaan pelanggan. Agar pengalaman pelanggan Oasis tetap baik, Oasis berinisiatif menggunakan sistem dengan teknologi modern yang mampu mendukung perkembangan bisnisnya. Khususnya dalam layanan pelanggan. Hingga Oasis memilih Barantum Omnichannel CRM sebagai solusi kendala mereka.

“Sebelum kita menggunakan Barantum, tim kami sangat kewalahan untuk membalas chat customer karena sebelumnya kita membalas chat dengan manual,” ucap Andri Dwi Yulianto, Customer Service Assistant Manager, PT Oasis International.

Andri menceritakan, pada awal pandemi di tahun 2022 mengharuskan manajemen Oasis membuka program baru, yaitu Program Rumah Oasis. Seperti yang kita tahu bahwa saat pandemi banyak orang yang bekerja dari rumah. Ditambahkan, saat Oasis mengadakan promo maka dapat dipastikan semua pesanan melonjak drastis. Untuk menangani banyaknya pesanan, Oasis beralih menggunakan Barantum.

Terkait program Oasis, saat ini Oasis mempunyai tiga layanan program, yaitu Program Reguler, Program Toko Oasis, dan Program Rumah Oasis. “Program Reguler melayani customer perusahaan hingga manufaktur, Program Toko Oasis untuk melayani pembelian toko-toko untuk dijual kembali ke masing-masing sub-nya dan yang terakhir untuk Program Rumah Oasis untuk segmentasi dari pemakaian perumahan itu sendiri sehinga melayani pemakaian rumah saja,” ujar Andri menjelaskan.

Respons Layanan Pelanggan Oasis Meningkat 50% dengan Omnichannel CRM

Oasis beralih dari cara manual ke sistem Berantum pada Desember 2022. Hal ini berawal dari Oasis yang ingin beralih dari WhatsApp Biasa ke WhatsApp Business API. Di mana Barantum menjadi Mitra Resmi WhatsApp yang sudah tepercaya. Keputusan Oasis memilih Barantum pun didukung karena sistem Barantum memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan.

“Barantum juga menawarkan fitur-fitur yang sangat menarik. Di mana fitur-fitur ini antara lain pesan otomatis atau autoresponder di mana customer service kami tidak perlu standby untuk membalas chat-nya. Jadi ada bantuan dari Chatbot yang telah disediakan oleh Barantum,” kata Andri.

Tidak hanya fitur Chatbot yang mampu membalas pesan pelanggan secara otomatis. Sistem Barantum juga dilengkapi fitur Broadcast (Blast) WhatsApp, sehingga hanya sekali klik pesan bisa terkirim ke kontak. “Sistem Barantum dapat digunakan oleh banyak agen dalam jumlah yang tak terhingga sehingga respons untuk customer jadi lebih cepat 50%. Sebelumnya kita membalas respons dari customer itu 30 menit, namun setelah memakai Barantum 5-15 menit semua chat akan teratasi dan tim kami,” ucap Andri.

Sistem Barantum yang mudah digunakan ini membuat tim dari Oasis tidak kesulitan dalam pengaplikasiannya.  “Yang menggunakan sistem Barantum di kisaran 25 hingga 35 tahun dan fitur fitur dari Barantum itu sangat membantu kami dalam menangani respons customer.”

Pengalamannya yang baik dalam menggunakan sistem Barantum ini membuat Andri berpendapat Barantum dapat menjadi solusi untuk bisnis, “Jika teman-teman di luar sana sedang mencari CRM yang sangat user friendly pilih saja Barantum. Saya cukup puas dengan adanya pelayanan Barantum. Ketika ada kendala yang kita hadapi di chat kami atau di server kita, langsung saja menghubungi Barantum CS (customer service) yang siap dan responsif sekali. Penanganannya tergantung dari mekanisme atau masalah yang kita laporkan, biasanya 1-2 jam permasalahan sudah teratasi,” kata Andri.

CRM Omnichannel Barantum, Solusi Terbaik Bisnis Anda

Jika Anda memiliki kendala yang serupa dengan yang dialami Oasis sebelum menggunakan sistem Omnichannel CRM. CRM Omnichannel dari Barantum mampu mengefisiensikan operasional bisnis Anda. Terlebih fiturnya yang up to date sehingga mampu beradaptasi seiring berkembangnya bisnis Anda.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai CRM Omnichannel Barantum, Anda bisa membacanya pada artikel ini -> Omnichannel: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Strateginya.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".