Trend Omnichannel yang Harus Anda Ketahui

tren omnichannel

Apa saja sih, trend omnichannel?

Strategi marketing omnichannel telah menjadi tren saat ini. Bahkan bisa dikatakan sebagai strategi utama hampir seluruh bisnis di dunia. Strategi yang memanfaatkan berbagai saluran serta konten visual dan pesan ini, tentu meningkatkan ROI pemasaran serta kepuasan pengalaman pelanggan.

Setelah mengetahui bagaimana strategi omnichannel yang tepat serta tips-tipsnya, mengetahui trendnya juga tak kalah menarik, mengingat para pebisnis berlomba-lomba untuk memenangkan kepuasan pelanggan.

Mengikuti strategi ini, tentu Anda harus tahu beberapa tren atau gayanya. Apa saja sih? Yuk, mari lihat!

  • Integrasi In-Store dan Online

Sejak kehadiran e-commerce atau toko online, pelanggan lebih memilih untuk berbelanja di sana, daripada mengunjungi toko. Pelanggan memiliki alasan tersendiri untuk lebih memilih berbelanja online. Mungkin saja untuk menghindari pencarian barang di toko yang dapat membuang waktu mereka atau karena alasan kenyamanan. Pembeli saat ini mengharapkan kemudahan dalam pengalaman belanja online untuk diintegrasikan dengan pengalaman berbelanja di dalam toko. Perilaku pelanggan yang seperti ini membuat pemilik toko menggabungkan data lokasi pelanggan dengan inventaris untuk membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari secara online untuk diambil di dalam toko.

  • Fokus pada Merek, Bukan Saluran

Menjalankan strategi omnichannel mengharuskan pebisnis atau pemilik toko untuk menyuarakan merek secara konsisten di berbagai saluran yang digunakan. Mereka harus memastikan kesinambungan informasi dan sumber daya di seluruh titik kontak digital dan toko — atau berisiko kehilangan pelanggan karena pesaing mampu melakukan carayang lebih cerdas. Merek perlu memberikan identitas yang konsisten di seluruh saluran dengan pesan yang sesuai dengan pelanggan, apa pun platformnya.

  • Pelanggan dapat menjangkau produk melalui berbagai saluran

Strategi omnichannel tentu membuka berbagai platform dan saluran bagi pelanggan untuk menjangkau dan berinteraksi dengan produk. Jika seorang pelanggan tidak menggunakan Instagram, ia dapat menggunakan Facebook misalnya untuk melihat produk Anda. Atau sebaliknya. Penting bagi pebisnis atau penjual untuk menginformasikan perihal platform yang digunakan agar pelanggan mudah untuk menjangkaunya. 

  • Banyak Saluran, Pelanggan Aktif Berbelanja

Jika dilacak dengan benar, pelanggan yang mengunjungi situs website sebuah toko atau merek secara online di beberapa perangkat cenderung menjadi pelanggan yang lebih baik dan membelanjakan rata-rata tiga hingga empat kali lebih banyak daripada pelanggan yang hanya berinteraksi dengan satu saluran.

  • Berbelanja di Media Sosial

Fungsi media sosial sebelumnya hanya untuk memperlihatkan serta membagikan momen dan sebagai sarana komunikasi. Kini, fungsi sosial juga sebagai ‘toko online’.  Akun media sosial dan influencer juga dapat menampilkan produk Anda di depan konsumen dengan cara yang unik, sesuatu yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.  Dengan berbelanja di media sosial, pelanggan dapat mengklik  situs web Anda dan mengunjunginya  atau bahkan memesan tanpa meninggalkan aplikasi, seperti di Facebook. Menambahkan penawaran menarik, seperti kode voucher, diskon, atau penawaran pengiriman gratis, semakin mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

  • Akselerasi Transformasi Digital

Pandemi virus corona saat ini menjadikan transformasi digital sebagai prioritas utama di berbagai industri, termasuk ritel. Bisnis telah mengidentifikasi dan berinvestasi dalam alat dan sistem untuk merespons aktivitas e-commerce yang meningkat pesat dengan produk, layanan, dan pengalaman belanja baru.

Apakah bisnis Anda telah melakukan strategi omnichannel? Pesaing memang banyak, namun tidak perlu takut dan khawatir untuk menjalankannya. Dengan mengetahui taktik yang tepat dan memahami dengan betul kebutuhan pelanggan Anda, strategi omnichannel akan sangat membantu bisnis Anda.

Apalagi dengan bantuan aplikasi CRM Barantum. Maka, Anda akan semakin mantap dan percaya diri dalam menjalankan strategi omnichannel.

Ayo, daftarkan bisnis Anda di CRM Barantum sekarang dan dapatkan free trial selama 7 hari!

In this article

Join the Conversation

2 × two =