WHATSAPP BUSINESS API, EFEKTIF UNTUK PARA PELAKU INDUSTRI E-COMMERCE

 

Berkah yang didapat dari kondisi pandemi covid memang jelas, saat  ini  industri e-commerce berkembang cukup menarik. Dari data terlihat hingga memasuki tahun 2020 saja angka pertumbuhannya sudah 50%, dengan nilai bisnisnya USD130 miliar.  Wajar jika berdasarkan analisa Ernst & Young dengan 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna aktif telepon pintar, bisa di prediksi industri e-commerce menjadi salah satu tulang punggung  perekonomian Indonesia.

Besarnya potensi yang  bisa di dapat dari industri e-commerce memang belum maksimal. Hal itu salah satunya di sebabkan karena belum optimalnya penggunaan media pendukung   untuk meningkatkan revenue bagi pelaku bisnisnya . Padahal jika kita tahu, saat ini begitu mudahnya pelaku bisnis bisa memanfaatkan beragam aplikasi yang  bisa mendukung bisnis mereka. Dimana salah satunya adalah penggunaan Whatsapp Business API. Sebuah aplikasi  yang di kembangkan oleh Whatsapp, saat ini menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang begitu menarik.

Bukan saja menarik karena mudah dalam penggunaanya, tetapi Whatsapp Business API itu sendiri memiliki beragam fitur yang mampu menjadi strategi promosi dan marketing yang cukup potensial bagi pelaku bisnis.  Itulah  yang membuat Whatsapp Business API menjadi pilihan terkini pelaku bisnis dalam berkomunikasi, tidak saja  dalam internal bisnis mereka tetapi juga untuk komunikasi bisnis dengan pihak external mereka.

 

5 FITUR  ISTIMEWA  WHATSAPP BUSINESS API  YANG SUKAI PELAKU BISNIS

 

Baca juga artikel berikut : KENAPA MASIH PAKAI WHATSAPP REGULAR, JIKA WA BUSINESS API LEBIH MENGUNTUNGKAN

Dibanding dengan aplikasi komunikasi sejenis, memang Whatsapp Business API memiliki beberapa fitur yang bisa dikatakan unggulan. Dan diantara beberapa fitur tersebut ada sekitar 5 fitur  istimewa yang pada akhirnya membuat para pelaku bisnis beralih menggunakan Whatsapp Business API dalam menjalankan operasional bisnis mereka.

  1. Fitur Profil ( Penjelasan soal pengguna Whatsapp Business API)

Ada dua komponen yang masuk dalam kategori fitur profil yaitu Nama Akun dan Profil diri ( bisnis ).  Satu hal yang membedakannya adalah bahwa untuk Whatsapp Business bahwa penamaan akun nya ada beberapa ketentuan. Sedangkan untuk Profil pada WhatsApp Bisnis salah satu kelebihannya adalah, karena bisa memuat beberapa informasi bisnis . Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil.

2. Fitur Pesan ( Message )

Hal menarik kedua yang dimiliki Whatsapp Business API adalah bahwa fitur pesan  memiliki 4 model pesan. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan konteks pesan yang akan dikirimkan sesuai dengan kebutuhan  bisnisnya. (a) Away Message : Sistem dari balas pesan ini akan  secara otomatis bekerja  pada saat pesan dari customer/klien masuk ketika  diluar jam kantor/ bisnis sedang tidak beroperasi. Dengan kondisi seperti ini maka klien tidak akan menunggu balasan pesan terlalu lama (b)  Greeting Message : merupakan balasan pesan langsung yang ditujukan kepada customer/klien ketika pertama kali melakukan pengiriman pesan (c) Quick replies : sebuah fitur yang cukup membantu bagi perusahaan untuk menjawab pesan isinya relatif sama dari customer.  Sehingga dengan  fitur ini  banyak kemudahan yang bisa di dapat. Perusahaan hanya membuatkan template balasan pesan untuk pertanyaan yang sering di tanyakan.

Sedangkan satu fitur lain  yang bisa di kelompokan dalam fitur pesan ( message) adalah Label. Fungsi dari fitur ini adalah  untuk mengelompokkan pesan yang masuk, dimana model pengelompokannya adalah : Pesan  yang tujuannya adalah prospek, pesan masuk baru dari customer, pesan yang berhubungan dengan masalah keuangan / pembayaran, dan pesan selesai/ pesan yang mengakhiri proses transaksi atau bertanya.

3. Fitur Katalog ( Fitur informasi tentang produk yang berupa barang atau jasa )

Inilah yang menarik dari Whatsapp Business API, karena selain bisa di gunakan untuk media komunikasi bisnis. Aplikasi ini juga  bisa di gunakan sebagai media promosi dan promo produk yang di miliki perusahaan. Dimana fitur  katalog yang dimaksud bukan sekadar  gambar atau photo semata. Tetapi memang di fitur  ini perusahaan bisa memberikan penjelasan detail terkait produk yang di tawarkan oleh perusahaan. Dengan adanya fitur ini maka memudahkan perusahaan dalam melakukan aktivitas marketing dan promosi, karena bisa menggunakan aplikasi Whatsapp Business tersebut.

4. Fitur Statistik ( Fitur  yang akan memberikan analisa bagaimana proses pesan di lakukan)

Dengan adanya fitur statistik ini memang membuat pekerjaan jadi lebih fokus. Karena pesan yang belum di balas, atau pesan yang sudah lama belum terbalas bisa cepat di analisa dan diberikan Followup tindakan.  Dengan model seperti ini, maka user ( admin ) yang memegang akun Whatsapp Business API akan dengan mudah melakukan kontroling  dan maintenance dari semua pesan yang ada di akun tersebut.

5. Fitur Kategori Bisnis ( Fitur ini memberikan pilihan perusahaan jenis bisnis apa di jalankan)

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki spesifikasi bisnis, dengan adanya fitur kategori dalam Whatsapp Business API maka hal itu di permudah. Perusahaan tinggal memiliki jenis bisnis sesuai dengan pilihan yang telah di sediakan, tetapi jika memang pilihan tersebut tidak ada maka perusahaan bisa menentukan pilihan dengan memilih Kategori lain-lain sebagai jenis bisnisnya. Dengan model seperti ini maka customer akan  lebih mudah untuk memahami lebih cepat bisnis yang di jalankan oleh perusahaan.

 

BARANTUM,  KOMITMEN DALAM MENDUKUNG KELANCARAN BISNIS PELAKU BISNIS. WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA, ADALAH BUKTINYA.

 

 

Dengan semua keunggulan yang dimiliki  oleh Whatsapp Business API itulah yang pada akhirnya membuat Barantum menjalin kolaborasi bisnis dengan Manajemen Whatsapp. Dengan terbentuknya Whatsapp Official Partner Indonesia, upaya  Barantum dalam mendukung  kelancaran bisnis pelaku industri bisa di wujudkan.

Karena seperti  yang telah di jelaskan diatas, dengan pelaku industri/bisnis menggunakan  Whatsapp Business API setidaknya  ada tiga manfaat yang  bisa di dapat : (1) Perusahaan akan dimudahkan dalam berkomunikasi dengan customer dan  mitra bisnis. Karena fitur dalam Whatsapp tersebut sudah mendukung kelancaran sistem komunikasi bisnis yang di harapkan kedua belah pihak. Terlebih bagi pelaku bisnis yang saat ini sedang menjalankan model bisnis E-commerce. Keberadaan kontak bisnis sebagai media komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki.  Dengan  kontak bisnis tersebut  sangat membantu dalam upaya mengoptimalkan hubungan dengan customer/ pelanggan.  (2) Perusahaan jadi  lebih terlihat kredibel  terpercaya dan memudahkan  bagi calon customer atau mitra bisnis mudah dalam melakukan penilaian terhadap kondisi perusahaan yang bersangkutan. Hal itu tentu saja karena adanya Profil Bisnis / Perusahaan yang terdapat pada profil Whatsapp Business API.  Dan pada akhirnya  profil bisnis tersebut juga bisa di gunakan sebagai branding produk dan perusahaan. (3) Perusahaan di mudahkan dalam program Promosi atau melakukan Branding bagi perusahaan dan produk. Karena dengan adanya fitur katalog dan kategori bisnis, semua  itu sangat membantu perusahaan untuk bisa di kenal dan memperkenalkan profil perusahaan sebagai sebuah aktivitas promosi dan strategi marketing yang cukup menarik.

Dengan semua kondisi itulah, yang membuat keberadaan kolaborasi  Barantum dan Whatsapp makin  lengkap.   Dimana kita tahu dengan beragam fitur istimewa tersebut  membuat perusahaan  telah memiliki beberapa keunggulan.  Keunggulan tersebut sangat berguna untuk menjalankan aktivitas bisnis dari perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan  dengan adanya tambahan aplikasi CRM Barantum, maka semua hal yang berhubungan dengan database customer, calon customer maupun mitra bisnis perusahaan bisa tertata dan di maintenance dengan cukup baik dengan bantuan aplikasi CRM. Sehingga jika semua sisi bisnis dari perusahaan sudah tertangani dengan baik tinggal pelaku bisnis berfikir bagaimana merencanakan  beragam terobosan dan strategi bisnis untuk bisa meraih revenue lebih banyak. Karena secara sistem dan struktur operasional sudah tercover dengan cukup baik dengan adanya integrasi Whatsapp dan CRM.

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".