KENAPA MASIH PAKAI WHATSAPP REGULAR, JIKA WA BUSINESS API LEBIH MENGUNTUNGKAN

fitur whatsapp business api

KENAPA MASIH PAKAI WHATSAPP REGULAR, JIKA WA BUSINESS API LEBIH MENGUNTUNGKAN

 

Bicara soal aplikasi berbasis komunikasi, memang sejak  kemunculan aplikasi Whatsapp. Aplikasi ini langsung menarik minat banyak orang, terlebih saat ini dengan hadirnya Whatsapp Business dan Whatsapp Business API.  Semakin banyak pelaku bisnis menggunakan aplikasi tersebut untuk di gunakan sebagai aplikasi komunikasi di dalam perusahaannya.

 Hingga kini aplikasi  bisnis berbasis komunikasi bisnis memang identik dengan Whatsapp. Sekalipun memang tidak banyak yang tahu apa sebenarnya yang membedakan Whatsapp, Whatsapp Business dan Whatsapp Business API. Karena memang secara fungsi dan fitur ketiga aplikasi tersebut sudah pasti memiliki keunggulan masing-masing.

Jika dahulu orang menggunkan Whatsapp hanya untuk komunikasi semata, baik perorangan  ataupun group. Tetapi kini, Whatsapp bisa menjadi salah satu alternatif strategi bisnis yang bisa di gunakan tidak saja untuk media komunikasi internal tetapi juga external.

Semua itu karena adanya perkembangan dan pengembangan Whatsapp yang semakin berkembang fungsinya. Tidak saja berguna sebagai media komunikasi tetapi juga menjadi media komunikasi bisnis. Sehingga saat   ini  khususnya para pelaku bisnis banyak yang sudah  beralih menggunakan Whatsapp Business API guna menunjang operasional usahnya.

 

 BEDA FUNGSI WHATSAPP, WHATSAPP BUSINESS DAN WHATSAPP  BUSINESS API DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

 

Baca juga artikel berikut  : FOKUS TERHADAP PELAYANAN KEPADA CUSTOMER, KUNCI KEUNGGULAN WHATSAPP BUSINESS API DIBANDING APLIKASI SEJENIS

Aplikasi Whatsapp

Ini adalah salah satu media sosial yang biasanya digunakan   untuk media komunikasi saja.  Karena  memang platform  ini hanya di desain untuk bisa bertukar pesan baik teks, gambar atau video kepada mereka yang juga menggunakan Whatsapp.  Sekalipun fungsinya hanya sebatas untuk bertukar pesan, suara, gambar dan video, tetapi bagusnya  Whatsapp tidak bisa di baca atau di lihat oleh orang yang bukan menjadi tujuan. Karena adanya sistem end-to-end encryption atau enkripsi ujung-ke-ujung. Sehingga kerahasiaan data yang disampaikan oleh orang yang berkomunikasi dengan Whatsapp cukup  bagus.

Aplikasi WhatsApp Business

Tidak jauh beda dengan Whatsapp Business.  Secara fungsi sama dengan Whatsapp. Tetapi keberadaan WhatsApp Business, pada awalnya memang di peruntukan bagi  para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Karena keberadaan aplikasi ini sudah lebih bagus, karena dilengkapi dengan berbagai fitur  yang tujuannya jelas untuk untuk memudahkan  penggunanya.  Dari mulai untuk media kirim pesan bisnis dengan pelanggan.  Serta beberapa fungsi atau keunggulan yang tidak di miliki Whatsapp seperti : Anda akan langsung mendapatkan sapaan yang terkirim secara  otomatis, pada saat anda berkirim  pesan.  Anda juga akan bisa melihat profil usaha beserta katalog produk pada sisi kanan atas chat. Secara kerahasiaan tetap Whatsapp Business seaman Whatsapp, karena percakapan tetap terenkripsi secara end-to-end, yang berarti pesan hanya diketahui oleh Anda dan bisnis tersebut.

 WhatsApp Business API

Yang terbaru dan saat ini begitu banyak pelaku bisnis yang menggunakannya adalah Whatsapp Business API.  Kenapa aplikasi  yang terakhir ini cukup menarik, karena aplikasi  inilah yang cukup bisa menjadi media komunikasi bisnis bagi perusahaan. Selain masalah kerahasiaan tetap terjamin sebagai bagian utama dari Whatsapp.  Juga aplikasi Whatsapp Business API juga dapat di pakai untuk mengelola dan memaintenance  service yang diberikan oleh perusahaan kepada customernya.  Menariknya adalah aplikasi ini bisa dengan mudah untuk media menampung ribuan pesan yang mereka kirim dan terima setiap harinya. Hal ini dapat mereka lakukan sendiri atau melalui jasa pihak ketiga. Pengguna WhatsApp Business API juga akan segera memiliki opsi untuk menggunakan Facebook Hosting Services. Berbekal fitur dan multifungsinya   yang begitu menarik dari Whatsapp Business API, maka tidak salah jika saat  ini aplikasi besutan dari Whatsapp ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang banyak di minati dan di gunakan oleh pelaku bisnis.

WHATSAAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA, INTEGRASI WHATSAPP  & CRM   YANG AKAN MEMBUAT MAINTENANCE CUSTOMER MENJADI  LEBIH BAIK  & TERPROGRAM.

 

 

Nah jika anda sudah tahu perbedaan Whatsapp, Whatsapp Business dan Whatsapp Business API. Maka kita akan lebih paham kenapa aplikasi ini begitu menarik di mata para pelaku bisnis. Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat Barantum yang awalnya berbisnis dalam pengembangan CRM.  Kini berkembang menjadi salah satu mitra strategis Manajemen Whatsapp.  Dengan komitmennya menjadi Whatsapp Official Partner Indonesia.

Setidaknya dari beberapa penjelasan berikut kita akan  tahu kontribusi Barantum dalam memberikan dukungan/support bagi pelaku bisnis di Indonesia pasca berkolaborasinya dengan Manajemen Whatsapp  dan membantuk Whatsapp Official  Partner Indonesia.

  • Adanya pengembangan produk yang bernama Whatsapp CRM. Inilah salah satu terobosan dan komitmen Barantum dengan adanya kolaborasi bisnis dengan Manajemen  Khususnya dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelaku bisnis.
  • Ada dua produk unggulan yang saat ini di berikan oleh Barantum yaitu Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing. Inilah dua produk yang akan semakin mempermudah  pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya.
  • Adanya kolaborasi dua aplikasi bisnis CRM dan Whatsapp memang sungguh menarik. Artinya semua fitur khusus yang ada dalam Whatsapp Business API akan di perkuat dengan sistem manajemen database customer  yang telah di sediakan oleh Barantum CRM. Ini akan menjadi sebuah sistem Database Customer yang terintegrasi di Era New Normal.
  • Adanya kolaborasi Barantum dan Manajemen Whatsapp makin mempermudah kerja pelaku bisnis karena tidak perlu menggunakan beragam jenis aplikasi. Cukup dengan Whatsapp Business API yang sudah terintegrasi dengan  Barantum CRM maka semua hal menjadi  lebih mudah, cepat dan sudah pasti terjamin kerahasiaannya.
  • Yang pasti bukan hanya aplikasi komunikasi Whatsapp saja, dengan keunggulan yang di berikan oleh Barantum. Maka saat ini aplikasi komunikasi seperti Youtube, Instagram, Telegram, Line, Email, Yahoo Messenger sudah bisa di integrasikan dalam satu dashboard. Itulah yang saat ini terkenal dengan nama Omnichannel CRM.

Kini kedua aplikasi bisnis berbasis customer sudah menyatu.  Jika Whatsapp Business API mengutamakan konsep berkomunikasi yang efektif dan efisien kepada customer. Maka Barantum akan berusaha sedapat mungkin mengembangkan dan meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam CRM agar bisa secara optimal di gunakan  oleh customer.

 

In this article

Join the Conversation

2 + 2 =