13 KEUNGGULAN WA BUSINESS API & 3 FUNGSI UTAMA WA BUSINESS API BAGI PEBISNIS

 

Bicara soal aplikasi bisnis berbasis komunikasi, maka siapa yang tidak  kenal dengan Whatsapp. Dahulu orang tahu Whatsapp hanya di pakai sebagai media komunikasi semata. Tetapi kini, Whatsapp telah bertransformasi menjadi sebuah aplikasi bisnis yang cukup menarik.  Menariknya Whatsapp hingga Manajemen Whatsapp sendiri membaginya menjadi 3 model ; Whatsapp Regular, Whatsapp Business dan Whatsapp Business API.

Saat ini jika kita bicara dengan pelaku bisnis, maka Whatsapp Business API adalah model yang menjadi standar mereka dalam berkomunikasi. Bukan saja karena Whatsapp Business Api telah mengintegrasikan beberapa fitur yang cukup membantu dalam menjalankan sebuah perusahaan. Juga karena  Whatsapp Business API bisa menjadi salah satu solusi  terbaik bagi perusahaan yang concern dalam pengelolaan customer agar bisa meningkatkan performancenya dari regular customer menjadi loyal customer.

Terkait dengan menariknya Whatsapp Business API sebagai sebuah  media komunikasi yang  handal bagi pelaku bisnis. Maka ada  baiknya jika pelaku bisnis juga paham 13 keunggulan dan 3 fungsi utama yang ada dalam Whatsapp Business API tersebut.

  1. WA Business API : Bisa mendekatkan komunikasi antara Perusahaan dengan Customer. Hal ini mungkin saja terjadi, karena fitur-fitur yang ada dalam Whatsapp Business API memang telah dirancang agar bisa mengoptimalkan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customernya.
  2. WA Business API : Memiliki tingkat keamanan yang berlapis. Dengan model seperti ini maka pengguna Whatsapp Business API tidak perlu kuatir terhadap data dan informasi yang di share menggunakan Whatsapp Business API. Karena sistem keamanannya yang berlapis membuat kedua pengguna  baik pengirim maupun penerima pesan cukup aman .
  3. WA Business API : Memiliki fitur yang memungkinkan pengguna lebih interaktif dalam berkomunikasi. Aplikasi ini memang cukup menarik, terlebih dengan adanya beberapa fitur yang membuat komunikasi bisnis menjadi lebih informatif. Sehingga tidak salah jika pelaku bisnis tertarik untuk beralih ke Whatsapp Business API.
  4. WA Business API : Memiliki sistem dan model komunikasi dua arah. Dengan model komunikasi seperti ini maka kedua belah pihak memiliki kewenangan dan kesempatan yang sama dalam melakukan komunikasi.
  5. WA Business API : Mampu meningkatkan pelayanan, karena dengan adanya beberapa fitur yang cukup aplikatif maka WA Business API bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang handal bagi divisi customer service atau customer care.
  6. WA Business API : Dapat dengan mudah di integrasikan dengan aplikasi lain. Salah satunya adalah integrasi WA Business API dengan CRM ( Customer Relationship Management). Integrasi ini jelas memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis.
  7. WA Business API : Mudah dalam melakukan komunikasi dan hasilnya cepat di terima. Karena WA Business API dalam berkomunikasi bisa secara langsung dengan memakai chat atau bisa juga menggunakan chatbot dengan teknologi AI  (Artificial Intelegence)
  8. WA Business API : Bisa membuat pesan  yang anda kirimkan cepat  terbalas. Ini adalah salah satu  kelebihan Whatsapp Business API karena didalamnya terdapat  teknologi AI. Dengan teknologi ini,  sekalipun pengguna tidak sedang memegang HP tetapi pertanyaan customer tetap bisa di jawab dengan baik.
  9. WA Business API : Bahwa  account anda bisa terverifikasi dengan menggunakan nama perusahaan  anda. Dengan cara seperti ini maka kualitas dan eksistensi perusahaan semakin meningkat.
  10. WA Business API  memiliki fitur Chatbot  : Kelebihan dari Chatbot adalah bisa melakukan chatingan  dengan siapapun tanpa pemilik nomor  harus sedang memegang HP. Karena teknologi AI bisa menjalankan chatbot untuk menjawab chat  yang berasal dari customer selama 24 jam.
  11. WA Business API : Adanya layanan chatbot memungkinkan anda tidak akan terlewatkan dalam setiap inkuiri dari customer yang dikirimkan kepada anda.  Dengan kondisi seperti itu kapan saja dan dimana saja anda akan selalu bisa melayani customer dengan cukup baik.
  12. WA Business API : Lebih efektif dan efisien karena hanya dengan satu nomor dapat dipakai oleh ( di handle ) oleh lebih dari satu orang. Dengan model seperti ini maka akan makin meningkatkan efektivitas kerja dari SDM yang ada.
  13. WA Business API : Dapat meningkatkan customer experience dan dapat memprioritaskan customer service yang ada pada bisnis Anda. Dengan fitur chatbot yang terintegrasi dengan aplikasi ini. Saat pelanggan membutuhkan sebuah informasi produk dapat merespon secara otomatis kapan saja dan dimana saja.

3 FUNGSI UTAMA WHATSAPP BUSINESS API SEBAGAI PENUNJANG BISNIS ANDA

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Baca juga artikel berikut : SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API

Selain adanya 13 keunggulan yang secara  teknis bisa membuat pelaku bisnis merasakan besarnya manfaat dari penggunaan Whatsapp Business API. Juga aplikasi  ini memiliki 3 fungsi utama yang akan membuat perusahaan mampu meningkatkan kualitas layanannya kepada customer. Kenapa, karena kita semua tahu, customer adalah salah satu aset bagi perusahaan. Sehingga keberadan customer bisa memberikan dampak positif  bagi perusahaan.

  1. Whatsapp Business API : Dengan kelengkapan fiturnya bisa memberikan beragam informasi yang berguna bagi customer secara lebih mudah. Karena dalam Whatsapp Business API terdapat fitur yang bernama Broadcast message dan Schedule message. Keberadaan fitur – fitur tersebut dalam membantu perusahaan untuk mengirimkan berbagai pesan yang berupa data atau informasi kepada customer secara langsung melalui platform Whatsapp.
  2. Whatsapp Business API : Dengan kelengkapan fitur yang ada seperti fitur Chatbot dan Chatpanel, hal ini bisa mempermudah customer dalam melakukan komunikasi dengan perusahaan. Dengan adanya kedua fitur chat tersebut maka customer bisa menghubungi customer service atau customer care guna menjawab semua hal yang di butuhkan atau ditanyakan oleh customer.
  3. Whatsapp Business API : Dengan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh Whatsapp maka aplikasi ini bisa di gunakan sebagai media promosi bagi perusahaan. Hal ini adalah update terbaru yang diberikan oleh Manajemen Whatsapp bahwa saat ini pengguna boleh melakukan promosi dengan menggunakan Whatsapp Business API. Dan fitur yang tepat untuk melakukan hal itu adalah fitur Broadcast message dan  Schedule message.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".