STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Apa yang membuat Whatsapp Business API menjadi salah satu pilihan  terbaik pelaku bisnis. Jelas, hal itu dikarenakan dalam Whatsapp Business API  terdapat apa yang di sebut API ( Application Programming Interface). Model API ini lah yang akan membuat Whatsapp Business API berbeda dengan Whatsapp Business dan Whatsapp Regular.

Bagi  pelaku bisnis yang saat ini masih belum memutuskan menggunakan Whatsapp Business API. Perlu anda sekalian ketahui, bahwa API dalam aplikasi Whatsapp Business adalah icon atau fitur yang berfungsi sebagao Chatbot atau Chat Commerce.  Dimana fitur tersebut jelas memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dalam melakukan komunikasi bisnis dengan customernya.

Dimana kondisinya adalah, tergabungnya fitur messaging platform dengan WhatsApp for business API pada akhirnya memang membuat pengguna Whatsapp Business API seperti memiliki staff customer service yang siap sedia selama 24 jam untuk melayani customer. Harapannya adalah, dengan fasilitas  tersebut maka pengguna Whatsapp Business API akan bisa lebih maksimal dalam melakukan service kepada customernya.

Lantas yang jadi pertanyaannya adalah, apakah sulit melakukan sinkronisasi business dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Business API. Sebenarnya  untuk melakukan sinkronisasi tidak-lah sulit. Karena pengguna bisa menggunakan kinerja dua platform pendukung penjualan tersebut. Dimana media yang bisa di gunakan bisa dengan menggunakan seperti laptop dan handphone. Barulah setelah itu, aplikasi di singkronkan dari kedua media yang di gunakan kemudian dilakukan scan kode QR yang ada pada handphone. Jika kondisinya sistem yang ada terhubung dengan jaringan internet, maka aplikasi WhatsApp  Business API yang ada dapat melakukan fungsinya sebagai live chat commerce.

CARA MUDAH MELAKUKAN INTEGRASI WHATSAPP BUSINESS API AGAR BERFUNGSI SEBAGAI CHAT COMMERCER.

Baca juga artikel berikut : INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

Selain beberapa fungsi diatas, kelebihan lain yang menarik dari Whatsapp Business API adalah kemampuan aplikasi tersebut yang berfungsi sebagai media komunikasi layaknya Chat Commerce. Dimana untuk bisa mewujudkan kondisi tersebut, ada  beberapa hal yang sebelumnya mesti dilakukan agar integrasi yang terjadi benar-benar sesuai dengan apa yang di butuhkan  oleh pelaku bisnis. Karena satu hal yang mesti menjadi perhatian adalah, bahwa keberadaan WhatsappBusiness API memang di tujukan untuk memudahkan proses kerja para pelaku bisnis dengan dukungan aplikasi bisnis seperti WhatsappBusiness API.

Sedangkan fungsi dari Chat Commerce itu sendiri terdiri dari beberapa model, yang kesemuanya secara jelas memang bisa memberikan manfaat positif bagi pelaku bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Berguna untuk media mengirim pesan massal.
  2. Berguna sebagai sistem sales customer service
  3. Verifikasi Whatsappp Business API
  4. Berguna sebagai agen routing
  5. Berguna sebagai media untuk mengirimkan template pesan broadcast, hingga bisa menjadi sebuah manajemen yang berbasis datanya adalah data pelanggan. Dan yang lebih menarik lagi adalah bisa sebagai media obrolan dan media untuk membuat laporan kinerja secara continyu.

SISTEM KEAMANAN DAN PRIVASI ANDA TERJAMIN, KARENA ADA DALAM DNA KAMI

 

Konsep inilah yang juga menjadi salah satu dasar, kenapa pada akhirnya pelaku bisnis mulai mengalihkan model komunikasinya menggunakan Whatsapp Business API. Karena masalah privasi dan keamanan bagi para pelaku bisnis adalah sebuah hal yang paling penting. Mengingat bisnis yang mereka jalankan harus secara personal di lindungi dari orang-prang yang  tidak bertanggungjawab. Sehingga dengan adanya aplikasi WhatsappBusiness API seolah menjadi jawaban dari pertanyaan mereka hingga saat ini.

Ada dua model privasi dan sistem keamanan yang  terdapat dalam Whatsapp Business API. Dimana kedua sistem atau model tersebut jelas memberikan plus point  bagi Whatsapp Business API dibandingkan aplikasi bisnis lainnya.

  1. Sistem atau Model Perpesanan Pribadi

Adanya sistem Enkripsi  end to end pada aplikasi Whatsapp, memang pada akhirnya bisa memberikan satu kepastian bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca atau mendengarkan apa yang dikirim, dan tidak ada orang lain lagi yang bisa membacanya bahkan Whatsapp sekalipun. Kenapa, karena dengan sistem enkripsi secara end-to-end, pesan Anda telah diamankan dengan menggunakan sebuah kunci. Hanya penerima pesan dan Anda saja yang memiliki kunci khusus yang diperlukan untuk membuka kunci dan membaca pesan Anda. Semua kondisi tersebut  berjalan secara otomatis.

2. Sistem atau Model Perpesanan Bisnis

Tidak jauh beda dengan perpesanan pribadi, karena dengan perpesanan bisnis itu sendiri juga telah di lindungi  oleh apa yang disebut sebagai protokol enkripsi Signal yang sama. Sehingga hal itu bisa digunakan untuk mengamankan pesan sebelum pesan meninggalkan perangkat Anda. Jadi prosesnya adalah,  pada saat Anda mengirim pesan ke akun bisnis di WhatsApp, maka secara otomatis pesan Anda tersampaikan secara aman ke tujuan yang telah dipilih oleh bisnis.

In this article

Join the Conversation

four × two =