4 SALES TERBAIK DUNIA, SUKSES BERKAT KOMITMENNYA PADA PROFESI SALES

4 SALES  TERBAIK DUNIA, SUKSES BERKAT KOMITMENNYA PADA PROFESI SALES

Profesi sales memang saat ini menjadi salah satu profesi andalan yang ada dalam setiap perusahaan.  Bukan karena mereka adalah salah satu ujung tombak bagi perusahaan, tetapi karena dalam kondisi ekonomi yang belum pulih seperti saat ini maka peran profesional sales menjadi andalan perusahaan.

Mungkin dunia pernah tahu nama  4  orang profesional sales berikut : Zig  Ziglar, Erica Feidner, Dale Carnegie, serta Joe Girard. Mereka pernah menjadi profesional sales terbaik di bidangnya pada beberapa tahun yang lalu. Namun yang belum banyak kita tahu adalah, bagaimana komitmen yang mereka jalankan hingga bisa mencapai posisi terbaik tersebut.

Melihat keberhasilan yang pernah mereka capai, tidak ada salahnya jika kita mencoba melihat bagaimana mereka mengoptimalkan dirinya sebagai profesional sales : (1) Zig Ziglar : Ada statemen menarik yang selalu menjadi pegangan dirinya dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang profesional sales : Persiapan mental, Pahami dan Kuasai produk yang ingin anda jual dengan baik, Pergunakan rasa dan logika pada anda melakukan presentasi atau menawarkan produk kepada calon klien. (2) Erica Feidner : Ada satu hal menarik yang  membuat dirinya begitu di terima oleh siapapun. Profesinya dalam menjual alat musik piano tidak menjadikan dirinya kesulitan dalam menjual produk itu. Karena justru setiap orang yang bertemu dengan dirinya justru muncul ambisi dan rasa musical yang cukup tinggi. Sehingga kondisi itulah yang membuat dirinya mudah untuk melakukan penjualan (3) Dale Carnegie : Ada hal menarik  yang membuat dirinya selalu tampil prima di hadapan calon kliennya. Carnegie selalu melatih kemampuannya  dalam bidang publik speaking , serta mencoba selalu bisa mengendalikan kondisi apapun yang terjadi. Dengan cara seperti itu maka dirinya selalu sukses dalam “mengajak” orang untuk membeli produknya. (4) Joe Girard : Ketekunan dan keuletan dirinya pada akhirnya memang membuat dirinya sukses. Sekalipun pernah jatuh bangun dalam kaitan ekonomi dan sempat berhutang hingga US$60ribu. Tetapi dirinya berhasil bangkit, pada saat menjadi sales di Chevrolet dalam hitungan hari saja dirinya mampu menjual 18 mobil dan truck. Iya hanya dalam waktu 2 hari kesuksesan itu dia capai.

 

4 HAL  PENTING, PERAN DAN POSISI SALES ( MARKETING ) DALAM SEBUAH AKTIVITAS  BISNIS

 

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Mungkin kita belum banyak yang tahu apa saja sebenarnya job desk yang menjadi tugas dari seorang profesional sales (Divisi Marketing).  Dalam sebuah perusahaan, peran profesional sales bisa di bagi menjadi 4 peran utama dalam menunjang aktivitas di bidang Sales dan Marketing.  Dimana ke-4 bidang pekerjaan itu adalah : Marketing sebagai seorang Sales, Marketing sebagai seorang promotor  ( melakukan aktivitas promosi), Marketing sebagai seorang Riset dan Pengembangan hingga Marketing sebagai seorang implementasi dari sebuah konsep Marketing Communication.

Kenapa hal itu  bisa  terjadi, karena memang sebenarnya tugas dari seorang profesional sales harus melingkupi 4 hal tadi. Sehingga pada saat seorang profesional belum sukses, salah satu yang terjadi adalah  karena dirinya belum melakukan  ke-4 hal yang telah di jelaskan di atas.

 

MANFAAT WA BUSINESS API UNTUK  MARKETING

Profesional sales memang selalu mengupdate  kemampuan dirinya baik dalam hal  komitmen  pada profesi hingga perkembangan dalam bidang teknologi.    Karena hanya berkat kondisi seperti itulah, seorang profesional sales selalu menjadi pribadi yang menarik dimanapun  mereka berada.  Seperti kondisi saat ini, dimana teknologi menjadi salah satu media bagi profesional sales dalam bekerja.  Wajar jika pada akhirnya ketika perkembangan Whatsapp sudah semakin cepat, maka dirinya selalu berupaya menjadikan Whatsapp yang saat ini berkembang menjadi Whatsapp Business API menjadi senjata dirinya sebagai seorang sales profesional.

Kenapa demikian, karena keberadaan aplikasi WA Business API saat ini bisa mempermudah pekerjaan dan memperlancar proses penawaran dan FU kepada calon klien dan klien perusahaan. Karena WA Business API memiliki beberapa manfaat :

  1. WA Business API bisa meningkatkan kualitas pelayanan dari  team marketing kepada calon klien dan klien.
  2. WA Business API akan bisa membuat team marketing menjadi lebih profesional sehingga value perusahaan semakin meningkat.
  3. WA Business API bisa memberikan respon pelayanan yang lebih cepat dan terarah dari team marketing kepada klien dan calon klien. Karena beberapa fitur yang ada dalam WA Business API membuat pekerjaan  marketing menjadi lebih baik dan terstruktur.
  4. WA Business API bisa membuat pesan yang terkirimkan ke klien atau calon klien bisa lebih terorganisir dengan baik. Karena WA Business API memiliki model  template yang di pakai untuk mengirimkan pesan.
  5. WA Business API bisa dengan mudah di pakai untuk melakukan analisa dari bisnis yang di jalankan oleh perusahaan. Karena data dan informasi yang   didapat oleh team marketing dapat di kelola dengan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam WA Business API.

 FLOW KERJA WA BUSINESS API UNTUK  MARKETING

Ada tiga yang bisa dilakukan oleh team sales agar bisa menggunakan  WA Business API menjadi sebuah strategi bisnis yang baik.  Dimana dalam menjalankan proses kerjanya,  team marketing bisa melakukan 3 hal berikut yang terkait dengan implementasi WA Business API untuk meningkatkan penjualan :

  1. Pertama lakukan optimalisasi profil bisnis dari perusahaan anda. Dengan mengoptimalkan profil yang ada maka akan bisa meningkatkan performance bisnis ( value dari perusahaan). Beberapa hal yang bisa di lengkapi dari informasi menyangkut profil perusahaan adalah : Photo profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional hingga alamat wesbsite dan email perusahaan.
  2. Kedua cobalah untuk menggunakan Label, sehingga proses followupnya menjadi lebih mudah karena sudah diberikan labeling. Salah satunya adalah labeling yang menandakan mana yang sudah di FU dan mana yang belum di FU.  Dimana untuk WA Business API sendiri telah beberapa model label yang telah di sediakan : 1. Label New order  2. Label Pending payment   3. Label Paid   4. Label order complete.
  3. Ketiga adalah melakukan tindakan yang berupa Integrasikan WA Business API dengan saluran pemasaran yang perusahaan anda miliki, atau saluran pemasaran lainnya. Salah satu cara yang bisa di jalankan dalam melakukan integrasi sistem adalah dengan mengoptimalkan WhatsApp Business anda dengan menghubungkan WhatsApp Business dengan CRM. Dengan kondisi tersebut maka nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.

SOLUSI TERKINI IMPLEMENTASI WHATSAPP CRM ( WA BUSINESS API INTEGRASIK KE CRM)

Barantum sebagai sebuah perusahaan yang fokus dalam industri CRM. Dengan adanya kolaborasi bisnis dengan Manajemen WHatsapp, maka salah satu manfaatnya secara langsung adalah implementasi Whatsapp CRM dalam operasional bisnisnya.

  1. Whatsapp CRM akan mempermudah proses pendataan ( pengelolaan data ) dari sisi klien/ calon klien. Karena semua data hasil komunikasi bisa tersimpan dengan baik dalam CRM.
  2. Whatsapp CRM akan secara langsung melakukan otomatisasi service/ layanan yang diberikan oleh team marketing kepada klien /calon klien. Dimana komunikasi pesan yang terjadi lebih mudah karena menggunakan sistem template pesan.
  3. Whatsapp CRM akan mempermudah dan mempercepat respon yang diberikan team marketing kepada klien/calon klien. Karena team marketing yang bekerja tidak satu orang, sehingga semua hal terkait komunikasi dengan klien  bisa berjalan dengan lebih baik.
  4. Whatsapp CRM akan mempermudah proses kerja dari sebuah perusahaan yang bersifat administratif. Sehingga masalah pengiriman materi penawaran, promosi serta materi pengenalan produk lain yang biasanya calon klien/ klien bisa diselesaikan dengan cepat.
  5. Whatsapp Business API akan bisa menjaga dengan baik service dan pelayanan kepada klien . Sehingga  loyalitas customer bisa di jaga dengan baik.  Terlebih hal itu di dukung dengan adanya database customer yang tersimpan dalam CRM , makin memudahkan untuk team CS memaksimalkan service/ layanannya kepada customer/ calon customer.

 

 

In this article

Join the Conversation

18 − 12 =