10 PERUSAHAAN DUNIA DENGAN LAYANAN TEAM CUSTOMER SERVICE TERBAIKNYA

Pengertian-Customer-service-customer-experience

10  PERUSAHAAN DUNIA  DENGAN LAYANAN TEAM CUSTOMER SERVICE TERBAIKNYA

 

Customer service, bisa jadi saat ini menjadi salah satu kunci sukses bagi perusahaan dalam mempertahankan klien/customer. Karena pada saat kondisi sedang tidak  normal, maka peran customer service akan sangat di butuhkan oleh perusahaan, untuk menjaga dan memperkuat posisi layanan perusahaan kepada customer. Tinggal masalahnya adalah bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan kualitas service dari  team customer service.

 Siapa bilang peran team customer service tidak penting dalam sebuah perusahaan. Justru saat ini kita akan bisa merasakan bagaimana perusahaan sukses dalam mempertahankan customer lamanya, dan meningkatkan performance bisnisnya  berkat dukungan team customer service. Dan untuk membuktikan kondisi tersebut berikut kami akan coba sampaikan 10 perusahaan terbaik yang sukses dalam memberikan pelayanannya kepada customer/klien :

Perusahaan Chick-Fil-a

Perusahaan bergerak dalam restaurant cepat saji. Berlokasi di Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki menu favorite sandwich ayam dan staff-nya yang sangat sopan. Perusahaan ini pernah mencatat rekor 86,0  untuk layanan pelanggannya berdasarkan  hasil survey yang dilakukan oleh MS Money dan American Customer Satisfaction Index (ACSI).

Perusahaan Amazon

Perusahaan pengecer online terbesar di dunia ini pada awal berdirinya adalah sebuah toko buku online. Hingga pada akhirnya perusahaan yang memiliki layanan customer tertinggi dengan peringkat 57,3 ini  mendiversifikasikan lini bisnisnya dengan menjual  barang-barang rumah  tangga, elektronik, mode dan makanan. Satu hal yang menarik dari perusahaan ini adalah bahwa SDM-nya menghabiskan dua hari dalam setiap dua tahun masa bekerjanya  di meja layanan customer.

Perusahaan Hilton

Perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan hotel ini masuk dalam urutan terbaik ketiga dari 10 perusahaan yang memiliki  layanan pelanggan  terbaik di dunia.  Dimana angka yang di dapat dari perusahaan ini mencapai 41,8. Dengan point penting yang selalu menjadi keunggulan dari Hilton dalam melayani customer adalah tetap setia untuk memberikan kesan pengalaman tamu  yang luar biasa dengan kehangatan, keramahan, integritas, kepemimpinan  serta kerja team yang luar biasa.

Perusahaan United Parcel Service  ( UPS)

Bergerak dalam bisnis pengiriman dan logistik terbesar yang ada di dunia.  United Parcel Service  saat ini masih berada dalam naungan North America Inc. Salah satu keunggulan dari service yang  diberikan oleh UPS adalah kemampuannya dalam melacak paket yang ada di lapangan, mengubah lokasi pengiriman, serta dapat mengembalikan kiriman yang mengalami kerusakan begitu mereka menerimanya.  Perusahaan ini memiliki peringkat layanan sebesar 41,4.

Perusahaan FedEX

Kemampuannya dalam memberikan layanan yang terbaik bagi klien atau customernya selalu menjadikan perusahaan  FedEx konsisten menempati posisi  kelima sebagai  perusahaan  yang paling di kagumi dan di percaya  oleh konsumen di dunia. Dengan nilai sebesar  40,6 perusahaan  FedEx masih konsisten dalam memberikan layanan dari mulai transfortasi, e-commerce, serta layanan bisnis hingga menjanjikan keselamatan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Itulah daftar 5 perusahaan terbaik  yang mampu memberikan layanan kepada customernya secara sempurna. Sementara di urutan ke 6-10 lainnya  yang masuk dalam deretan 10 perusahaan terbaik  dalam memberikan layanan yang sempurna di tempati oleh : Perusahaan Google  yang bergerak dalam bidang Internet Search Engines dengan nilai 39,5, Perusahaan State Farm yang bergerak dalam dalam bidang Asuransi dengan nilai 37,9, dilanjutkan dengan Samsung, perusahaan  yang bergerak dalam bidang Barang Elektronik mendapatkan nilai 36,5. Serta dua perusahaan yang masuk dalam urutan ke-9 adalah Perusahaan Trader Joe’s dengan nilai 36,2 dan Perusahaan Lowe’s yang bergerak dalam bisnis Toko Jaringan asal Amerika Serikat dengan nilai 35,9.

 

MANFAAT WA BUSINESS API UNTUK CUSTOMER SERVICE

 

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Kini dalam Era Industri 4.0 dan memasuki Society 5.0, keberadaan teknologi menjadi salah satu support terbaik dalam memberikan  layanan kepada customer. Dimana salah satu supporting teknologi   yang terbaik bisa di lakukan oleh team customer service adalah penggunaan Whatsapp Business API. Dimana beberapa manfaat  yang bisa di dapat perusahaan ketika  team customer servicenya menggunakan Whatsapp Business API adalah sebagai berikut  :

  1. Dengan WA Business API, CS bisa menjadi lebih eksklusif
  2. Dengan WA Business API, CS dalam bekerja bisa lebih efektif dan efisien
  3. Dengan WA Business API, pekerjaan CS jadi lebih mudah karena platform WA banyak di gemari pelaku bisnis. Sehingga proses kerja  jadi lebih maksimal.
  4. Dengan WA Business API, optimalisasi pekerjaan bisa dilakukan selama 24 jam. Karena WA Business API memiliki chatbot yang bisa bekerja 24 jam.
  5. Dengan WA Business API, dapat memberikan data dan informasi secara real time.
  6. Dengan WA Business API, CS bisa dengan mudah mengalihkan dari chat agen ke chat bot atau sebaliknya. Sehingga semua informasi awal dari customer/ calon customer bisa di dapat dengan mudah.

 

FLOW KERJA WA BUSINESS API UNTUK CUSTOMER SERVICE

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Sementara untuk memudahkan team CS dalam proses kerja yang menggunakan WA Business API. Ada baiknya  divisi CS melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan job desk yang diberikannya :

  1. Kenali personality dari customer/ calon customer atau corporate yang menjadi target perusahaan anda.
  2. Sebaiknya perusahaan ( manajemen ) membentuk apa yang dinamakan team khusus WA Business API. Artinya ada team khusus CS yang menggunakan WA Business API dalam pekerjaanya.
  3. Lakukan aktivitas metting secara periodik dengan team CS. Sehingga semua hal bisa dengan mudah di prediksi dan di carikan solusinya jika ada masalah yang
  4. Dalam melakukan model komunikasi, coba atur pola komunikasi antara CS dengan customer/calon customer. Sehingga semua hal bisa dijadikan SOP sesuai kondisi yang ada.
  5. Agar hasil kerja team CS berjalan lancar, baiknya di sediakan nomor khusus WA Business API dalam satu perusahaan. Kemudian jangan lupa optimasikan akun WA Business API-nya
  6. Team CS harus benar-benar memperhatikan customer/ calon customer yang melakukan komunikasi dengan team CS.
  7. Langkah terbaik dalam melakukan komunikasi adalah, team CS membuat progress percakapan dengan customer/ calon customer. Sehingga datanya bisa terupdate dan di gunakan sebagai bahan analisa.
  8. Usahakan bagi team CS selalu mendekatkan diri kepada customer/ calon customer. Caranya dengan selalu mengupdate atau menginformasikan nomor WA Business APInya. Atau selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah ( hal ) yang dibutuhkan customer/calon customer.

SOLUSI TERKINI IMPLEMENTASI WHATSAPP CRM ( WA BUSINESS API INTEGRASIK KE CRM)

 

Barantum sebagai sebuah perusahaan yang fokus dalam industri CRM. Dengan adanya kolaborasi bisnis dengan Manajemen WHatsapp, maka salah satu manfaatnya secara langsung adalah implementasi Whatsapp CRM dalam operasional bisnisnya.

  1. Whatsapp CRM akan mempermudah proses pendataan ( pengelolaan data ) dari sisi customer / calon customer. Karena semua data hasil komunikasi bisa tersimpan dengan baik dalam CRM.
  2. Whatsapp CRM akan secara langsung melakukan otomatisasi service/ layanan yang diberikan oleh CS kepada customer/calon customer. Dimana komunikasi pesan yang terjadi lebih mudah karena menggunakan sistem template pesan.
  3. Whatsapp CRM akan mempermudah dan mempercepat respon yang diberikan team CS kepada customer/calon customer. Karena team CS yang bekerja tidak satu orang, sehingga semua hal terkait komunikasi dengan customer bisa berjalan dengan lebih baik.
  4. Whatsapp CRM akan mempermudah proses kerja dari sebuah perusahaan yang bersifat administratif. Sehingga masalah pembayaran atau hal yang bersifat administratif  bisa diselesaikan dengan cepat.
  5. Whatsapp Business API akan bisa menjaga dengan baik service dan pelayanan kepada customer. Sehingga  loyalitas customer bisa di jaga dengan baik.  Terlebih hal itu di dukung dengan adanya database customer yang tersimpan dalam CRM , makin memudahkan untuk team CS memaksimalkan service/ layanannya kepada customer/ calon customer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

10 − 1 =