5 Cara Blockchain Akan Mengubah CRM Menjadi Lebih Baik

Teknologi di balik cryptocurrency seperti Bitcoin dan Etherium mungkin belum menjadi alat pertukaran mata uang resmi tapi mendapatkan daya tarik dengan cepat. Masa depan cryptocurrency ini mungkin tidak pasti, tetapi Blockchain sendiri pasti akan bertahan. Teknologi blockchain telah membuka dunia kemungkinan dan berpotensi dapat merevolusi cara teknologi yang ada dan fungsi proses bisnis. Untuk itu, kami akan fokus pada bagaimana kemungkinannya Blockchain dapat mempengaruhi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) di masa mendatang.

Apa itu Blockchain?

Jika Anda belum terbiasa dengan Blockchain, izinkan kami membantu Anda mengenal Apa itu blockchain. Sederhananya, blockchain adalah daftar catatan yang saling terkait atau ‘blok’ yang terus berkembang. Blok ini secara kriptografis aman dan tahan terhadap gangguan eksternal apa pun. Blockchain berfungsi sebagai buku besar terbuka dan terdesentralisasi yang secara efektif melacak transaksi antar pihak secara permanen dan dapat diverifikasi.

Bagaimana Blockchain akan mengubah CRM

Dengan mengetahui dasarnya apa itu blockchain, selanjutnya kita akan membahas bagaimana Blockchain berpotensi mengubah CRM di tahun-tahun mendatang. Berikut adalah lima area yang dapat mendukung perkembangan CRM :

1. Keamanan yang ditingkatkan

Blockchain secara harfiah adalah rantai blok, di mana setiap blok berisi catatan transaksi. Setiap blok terhubung ke blok tetangga secara kriptografis. Ini diamankan dengan cara pengguna yang berpartisipasi menggunakan kunci jaringan untuk membatasi akses yang tidak sah. Selain itu, sebagian besar database CRM di-host di server cloud. Meskipun protokol keamanan cloud telah berkembang jauh, kekhawatiran tentang keamanan Cloud tidak sepenuhnya tidak berdasar. Terutama karena sistem yang terpusat dan dengan demikian, memiliki satu titik kegagalan yang melekat. Sedangkan, blockchain terdesentralisasi dan didistribusikan di seluruh jaringan peer-to-peer yang disinkronkan secara teratur. Ini membuat gangguan hampir tidak mungkin karena akan membutuhkan daya komputasi yang besar untuk mengakses seluruh blockchain. Akibatnya, kemungkinan penipuan dapat dihilangkan.

2. Transparansi Lebih Baik

Blockchain adalah entitas yang terdesentralisasi. Ini memungkinkan perusahaan Anda untuk secara aman dan transparan berurusan dengan pelanggan Anda tanpa memerlukan lembaga keuangan yaitu bank atau broker pihak ketiga. Penghapusan ‘perantara’ ini menghasilkan efisiensi dan kecepatan yang lebih besar dalam semua transaksi Anda.

3. Peningkatan Kontrol Privasi Pengguna

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan data pribadi, sistem CRM harus mengatasinya dengan menyesuaikan cara mereka menangani data pelanggan. Karena sifatnya yang terdesentralisasi dan aman, blockchain memberi jalan bagi gagasan tentang identitas berdaulat sendiri. Teknologi ini akan dapat menyimpan/mengenkripsi informasi pribadi dan memverifikasi tanpa benar-benar membagikan hal yang spesifik apa pun dengan pihak terkait. Ini memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas identitas mereka.

4. Pembersihan Data

Entah itu karena alat impor data yang tidak kompeten atau kelalaian manusia, pengguna CRM di seluruh dunia harus berurusan dengan data yang tidak akurat atau duplikat sampai batas tertentu. Dengan dukungan blockchain, pelanggan dapat memiliki kunci pribadi mereka sendiri yang menyajikan kepada perusahaan gambaran yang terpadu dan akurat tentang informasi pribadi mereka, transaksi masa lalu, langganan, dll. Oleh karena itu, blockchain membantu perusahaan-perusahaan ini menghindari masalah ketidakakuratan, usang, dan duplikat. catatan data sama sekali. Akibatnya, ini menghasilkan wawasan yang lebih baik tentang pelanggan dan membantu bisnis melibatkan mereka secara lebih efektif.

5. Program Loyalitas

Program loyalitas bertujuan untuk mendorong keuntungan dengan menambahkan nilai pada pengalaman pelanggan. Namun, karena jarak tempuh yang bervariasi, nilai yang mudah berubah, dan masalah privasi yang terkait, mereka terbukti tidak praktis bagi pelanggan dan menghasilkan ROI yang rendah. Namun, dengan cara yang sangat mirip dengan cryptocurrency, merek dapat menggunakan blockchain untuk menata kembali dan menghidupkan kembali program loyalitas mereka.

Dengan blockchain, konsumen akan memiliki satu dompet terdesentralisasi yang kompatibel dengan semua merek. Mereka tidak akan terikat oleh aturan dan batasan masing-masing merek dan penukaran poin akan sangat disederhanakan. Konsumen akan memiliki kendali yang jauh lebih besar atas seluruh pengalaman dan merek akan melengkapi dompet mereka dengan menawarkan penawaran yang lebih baik.

Blockchain Dapat Mendukung Pengembangan CRM

Blockchain tidak hanya akan mengubah cara kita mendekati CRM tetapi memiliki potensi untuk secara mendasar mengubah model operasi bisnis secara umum. Dengan teknologi yang masih dalam tahap awal, ini sepertinya klaim yang berani untuk dibuat. Namun mengingat semua kemampuannya, kami percaya itu adalah hal yang dapat dibenarkan.

Baca juga:Cara Membuat Perusahaan Anda Beradaptasi dengan Teknologi Baru

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang