5 CARA MENGUBAH CUSTOMER MENJADI LOYAL CUSTOMER SECARA MUDAH

5 CARA MENGUBAH CUSTOMER MENJADI LOYAL CUSTOMER SECARA MUDAH

Mengubah customer menjadi loyal customer merupakan tantangan bagi setiap bisnis. Karena Loyal Customer merupakan asset berharga bagi bisnis. Tidak ada di manapun sebuah perusahaan atau produk di bangun tanpa adanya customer atau klien. Karena sudah pasti setiap perusahaan atau produk memiliki customer/klien. Itulah yang saat ini menjadi kunci, gimana dalam kondisi yang sedang tidak normal, perusahaan bisa menjaga customer/klien menjadi loyal customer.


Dalam sebuah survey dan artikel yang pernah di sampaikan dalam Customer Acquisition vs Retention Costs – Statistic Trends. Jelas telah di sebutkan bahwa cost untuk mencari customer baru dibanding mempertahankan customer lama adalah  5x.  Artinya jika fokus perusahaan  hanya terus berupaya mencari customer baru tanpa mempertahankan customer lama, yang terjadi adalah kerugian bagi perusahaan yang bersangkutan.

Ada beberapa hal yang mendasari kenapa kondisi seperti ini terjadi. Seperti yang disampaikan oleh Gartner Group  bahwa, 20% dari customer lama sebuah perusahaan, jika di maintenance dengan baik mereka bisa menghasilkan 80% keuntungan  bagi perusahaan.

Dengan kondisi tersebut tidak heran memang jika pada akhirnya setiap perusahaan berharap customer yang ada saat ini bisa di kelola sehingga menjadi loyal customer. Terlebih saat ini dalam kondisi upnormal, dimana perusahaan sulit mendapatkan customer baru karena covid dan ekonomi yang belum kondusif. Maka strategi mempertahankan customer lama menjadi salah satu hal yang penting harus di jalankan.

5 STRATEGI MEMBUAT CUSTOMER MENJADI LEBIH LOYAL KEPADA PERUSAHAAN

 

Setidaknya dari pengalaman yang telah di jalankan oleh  beberapa perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang telah sukses menjadikan customer lama sebagai potensial marketnya. Maka kita bisa lihat ada sekitar 5 cara atau strategi yang bisa di jalankan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer lama hingga menjadi loyal customer.

  1. Biasakan untuk selalu memberikan  layanan atau service terbaik kepada customer.Pada dasarnya setiap orang jika sudah merasa nyaman dengan pelayanan dan apa  yang mereka dapatkan, maka sulit atau malas untuk berpindah ke lain hati ( perusahaan/ produk baru). Karena dirinya sudah tahu apa yang  terbaik untuk dirinya, sehingga akan terus mempertahankan apa  yang sudah dirinya dapatkan.
  2. Biasakan selalu terbuka terhadap semua hal yang berhubungan dengan customer.Setiap perusahaan atau produk sudah pasti tidak ada yang sempurna. Sehingga keterbukaan terhadap customer baik menyangkut masalah atau hal  lain yang berhubungan dengan pelayanan kepada customer harus terbuka. Jangan sekali-kali kita mengabaikan kepentingan customer. Sekali saja kita abaikan kepentingan customer maka  itu akan berdampak pada loyalitas customer selanjutnya.
  3. Biasakan untuk selalu menepati apa yang sudah di sepakati dengan customer.Kondisi ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada customer. Ambil contoh misalnya kita melakukan kesalahan atau kelalaian terhadap customer. Jangan malu untuk mengatakan bahwa kita salah atau lalai, dengan  menyatakan seperti itu maka customer justru akan semakin respect kepada kita.
  4. Biasakan untuk selalu melakukan kejutan atau program khusus kepada customer.Hal kecil namun bersifat human ( pendekatan secara personal) akan memberikan dampak yang besar kepada customer.  Kenapa, karena customer justru suka dengan hal-hal yang bersifat personal. Jadi biasakan untuk melakukan hal kecil  yang bersifat personality
  5. Biasakan untuk secara periodik membuat program-program loyality customer.Dengan adanya program-program yang di buat secara periodik, maka customer akan terbiasa atau menunggu adanya program-program tersebut. Semakin sering dan konsisten kita lakukan akan semakin membuat customer terikat dengan program-program yang kita buat sehingga sudah pasti akan memberikan dampak yang cukup signifikant bagi perusahaan.

BARANTUM, SELALU KOMITMEN DALAM MEMBERIKAN UPDATE LAYANAN KEPADA CUSTOMER

Baca juga artikel berikut : BARANTUM MENDAPATKAN APRESIASI “ BEST CUSTOMER RETENTION 2019 “

Sebagai sebuah perusahaan yang saat ini memiliki ribuan user dan berasal dari puluhan sektor industri yang menjadi kliennya. Barantum selalu berusaha untuk terus mengupdate pelayanan terbaik   untuk customernya. Salah satu yang saat ini sedang menjadi perhatian Barantum adalah dengan menjadi Official Partner dari WhatsApp Business API.

Salah satu dasar yang membuat Barantum melakukan hal itu adalah, karena Barantum merasa perlu untuk meningkatkan pelayanan kepada customer dengan menjalin kolaborasi dengan Manajemen Whatsapp.  Tujuannya adalah untuk memberikan satu instrumen terbaik yang bisa di gunakan oleh pelaku bisnis . Jika pada akhirnya CRM Barantum menjadi salah satu Official  Partner Whatsapp itu adalah bentuk komitmen Manajemen CRM Barantum untuk sektor bisnis di Indonesia.

Lantas dengan adanya kolaborasi tersebut, apa sejatinya yang  bisa di dapat oleh pelaku bisnis.  Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  WA Business dengan  terintegrasi CRM Barantum.

  1. WA Business : Dapat Meningkatkan Performance dari Manajemen  Sales & Marketing( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. WA Business : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis(karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. WA Business : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

In this article

Join the Conversation

one × 3 =