5 Cara Jadi Profesional Telemarketing Handal 

Telemarketing saat  ini bisa menjadi salah satu profesi yang cukup di segani. Betapa tidak, dengan kondisi ekonomi yang kurang kondusif, dimana kecenderungan untuk melakukan meeting tata muka menjadi berkurang. Maka salah satu yang bisa di optimalkan oleh perusahaan adalah mengoptimalkan para profesional telemarketing.


Bicara soal profesi telemarketing memang kita bicara soal kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi. Karena  basic skill dari seorang profesional telemarketing adalah komunikasi. Tetapi tahukah kalian, bahwa menjadi telemarketing profesional itu tidak lah sulit. Semua orang pasti bisa, tetapi  yang sulit adalah bagaimana menjadi profesional telemarketing handal.

Karena sejatinya berhasil atau tidaknya seorang telemarketing itulah yang akan menentukan seberapa profesional dirinya dalam menjalankan tugasnya.  Ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian manajemen perusahaan. Bahwa dengan adanya divisi telemarketing setidaknya perusahaan akan bisa meningkatkan  : (1) Performance bisnisnya menjadi lebih dari  yang sudah ada  (2) Perusahaan bisa di harapkan dapat meningkatkan  persentase penjualan produknya  (3) Dan yang paling penting adalah, revenue perusahaan bisa di tingkatkan.

Setidaknya untuk bisa menjadi seorang profesional telemarketing di butuhkan beberapa hal atau strategi komunikasi. Tujuannya adalah, agar apa yang menjadi target dari komunikasi tersebut bisa tercapai . Karena tanpa adanya strategi yang  jitu dalam menjalankan profesi  telemarketing  maka hasilnya akan kurang maksimal.

5 CARA MUDAH UNTUK MENGUBAH SISTEM KERJA TELEMARKETING MENJADI LEBIH HANDAL & PRODUKTIF

pelanggan lama vs pelanggan baru

  1. INGAT : Menjadi profesional telemarketing bukan sekadar melakukan komunikasi. Tetapi yang bersangkutan harus memiliki dasar yang kuat kenapa mesti melakukan.Jika seorang  telemarketing sudah mengetahui hal itu, maka tidak ada satu  komunikasi by phone yang sia-sia. Intinya adalah bahwa melakukan komunikasi harus  “SMART” . Karena bisa saja  yang kalian telephone adalah jajaran manajemen yang hanya memiliki waktu terbatas. Sehingga komunikasi yang kalian lakukan harus simple, efficient namun efektif . Sehingga hasil dari komunikasi  yang singkat itu bisa kalian jadian bahan awal untuk melanjutkan komunikasi selanjutnya.
  2. INGAT : Menjadi profesional telemarketing adalah anda harus sudah  tahu bagaimana membuka percakapan dengan calon klien. Sehingga komunikasi menjadi lebih efektif.Untuk itulah, ada baiknya anda sebelum berkomunikasi melakukan riset data singkat. Dengan riset tersebut anda akan tahu siapa yang anda hadapi dan seperti apa kebutuhan dari calon klien tersebut. Sehingga satu hal yang mesti di ingat adalah seorang telemarketing harus memiliki kemampuan product knowledge yang baik.
  3. INGAT : Menjadi profesional telemarketing anda harus memiliki strategi komunikasi yang  Cara  yang bisa di lakukan adalah dengan mengkombinasikan komunikasi dengan rumus 5W+1H ( Who,Why,Where, What, When ) dan How.Sehingga dengan mengetahui kondisi tersebut komunikasi yang anda jalankan bersifat 2 arah. Dengan adanya komunikasi 2 arah tersebut, konsep bicara yang akan anda jalankan bukan seperti menawarkan sebuah produk. Tetapi lebih kepada komunikasi  yang di jalankan antara seorang konsultan dengan kliennya.
  4. INGAT : Menjadi seorang telemarketing handal adalah, bukan berarti anda sedang jualan produk semata. Tetapi satu hal yang mesti kalian ingat adalah, cobalah untuk membuka networking terlebih dahulu. Dengan perspektif komunikasi yang anda jalankan seperti apa yang di jelaskan diatas. Maka komunikasi yang anda bangun akan  terasa lebih baik. Dan dampak positifnya adalah calon klien atau pihak yang anda telephone akan bisa berkomunikasi dengan lebih santai tanpa takut atas was was jika pada akhirnya akan di tawari sebuah produk. Membangun jaringan di awal itu lebih baik dari pada langsung jualan dan akhirnya komunikasi menjadi  1 arah.
  5. INGAT : Menjadi profesional telemarketing adalah sebuah proses. Artinya hal itu bukan berarti instan. Karena dengan perspektif yang salah justru akan membuat komunikasi anda menjadi tidak baik.Yakinkan diri anda, bahwa komunikasi awal ini adalah sebuah upaya untuk lebih bisa mendekatkan diri kepada calon klien. Sehingga tidak berharap bahwa komunikasi awal langsung deal membuat anda menjadi lebih nyaman dalam berkomunikasi.  Ingat bahwa semua pasti berawal dari satu proses. Dan proses itulah yang mesti anda pegang pada saat mulai melakukan komunikasi.

SISTEM CALL CENTER & CRM,  TOOLS PENTING BAGI PROFESIONAL TELEMARKETING HANDAL

 

Seorang profesional telemarketing juga mesti berpikiran “smart”. Untuk menjadi seorang telemarketing handal, mereka mesti bisa menggunakan tools yang bisa mempermudah pekerjaanya. Lantas, jika semua hal terkait skill performance dari seorang profesional telemarketing telah di bahas. Selanjutnya adalah mengenai tools atau alat bantu.

Bersyukur saat ini adalah sistem call center yang berbasis CRM (Customer Relationship Management). Sistem ini akan mempermudah pekerjaan seorang profesional  telemarketing dalam bekerja. Betapa tidak, jika komunikasi yang di jalankan seharian full  gimana caranya seorang telemarketing bisa merangkum semua yang jadi percakapan dari pagi hingga sore.

Menyikapi tingginya kebutuhan akan sistem call center yang terintegrasi. Maka Barantum sebagai perusahaan yang concern dalam penyediaan aplikasi CRM telah melakukan beberapa terobosan terkait inovasi dalam sistem call centernya. Seperti yang saat ini sudah banyak di gunakan  oleh beberapa kliennya, sistem call center yang sudah terintegrasi dengan CRM.  Terdapat beberapa keunggulan sistem yang bisa di pilih perusahaan dalam mengimplementasikan sistem call center dalam perusahaannya.

  • Sistem Call Center Barantum, saat ini sudah lebih secure. Karena data center atau cloudnya telah di pindahkan ke Indonesi. Hal ini akan memberikan banyak keuntungan dan kelebihan  bagi perusahaan yang menggunakannya.
  • Sistem call center Barantum, telah  terintegrasi  dengan sistem CRM. Hal ini membuat optimalisasi penggunaan call centernya  bisa di kembangkan menjadi divisi revenue atau penghasilan keuntungan bagi perusahaan. Kenapa, karena historical database yang di dapat dari komunikasi antara agen call center dengan customer, bisa menjadi dasar dalam pembuatan program loyality customer.
  • Sistem call center Barantum mampu memberikan efektifitas dan efisien dari sistem kerja yang di jalankan oleh perusahaan, karena selain sifat operasionalnya yang menarik karena menggunakan jaringan internet. Juga sistem yang ada telah terintegrasi dengan baik sehingga semua media social bisa di satukan dalam sebuah sistem dashboard di CRM

Baca juga artikel berikut : Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan Call Center Cloud Sistem

Disamping apa yang telah di jelaskan diatas. Barantum pun saat ini sudah lebih maju dalam kaitan optimalisasi sistem komunikasi bisnisnya. Dimana sejak di tunjuk menjadi  Official Partner dari WhatsApp, maka Barantum  CRM  telah terintegrasi dengan WhatsApp dalam penggunaan crm-nya.  Yang artinya semua hal yang dilakukan dalam percakapan dan komunikasi via WhatsApp pun hasilnya bisa terekam secara langsung dalam CRM Barantum.  Sebuah keuntungan dan kelebihan yang bisa di berikan oleh  Barantum. Selain  sistem Call Center yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. Juga crm-nya sendiri saat ini sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API.

Lihat artikel lain mengenai CRM di Google 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".