Inilah software retensi pelanggan yang harus Anda ketahui!

Tahukah Anda bahwa dengan meningkatkan retensi pelanggan, Anda juga dapat meningkatkan pendapatan secara drastis? Tapi apa sebenarnya retensi pelanggan, dan bagaimana Anda meningkatkannya?

Retensi pelanggan adalah strategi untuk membuat lebih banyak pelanggan Anda tetap setia pada merek dan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Strategi retensi yang sukses mengubah pembeli sekali menjadi pelanggan tetap yang setia yang sering melakukan pembelian dan merujuk teman mereka.

Baca jugaTips Mempertahankan Pelanggan

Untuk memaksimalkan retensi pelanggan, Anda dapat menggunakan beberapa sistem atau software. Salah satunya adalah CRM. Berikut 6 sistem yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan retensi pelanggan Anda.

1. CRM

CRM adalah sistem yang dapat membantu Anda mengelola semua hubungan pelanggan Anda. Anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah ada hubungan antara CRM dan retensi pelanggan?” Jawabannya iya.

Dengan melacak, mengoptimalkan, dan mempersonalisasi pengalaman pelanggan, Anda dapat meningkatkan perjalanan pembeli, proses penjualan, dan dukungan pelanggan. Selain itu, hal ini juga meningkatkan upaya pemasaran dan kepuasan pelanggan. CRM dapat membantu Anda mencapai semua ini di seluruh bisnis, tidak hanya di dalam organisasi penjualan Anda.

Faktanya, platform CRM seperti Barantum menawarkan fitur yang ideal untuk UKM dan bisnis perusahaan yang mencakup alat penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Tak lupa, Anda dapat mengintegrasikan layanan direct message dari berbagai platform media sosial ke CMS Barantum. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membuka platform media sosial satu per satu untuk berinteraksi dengan setiap pelanggan Anda. Semua pesan dari platform media sosial yang Anda gunakan terbentang dalam satu layar saja.

2. Program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan adalah cara mudah untuk meningkatkan retensi pelanggan. Ketika Anda pelanggan memberikan nilai tambahan kepada pelanggan untuk berbisnis dengan Anda melalui sistem poin atau program hadiah VIP, misalnya.  Ini membuat mereka sulit untuk berpaling dari bisnis Anda.

Program loyalitas memungkinkan Anda untuk menghargai lebih dari sekadar loyalitas. Anda dapat memberi penghargaan kepada pelanggan karena memenuhi tindakan menguntungkan lainnya seperti menulis ulasan, mengirim referensi ke teman, dan membagikan bisnis Anda ke media sosial.

Salah satu aplikasi program loyalitas ini adalah Yotpo. Yotpo membantu Anda menarik pelanggan baru dan yang sudah ada dengan program loyalitas dan penghargaan yang disesuaikan dengan merek atau produk bisnis. Software ini memudahkan untuk mempersonalisasi hadiah bagi pelanggan yang menyelesaikan tindakan yang memberi dampak positif pada bisnis Anda. Ada kampanye yang sudah dibuat sebelumnya dalam alat untuk membantu mempercepat proses ini. Anda juga dapat mengatur program loyalitas berbasis tingkatan berdasarkan faktor tingkatan pilihan Anda seperti poin, jumlah uang yang dihabiskan, jenis pembelian, dan referensi.

3. Gamifikasi

Penerapan mekanika game tidak hanya untuk aplikasi seluler dan video game. Anda dapat memanfaatkan kekuatan gamifikasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan perjalanan pembeli.

Dengan gamifikasi, Anda dapat mendorong pengguna dan pelanggan untuk menyelesaikan tindakan yang disukai. Misalnya mengonversi, melakukan pembelian lagi, merujuk teman mereka, mendaftar ke buletin email Anda, mengikuti Anda di media sosial, dll. Situs yang menggabungkan gamifikasi mencapai hal ini dengan memiliki papan peringkat, status, kuis, lencana, dan penghargaan. Dengan begitu, pembeli dapat menunjukkan posisi mereka relatif terhadap orang lain dan/atau terus mendapat manfaat dari loyalitas mereka terhadap merek Anda.

Mambo.io adalah software keterlibatan dan gamifikasi perusahaan yang dapat disesuaikan dengan pelanggan, karyawan, atau keduanya. Hadiahi pelanggan yang berdampak pada rekomendasi pelanggan baru dan pembelian berulang. Ada beberapa cara untuk menggunakan fitur gamifikasi Mambo.io untuk melibatkan pengunjung situs web biasa Anda dan juga mengonversinya secara efektif. Pada akhirnya, software ini mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Dan berbicara tentang loyalitas, ada program loyalitas berbasis hadiah yang dapat Anda buat dan tawarkan di situs web Anda menggunakan Mambo.io untuk mendorong pelanggan Anda kembali untuk melakukan lebih banyak pembelian.

4. Alat personalisasi

Personalisasi memungkinkan Anda meningkatkan retensi pelanggan melalui pengalaman yang relevan dan disesuaikan dengan merek Anda. Ini mengharuskan Anda untuk mengumpulkan data tentang pelanggan Anda yang nantinya dapat Anda gunakan untuk membuat rekomendasi dan menyesuaikan promosi dengan kebutuhan individu setiap pelanggan.

Personalisasi membuat pelanggan merasa seolah-olah mereka sedang berinteraksi dengan bisnis kecil yang memiliki waktu untuk mengenal mereka, mengingat mereka, dan peduli dengan mereka sebagai individu.

Ada begitu banyak titik kontak yang dapat Anda sesuaikan sepanjang perjalanan pembeli untuk meningkatkan retensi pelanggan. Salah satu yang paling sederhana dan paling umum adalah email. Untuk mempersonalisasi email, Anda dapat:

  • Sapa orang tersebut dengan nama dan/atau gelar.
  • Referensi tingkat atau jenis pelanggan mereka.
  • Berikan konteks seputar interaksi Anda sebelumnya dengan mereka.
  • Otomatiskan tindak lanjut (dengan urutan) sehingga pesan dikirim setelah kriteria tertentu terpenuhi atau saat pelanggan sudah terlibat.
  • Personalisasi konten berdasarkan salah satu nilai kontak di CRM Anda.
  • Berikan artikel basis pengetahuan atau artikel blog yang relevan berdasarkan pembelian terbaru mereka.

CRM Barantum membantu Anda menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dari ujung ke ujung untuk pelanggan Anda.

Personalisasikan semua interaksi di seluruh pengalaman pelanggan, seperti kampanye pemasaran untuk setiap prospek dan pelanggan Anda. Personalisasi email dan konten dalam email tersebut untuk setiap penerima untuk meningkatkan rasio klik-tayang, pemeliharaan prospek, dan penilaian juga.

Baca juga: Customer Experience: Pengalaman Pelanggan dan Strateginya

5. Software layanan pelanggan (customer service)

Software layanan pelanggan membuat proses memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan menjadi lebih mudah. Hasilnya, kepuasan pelanggan meningkat, begitu pula retensi dan loyalitas pelanggan.

Software layanan pelanggan dapat mencakup alat seperti helpdesk, basis pengetahuan, obrolan langsung, chatbot, tiket, dan kotak masuk percakapan. Semua fitur ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan masalah dan kebutuhan pelanggan secara efisien dan berkolaborasi secara internal dengan mudah.
CRM Barantum memudahkan kinerja layanan pelanggan  Anda dan membuat pelanggan tetap setia kepada perusahaan Anda. CRM ini dilengkapi dengan alat percakapan untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan dan staf sales. Semua fitur dalam CRM Barantum berfungsi sebagai cara efektif untuk melayani pelanggan Anda secara efisien serta menentukan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan apa yang perlu ditingkatkan. Fitur-fitur yang ada berkontribusi pada kemampuan staf sales Anda untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan, membangun rasa percaya, mempersonalisasi dukungan, dan mendapatkan umpan balik untuk meningkatkan pengalaman dan retensi pelanggan untuk jangka panjang.

6. Software umpan balik pelanggan

Software umpan balik pelanggan lebih dari sekadar cara untuk mensurvei pelanggan Anda. Ini adalah kesempatan untuk memulai percakapan dengan orang-orang yang memiliki opini kuat tentang bisnis Anda. Ini dapat mencegah pengurangan pelanggan di antara pelanggan yang baru-baru ini memiliki pengalaman negatif dengan perusahaan Anda. Lagi pula, jika mereka telah melalui upaya untuk meninggalkan ulasan, mereka kemungkinan akan tertarik untuk mendengar dari tim layanan pelanggan Anda.

Bahkan ulasan positif menghadirkan peluang tepat waktu untuk menyenangkan pelanggan. Misalnya, jika pelanggan meninggalkan umpan balik positif, kirimkan surat terima kasih kepada mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk melampaui pelanggan Anda dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar peduli dengan tanggapan mereka.

Software umpan balik pelanggan membantu Anda memahami pelanggan Anda pada tingkat individu sehingga Anda dapat secara efektif mengidentifikasi area untuk pertumbuhan. Kirim survei  dengan mudah untuk mendapatkan umpan balik kualitatif dan kuantitatif dari pelanggan Anda. Anda dapat mengirimkan survei ini langsung ke penerima melalui email sehingga mereka dapat mengakses dan meresponsnya dengan cepat.

Pertahankan Pelanggan untuk Tumbuh Lebih Baik

Retensi pelanggan adalah kunci pertumbuhan bisnis. Tidak cukup hanya menarik prospek dengan konten yang menarik atau menutup pelanggan baru dengan banyak keuntungan.

Untuk menonjol dalam vertikal yang semakin kompetitif, bisnis perlu mempertahankan pelanggan dengan membantu mereka menjadi sukses dan dengan menyenangkan mereka sehingga mereka terus kembali untuk melakukan lebih banyak bisnis dengan Anda, merujuk teman mereka, dan akhirnya, membagikan merk Anda ke mana-mana.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".