Bicara  bisnis dan kaitannya dengan eksistensi sebuah bisnis, maka ada dua hal  yang selalu menjadi perhatian sebuah perusahaan. Pertama sudah pasti bagaimana perusahaan bisa menstabilkan revenue perusahaan dan kedua bagaimana perusahaan bisa optimal dalam mengelola database customer.  Jika kedua hal ini bisa di jalankan dengan baik maka sudah pasti perusahaan akan bisa tetap survive seperti apapun kondisi di sektor mikro dan makro ekonominya.

Terkait dengan bagaimana sebuah perusahaan mampu melakukan kedua hal tadi secara konsisten. Maka kita harus melihat sejauh mana perusahaan mampu menjalankan sistem operasional bisnisnya secara benar. Salah satu yang bisa di lihat adalah bagaimana perusahaan bisa menjaga database yang terdapat di dalam perusahaan agar bisa menjadi salah satu plus point  dalam merancang sebuah strategi yang bagus.

Baca juga artikel berikut : https://www.barantum.com/blog/crm-whatsapp/

Jika memang saat ini anda sedang bingung tentang cara atau strategi apa yang harus anda lakukan dalam menyikapi kondisi seperti yang  telah di jelaskan diatas. Maka anda perlu tahu apa yang dinamakan CRM ( Customer Relatioship Management). Ini adalah sebuah aplikasi yang saat ini bisa menjadi salah satu strategi perusahaan dalam mengoptimalkan potensi yang di miliki perusahaan.

Untuk membantu anda melihat apakah perusahaan anda membutuhkan CRM atau tidak saat ini, maka kami coba berikan 7 indikator awal terkait apakah perusahaan anda membutuhkan CRM untuk menunjang keberhasilan operasional bisnisnya atau tidak.

INFORMASI  YANG BERHUBUNGAN DENGAN CUSTOMER

Indikator : 1 Apakah saat ini anda memiliki atau tidak memiliki  sistem pengelolaan data yang teratur mengenai pelanggan. Dimana semua data  tentang pelanggan tercampur atau sudah terpisahkan berdasarkan kategori, sehingga pada saat di butuhkan bisa cepat di dapat.

Indikator : 2 Apakah pada saat staff anda membutuhkan detail data yang berhubungan dengan klien atau customer.  Tetapi anda atau perusahaan tidak yakin bahwa anda bisa menyediakan data yang diminta dengan cepat dan sesuai dengan apa yang di minta.  Karena sudah sejak lama database yang ada di tidak di update sesuai kebutuhan.

Nah jika pada saat ini perusahaan anda   tidak memenuhi atau memiliki kedua hal yang telah di jelaskan di atas, maka itu artinya perusahaan anda sudah saatnya memiliki aplikasi CRM yang akan bisa menjadi solusi dari ke-2 indikator yang di jelaskan diatas.

 

INFORMASI YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANAJEMEN PENJUALAN

integrasi whatsapp api dengan barantum CRM

Indikator :1 Pada saat anda sedang melakukan rapat, dengan mengundang team sales yang ada. Maka ketika sales berbicara dengan menggunakan pipeline yang sama, dan sales hanya bisa mengatakan bahwa pelanggan atau calon klien sedang sibuk atau penjualan masih dalam proses tanpa di jelaskan  kapan waktunya. Maka pada akhirnya anda dan  manajemen tidak yakin dengan jawaban yang diberikan  oleh team sales.

Indikator 2 : Bahwa ketika perusahaan anda telah menggunakan seorang digital marketing, dan progressnya setiap minggu telah memberikan data prospek. Tetapi pada akhirnya anda atau manajemen tidak bisa melakukan pengecekan terhadap semua data prospek, apakah sudah  di tindak lanjuti atau belum.

Indikator 3 : Kondisinya bahwa calon pelanggan atau pelanggan yang sedang anda prospek tidak mendapatkan telepon dari team sales. Tetapi pada saat mereka mendapatkan telepon maka telepon tersebut justru berasal dari 3 orang sales yang berbeda-beda pada hari yang sama hanya wakunya saja yang berbeda.

Jika anda dan manajemen perusahaan anda mengalami hal seperti tiga indikator diatas, dan hal  itu berlangsung terus menerus tanpa adanya perubahan yang signifikan. Maka sudah bisa di pastikan bahwa perusahaan anda membutuhkan aplikasi CRM untuk  menunjang kerja team sales dalam memfollowup  calon prospek yang di miliki perusahaan. Karena aplikasi seperti CRM juga bisa membantu team sales untuk bisa melacak waktu berapa lama sales anda menerima informasi dan menghubungi prospek tersebut.

 

INFORMASI YANG BERHUBUNGAN DENGAN  AFTER SALES

Indikator 1 : Permasalahan yang sering terjadi, ketika pelanggan anda merasa kecewa yang disebabkan karena mereka menghubungi kantor anda karena keluhan atau kendala yang terkait dengan produk anda tidak segera di carikan solusinya. Sehingga kendala itu berlarut –larut   tanpa kejelasan. Tetapi pada saat anda bertanya kepada team support atau technical support mereka mengatakan masalah sudah di selesaikan dengan baik.

Indikator 2 : Kondisi yang terjadi adalah bahwa team technical support atau team after sales memberikan solusi kepada pelanggan atau customer justru bukan solusi yang mereka minta. Sehingga  tidak terjadi sinkronisasi antara apa yang di tanya dengan yang di  jawab. Sehingga anda atau manajemen tidak tahu mana dari keduanya  yang benar atau salah karena tidak ada riwayat  datanya.

Jika kondisi itu terjadi, maka bisa di pastikan bahwa perusahaan anda membutuhkan alat bantu yang bernama CRM.  Karena CRM bisa menjadi media untuk mencatat dan merecord semua hal yang berhubungan dengan costumer  baik masukan, kritikan atau solusi yang diberikan kepada customer.  Karena pada dasarnya aplikasi CRM bisa meningkatkan ketelitian, kecermatan , transparansi data yang  terjadi dari kedua belah pihak.  Sehingga dari kondisi tersebut tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyelesaikan sebuah masalah. Dengan adanya data, anda bisa melacak efisiensi dan produktivitas staff anda sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan produktivitas.

Kini perkembangan CRM semakin cepat, dimana dengan adanya integrasi dengan Whatsapp menjadi Whatsapp CRM maka fungsi CRM menjadi lebih maksimal. Karena komunikasi  bisnis yang terjadi dengan klien atau customer bisa langsung menggunakan Whatsapp  yang nantinya bisa langsung tersimpan di CRM.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".