Siapa bilang profesional sales hanya bersifat “ passion”. Nyatanya seorang profesional sales pun harus mampu mengkombinasikan antara passion dengan perkembangan teknologi yang ada.  Karena passion saja untuk kondisi saat ini, pada saat ekonomi belum dalam kondisi normal menjadi satu tantangan bagi profesional sales  untuk melakukan closing dalam setiap presentasinya.Sehingga bisa di katakan ketika seorang sales memiliki kualitas negosiasi  yang baik, serta di tambah adanya implementasi teknologi yang tepat maka sudah pasti apapun pekerjaan yang di berikan kepadanya sudah pasti akan bisa di jalankan dengan baik.

Teknologi dan inovasi dalam melakukan sebuah negosiasi bisnis, saat ini bisa di katakan jadi satu strategi jitu bagi profesional sales. Karena sekalipun  anda kurang ahli dalam melakukan negosiasi, tetapi jika anda didukung dengan implementasi teknologi yang handal maka bisa dikatakan proses negosiasi anda bisa jadi akan menjadi sempurna.

Yang jelas, apapun konteks situasi dan kondisinya ketika anda sebagai seorang profesional sales telah di dukung passion dan kemampuan negosiasi serta adanya implementasi teknologi. Maka tidak perlu bingung dengan kondisi saat ini karena anda selangkah sudah  lebih baik dari mereka yang mengatakan bahwa sales itu murni sebuah passion.

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Ada 7 hal yang mesti menjadi perhatian seorang profesional sales dalam strateginya untuk menyukseskan negosiasi yang di jalankannya.  Dimana ke-7 hal tersebut pada akhirnya  bisa menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan proses negosiasi :

  1. Pada saat negosiasi usahakan selalu mendengarkan lawan bicara kita

Hal ini menjadi penting, karena jangan sampai kita seperti ingin menguasai pembicaraan. Sehingga dengan kondisi seperti ini akan terjadi saling menghargai antara  kedua belah pihak yang melakukan negosiasi.

  1. Sebaiknya melakukan negosiasi dengan penentu kebijakan ( decision maker )

Memang melakukan negosiasi dengan decision maker adalah salah satu cara yang  lebih efektif dan efisien. Karena kita akan lebih cepat mendapatkan keputusan dari materi  yang kita diskusikan. Beda jika orang  yang kita ajak bernegosiasi bukan penentu kebijakan.

  1. Pada saat negosiasi usahakan berfikir soal posisi lawan bicara ( klien )

Ada baiknya juga pada saat kita melakukan negosiasi kita posisikan diri kita dalam posisi klien.  Dengan begitu kita akan tahu plus dan minusnya terkait apa yang menjadi penawaran kita. Jika kita selalu memposisikan diri kita pada posisi sebenarnya kita maka di kuatirkan kita akan cenderung ingin menguasai pembicaraan.

  1. Sebaiknya pada saat melakukan negosiasi utamakan kepentingan klien bukan sekadar uang

Memang mengutamakan kepentingan klien salah satu hal penting dalam bernegosiasi. Jangan selalu berorientasi pada  uang, karena tidak selamanya negosiasi  itu harus di kaitkan dengan uang .

  1. Pada saat melakukan negosiasi sebaiknya dalam posisi tetap tenang dan fokus

Dengan posisi kita  yang tenang, maka kita akan fokus dalam melakukan negosiasi.  Karena sebaliknya jika kita tidak tenang, maka kita tidak akan bisa fokus dengan apa yang menjadi tujuan kita.

  1. Jika negosiasi yang di lakukan berhubungan dengan penawaran maka fokuslah dengan harga   yang di tawarkan

Satu hal yang penting  harus menjadi perhatian kita. Jika memang apa yang kita negosiasikan berhubungan dengan harga,  maka kita harus fokus jangan sampai justru kita keluar dari fokus tersebut.

  1. Sebaiknya pada saat melakukan negosiasi persiapkan dengan matang informasi yang ingin kita sampaikan.

Informasi dan data yang lengkap menjadi salah satu kunci untuk bisa memenangkan sebuah negosiasi bisnis. Karena kelengkapan sebuah informasi menjadi satu  hal penting agar kita bisa dengan tenang memenangkan negosiasi tersebut, dan pada akhirnya  kedua belah  pihak mendapatkan manfaat dari adanya negosiasi bisnis tersebut.

 WA BUSINESS API, KOLABORASI  MENARIK ANTARA BARANTUM DENGAN MANAJEMEN WHATSAPP : WHATSAPP CRM ADALAH SOLUSINYA

 Memang selain kemampuan dalam hal bernegosiasi bisnis, seorang profesional sales mesti memiliki tools yang bisa memperkuat posisi dirinya sebagai sales profesional. Itulah yang menjadi salah satu dasar,  kenapa pada akhirnya Barantum bernegosiasi dengan Manajemen Whatsapp untuk membentuk Whatsapp Official Partner Indonesia.

Ada dua hal yang membuat kondisi itu terjadi : (1) Barantum dengan produk CRM Integratednya telah menjadi sarana ( tools ) bagi profesioanal sales dalam menjalankan tugasnya. Sehingga bisa di katakan  keberadaan CRM menjadi tools  terkini yang bisa di gunakan oleh para profesional sales. (2) Whatsapp dengan pengembangan  aplikasinya saat ini berkembang apa yang di sebut Whatsapp Business API. Inilah yang membuat Barantum merasa jika konsep Whatsapp Business API di integrasikan dengan CRM maka hasilnya bisa menjadi maksimal.

Karena seperti  yang telah di jelaskan diatas, dengan pelaku industri/bisnis menggunakan  Whatsapp Business API setidaknya  ada tiga manfaat yang  bisa di dapat : (1) Perusahaan akan dimudahkan dalam berkomunikasi dengan customer dan  mitra bisnis. Karena fitur dalam Whatsapp tersebut sudah mendukung kelancaran sistem komunikasi bisnis yang di harapkan kedua belah pihak. Terlebih bagi pelaku bisnis yang saat ini sedang menjalankan model bisnis E-commerce. Keberadaan kontak bisnis sebagai media komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki.  Dengan  kontak bisnis tersebut  sangat membantu dalam upaya mengoptimalkan hubungan dengan customer/ pelanggan.

(2) Perusahaan jadi  lebih terlihat kredibel  terpercaya dan memudahkan  bagi calon customer atau mitra bisnis mudah dalam melakukan penilaian terhadap kondisi perusahaan yang bersangkutan. Hal itu tentu saja karena adanya Profil Bisnis / Perusahaan yang terdapat pada profil Whatsapp Business API.  Dan pada akhirnya  profil bisnis tersebut juga bisa di gunakan sebagai branding produk dan perusahaan. (3) Perusahaan di mudahkan dalam program Promosi atau melakukan Branding bagi perusahaan dan produk. Karena dengan adanya fitur katalog dan kategori bisnis, semua  itu sangat membantu perusahaan untuk bisa di kenal dan memperkenalkan profil perusahaan sebagai sebuah aktivitas promosi dan strategi marketing yang cukup menarik.

Dengan semua kondisi itulah, yang membuat keberadaan kolaborasi  Barantum dan Whatsapp makin  lengkap.   Dimana kita tahu dengan beragam fitur istimewa tersebut  membuat perusahaan  telah memiliki beberapa keunggulan.  Keunggulan tersebut sangat berguna untuk menjalankan aktivitas bisnis dari perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan  dengan adanya tambahan aplikasi CRM Barantum, maka semua hal yang berhubungan dengan database customer, calon customer maupun mitra bisnis perusahaan bisa tertata dan di maintenance dengan cukup baik dengan bantuan aplikasi CRM. Sehingga jika semua sisi bisnis dari perusahaan sudah tertangani dengan baik tinggal pelaku bisnis berfikir bagaimana merencanakan  beragam terobosan dan strategi bisnis untuk bisa meraih revenue lebih banyak. Karena secara sistem dan struktur operasional sudah tercover dengan cukup baik dengan adanya integrasi Whatsapp dan CRM.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments