Cara After Sales Tetap Optimal Saat Lebaran

Saat Lebaran tiba, aktivitas bisnis sering mengalami peningkatan. Tiap bisnis akan menghadapi tantangan untuk menjaga kualitas layanan after sales yang optimal di tengah padatnya kegiatan Lebaran. Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda. Memahami hal tersebut, dalam artikel ini kami akan membagikan tips after sales tetap optimal saat Lebaran yang bisa Anda implementasikan ke dalam bisnis Anda.

Dengan menerapkan tips ini, harapan kami Anda dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan loyalitas mereka terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan. Jadi, tunggu apalagi, yuk baca artikelnya sampai selesai sekarang!

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

Apa Itu After Sales?

After sales adalah serangkaian kegiatan dan layanan yang diberikan oleh sebuah bisnis setelah produk atau jasa yang mereka tawarkan telah terjual kepada pelanggan. Tujuannya untuk memastikan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Layanan after sales dapat mencakup dukungan teknis, perbaikan dan pemeliharaan produk, pelatihan pengguna, dan garansi atau klaim garansi. Dalam beberapa kasus, after sales juga dapat meliputi penjualan tambahan atau promosi produk baru kepada pelanggan yang sudah ada.

Pentingnya after sales tidak bisa diabaikan karena konsumen sering kali menginginkan dukungan setelah membeli produk atau jasa. Dengan memberikan layanan after sales yang baik, Anda dapat membangun citra yang baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini juga dapat membantu perusahaan dalam memperluas basis pelanggan mereka melalui referensi dari pelanggan yang puas. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan layanan after sales sebagai bagian penting dari strategi pemasaran dan pengembangan bisnis mereka.

Apa Contoh Yang Bisa Dilakukan Bisnis Untuk Optimalkan After Sales Saat Lebaran?

strategi meningkatkan penjualan jelang ramadhan

Adapun contoh yang bisa dilakukan bisnis untuk optimalkan after sales saat Lebaran, sebagai berikut:

1. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Pelanggan Secara Personal

Setelah pelanggan melakukan pembelian adalah tindakan yang sederhana tetapi efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai pelanggan yang telah memilih menggunakan produk/layanan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan momen Lebaran untuk mengirimkan ucapan selamat atau pesan yang lebih personal kepada pelanggan untuk memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan. Untuk mengirimkan pesan secara personal kepada pelanggan Anda, bisa menggunakan WhatsApp Blast dari Mitra Resmi Tepercaya Barantum. Sehingga Anda bisa mengirimkan pesan ucapan terima kasih secara personal ke seluruh kontak pembeli dalam sekali klik.

2. Menanyakan Feedback Secara Berkala

Selain mengucapkan terima kasih, Anda juga dapat menanyakan feedback pelanggan secara berkala tentang pengalaman mereka dalam menggunakan produk atau jasa bisnis. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki layanan mereka dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan pelanggan. Anda dapat mengirimkan survei kepada pelanggan melalui email, media sosial, atau telepon untuk mendapatkan feedback. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi seperti Barantum CRM untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih personal dan mengelola data feedback pelanggan. Dalam CRM, Anda bisa membuat survei CRM berisi pertanyaan terkait kepuasan pelanggan. Sehingga dalam menanyakan feedback, bisnis Anda memiliki standar yang perlu dilakukan tiap agen. Selain itu, jawaban survei pun dapat tersimpan di dalam satu sistem.

3. Memberikan Layanan Fast Response

Terakhir, Anda perlu memberikan pelayanan yang cepat saat ada pembeli yang bertanya atau memiliki kendala dalam menggunakan produk Anda. Hal ini bertujuan agar mereka tidak merasa Anda hanya baik saat membutuhkan pelanggan untuk membeli. Namun, setelah membeli, bisnis malah mengabaikan mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan sistem yang mampu membantu mengoptimalkan proses penanganan layanan pelanggan. Misalnya, Anda menggunakan fitur chatbot untuk membalas pesan secara otomatis. Sehingga pelanggan lebih cepat mendapatkan solusi yang mereka butuhkan. Terlebih untuk pertanyaan umum yang sering diajukan pelanggan mengenai produk Anda. Dengan penggunaan chatbot, agen Anda pun tidak perlu stand by saat Lebaran. Sehingga Anda dan tim bisa menikmati momen Lebaran dengan bersantai.

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

Bagaimana Cara Optimalkan After Sales Saat Lebaran?

Cara mengoptimalkan after sales saat Lebaran dapat Anda lakukan dengan menggunakan CRM. Salah satu CRM terbaik yang bisa Anda miliki, yaitu Barantum CRM. Barantum CRM dapat membantu bisnis Anda dalam mendata pembelian pelanggan secara terpusat dalam satu sistem. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam CRM, Anda dapat mengelola data pelanggan dan informasi pembelian mereka dengan mudah. Hal ini memudahkan tim Anda atau staf bisnis untuk melakukan follow up pelanggan lebih efektif dan menanyakan feedback dari mereka secara terstruktur.

Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan fitur WhatsApp Blast dalam Barantum CRM untuk mengirim pesan ke seluruh pembeli secara personal. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengirim pesan yang ditujukan secara spesifik untuk setiap pelanggan dan menjalin kedekatan dengan mereka lebih erat. Pesan yang dikirim dapat berisi ucapan terima kasih, promo atau diskon khusus, atau bahkan pesan Lebaran yang personal.

Selain fitur WhatsApp Blast, Anda juga dapat memanfaatkan fitur chatbot untuk membalas pertanyaan pelanggan terkait detail produk dan layanan yang mereka beli. Dengan adanya chatbot, pelanggan dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat dan tanpa harus menunggu lama. Chatbot juga dapat membantu menjawab pertanyaan umum terkait produk atau layanan yang sering diajukan oleh pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan purnajual yang diberikan oleh bisnis Anda.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".