Survey Pelanggan Lebih Efisien dengan Fitur Survey CRM

Survey pelanggan adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi tentang apa yang diinginkan pelanggan. Dalam bisnis, informasi ini sangat penting karena dapat membantu dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan.

Namun, survey pelanggan tidak hanya sekadar menanyakan pertanyaan dan memperoleh jawaban dari mereka. Ada strategi yang dapat diambil untuk mengoptimalkan survey pelanggan agar lebih efektif dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Salah satu cara efektif yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan fitur Survey CRM. Survey CRM ini memungkinkan bisnis untuk melakukan survey pelanggan lebih mudah dan efektif.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara survey pelanggan menggunakan fitur Survey CRM, serta manfaatnya bagi bisnis. Ingin tahu caranya? Yuk, baca artikelnya sampai selesai ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Survey CRM?

Survey kepuasan pelanggan

Survey CRM adalah salah satu fitur dalam CRM yang sangat penting bagi bisnis dalam mengelola hubungan pelanggan. Selain itu, fitur ini pun dapat meningkatkan kualitas bisnis. Fitur ini digunakan untuk mengumpulkan data dari pelanggan mengenai pengalaman mereka dengan produk atau layanan bisnis.

Fitur survey CRM juga memungkinkan bisnis Anda untuk melihat data pelanggan dengan lebih jelas dan membuat analisis yang lebih baik. Dari data hasil survey ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menilai kinerja bisnis, serta mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki produk atau layanan yang diberikan. Sehingga Anda dapat menentukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, juga lebih mampu bersaing dengan kompetitor.

Mengapa Bisnis Memerlukan Survey dengan CRM?

Bisnis memerlukan survey dengan CRM karena survey memberikan informasi yang sangat berharga tentang pengalaman pelanggan dengan produk atau layanan yang mereka berikan. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Dengan melakukan survey menggunakan CRM, Anda dapat memperoleh wawasan tentang kepuasan pelanggan. Dan, melihat di mana mereka dapat memperbaiki produk atau layanan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik.

Selain itu, survei dengan CRM memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data pelanggan dengan lebih terstruktur dan efisien. Data dari survei tersebut dapat langsung masuk ke dalam database CRM, yang memudahkan bisnis Anda untuk memantau tren dan perilaku pelanggan secara lebih sistematis dan terstruktur.

Apa Manfaat Survey CRM?

manfaat survey CRM

Beberapa manfaat melakukan survey CRM, yaitu:

1. Mudah Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Dengan melakukan survey, Anda dapat mengumpulkan data tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan mereka. Data ini kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi risiko kegagalan dalam pemasaran produk atau layanan baru.

Dalam survey CRM, Anda dapat mengumpulkan data tentang preferensi pelanggan terhadap produk atau layanan tertentu, seperti fitur, harga, atau kualitas. Selain itu, survey juga dapat membantu Anda memahami tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang saat ini mereka miliki. Dengan data ini, Anda dapat mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, atau mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat selanjutnya, dengan melakukan survei, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan. Sehingga membantu bisnis Anda untuk memperbaiki atau meningkatkan produk atau layanan mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda pun dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Selain itu, survey CRM juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki layanan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan pelanggan yang mereka terima cenderung akan lebih loyal dan berpotensi untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Dengan mengumpulkan data dari survei tentang kepuasan pelanggan terhadap layanan pelanggan, Anda dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki proses layanan pelanggan mereka dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Mendapatkan Umpan Balik Secara Langsung

Manfaat lain dari Survey CRM adalah memperoleh umpan balik secara langsung dari pelanggan. Dalam survey, bisnis dapat mengajukan pertanyaan yang spesifik dan terukur tentang produk atau layanan mereka dan mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan produk atau layanan bisnis dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitasnya. Umpan balik yang diberikan oleh pelanggan dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi yang lebih baik dan memperbaiki pengalaman pelanggan mereka.

Selain itu, survey CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan produk atau layanan baru. Dengan mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, Anda dapat mengetahui apa yang mereka inginkan dan butuhkan dari produk atau layanan baru. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

4. Memonitor Tren dan Perilaku Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari Survey CRM, yaitu dapat membantu bisnis Anda dalam memantau tren dan perilaku pelanggan. Dalam survey, Anda dapat menanyakan tentang preferensi dan perilaku pelanggan, serta tren yang terjadi dalam pasar. Dengan mengumpulkan data tersebut, Anda dapat menganalisis dan memahami pola perilaku dan kebutuhan pelanggan mereka. Sehingga Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengikuti tren pasar.

Selain itu, survey CRM dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Dalam survey, Anda dapat menanyakan tentang apa yang membuat pelanggan memilih produk atau layanan tertentu, serta faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mereka. Dengan informasi ini, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dalam pemasaran dan penjualan produk atau layanan mereka.

5. Meningkatkan Efisiensi

Terakhir, manfaat fitur Survey CRM dapat meningkatkan efisiensi bisnis. Dalam survey, Anda dapat menanyakan tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta masalah yang sering dihadapi pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki masalah dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sehingga dapat mengurangi jumlah keluhan dan masalah yang sering dialami pelanggan. Dengan mengurangi jumlah keluhan dan masalah, bisnis Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan, karena karyawan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menangani keluhan dan masalah yang sering terjadi.

Selain itu, Survey CRM dapat membantu bisnis Anda dalam mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif. Dengan mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif, Anda  dapat meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka, serta mengurangi biaya operasional yang tidak perlu.

Bagaimana Cara Melakukan Survey dengan CRM?

fitur CRM survey barantum

Perlu diketahui bahwa Survey CRM dibuat untuk fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan survey secara terstruktur, menyajikan pertanyaan yang jelas dan mudah dipahami, serta mengumpulkan data secara sistematis dan terorganisasi. Penggunaan teknologi digital ini pun memudahkan staf untuk menginput data pelanggan secara langsung. Sehingga tidak perlu repot mencatat dan melaporkannya secara manual.

Langkah melakukan Survey CRM

Untuk melakukan survey dengan CRM, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat survey yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Sesuai dengan target kebutuhan informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, survey akan tersimpan ke dalam CRM sehingga dapat digunakan oleh tim Anda dalam menanyakan kebutuhan pelanggan. Jadi, saat seorang staf sedang menghubungi pelanggan, dia dapat langsung membuka survey yang telah dibuat.

Contoh form Survey CRM dapat Anda ketahui lebih lengkap pada artikel ini -> Begini Contoh Form Survey Kepuasan Pelanggan Yang Tepat

Selanjutnya, staf tersebut akan menanyakan pertanyaan yang terdapat dalam survey dan mengisinya secara langsung di dalam sistem. Sehingga data yang dimasukan oleh tiap staf Anda dapat langsung disimpan secara terpusat ke dalam sistem. Dengan begitu, Anda dapat memonitor apa saja informasi pelanggan yang telah didapatkan oleh bisnis. Sehingga mempermudah Anda melakukan pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Selain itu, fitur analitik dalam CRM dapat membantu Anda dalam membuat laporan yang mudah dipahami tentang data yang telah dikumpulkan dari survey. Sehingga memudahkan bisnis dalam menentukan langkah-langkah strategis yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".