API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

kelebihan whatsapp api

API WhatsApp Business: Skenario & Implementasi Penggunaan

Sejak Agustus 2018, mitra dan perusahaan terverifikasi terpilih telah diberi akses ke API WhatsApp Business resmi. Barantum sebagai provider solusi bisnis (BSP) mitra resmi WhatsApp untuk WhtasApp Business API di Indonesia, menawarkan berbagai skenario penggunaan inovatif untuk komunikasi dan keterlibatan pelanggan dan kelompok sasaran. Kami telah merangkum tiga cara terbaik untuk berkomunikasi dengan grup target Anda, serta tiga poin terpenting dalam penerapan API WhatsApp Business.


Sebagai Penyedia Solusi Bisnis WhatsApp resmi, Barantum dapat menawarkan kepada pelanggan semua keuntungan dari API resmi untuk mengoptimalkan komunikasi pelanggan mereka.

Agar perusahaan dapat menghubungi pelanggan mereka melalui WhatsApp, pelanggan harus secara aktif menyetujui kontak aplikasi perpesanan dengan bisnis. Persetujuan aktif ini benar-benar memenuhi peraturan persyaratan privacy yang berlaku di seluruh dunia. Semua pesan dan konten juga tetap berada di bawah enkripsi end-to-end WhatsApp yang ketat. Baik WhatsApp maupun perusahaan induk Facebook tidak dapat melihat percakapan bisnis-pelanggan atau multimedia apa pun yang dikirim dalam obrolan.

Skenario Penggunaan untuk WhatsApp Business API

 

1. Komunikasi & Dukungan Pelanggan Layanan Pelanggan WhatsApp

Pelanggan dapat memulai kontak dengan perusahaan melalui WhatsApp dan mengajukan pertanyaan tentang detail pembelian, penagihan, informasi produk, masalah individu, dan banyak lagi.

Kami menawarkan dukungan untuk integrasi ke dalam sistem CRM eksternal, sehingga Anda dapat bekerja di berbagai media dengan mulus.

2. Pemberitahuan & Peringatan

Perusahaan juga dapat mengirim pesan ke pelanggan mereka untuk memberikan pembaruan langsung tentang informasi atau perubahan penting. Pesan-pesan ini bahkan dapat muncul di layar kunci ponsel cerdas pelanggan.

Contoh penggunaan termasuk konfirmasi pemesanan atau pembayaran, pembaruan pengiriman, perubahan waktu penerbangan, pengingat untuk tagihan atau janji temu, dan banyak lagi.

3. Interaksi Kelompok Sasaran

Elemen penting dalam hubungan pelanggan adalah keterlibatan pelanggan dan interaksi pribadi antara perusahaan dan pelanggan. Dengan survei, permintaan umpan balik tentang produk atau layanan, dan permintaan konten buatan pengguna, Anda dapat memperoleh informasi berharga dan mengembangkan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Semakin baik Anda memahami kelompok sasaran Anda dan kebutuhan mereka, komunikasi pelanggan Anda akan semakin personal dan efektif.

Baca juga : Panduan utama WhatsApp Business API

Cara Implementasi API WhatsApp Business

Untuk integrasi yang mulus ke dalam API WhatsApp Business, tiga poin di bawah ini penting:

  1. ID Pengelola Bisnis Facebook
    Prasyarat utama untuk menggunakan WhatsApp Business API adalah profil perusahaan WhatsApp yang terverifikasi, yang dapat dibuat di Facebook Business Manager.
  2. Nomor Telepon Layanan Pelanggan
    Kedua, perusahaan memerlukan nomor telepon untuk Saluran Layanan Pelanggan WhatsApp. Nomor ponsel, telepon rumah, dan bebas pulsa semuanya memungkinkan. Nomor telepon harus dapat menerima SMS atau panggilan telepon dan tidak dapat digunakan untuk WhatsApp dalam enam bulan terakhir. Kami juga dapat menawarkan Anda nomor telepon dari kolam renang kami.
  3. Nama Saluran Layanan Pelanggan WhatsApp
    Nama untuk Channel WhatsApp maksimal 265 karakter. Nama tersebut akan ditampilkan kepada pelanggan di WhatsApp dan tidak boleh berisi emoji atau kata “WhatsApp.” Harap dicatat bahwa nama tidak dapat diubah nanti.

Jika perusahaan Anda memutuskan untuk menggunakan API WhatsApp dari Barantum, sebagai salah satu dari sedikit penyedia WhatsApp API resmi, Barantum akan mengambil alih semua integrasi teknis ke dalam API. Tim ahli dan dukungan teknis kami menawarkan bantuan komprehensif selama proses dan tersedia untuk semua kontak.

Untuk memastikan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan potensi WhatsApp API secara maksimal, kami telah menulis artikel Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

In this article

Join the Conversation

19 − five =