Tingkatkan Bisnis Kecil Anda dengan CRM

Masih banyak orang yang mengira bahwa CRM (Customer Relationship Management) hanya diperuntukkan bagi para pelaku bisnis menengah ke atas. Strategi yang melibatkan manusia dan teknologi ini, sejatinya memelihara hubungan pemilik bisnis dengan pelanggan atau customer mereka. Selain itu, CRM juga berperan dalam memudahkan segala aktivitas bisnis sehingga lebih terorganisir dan efisien. Dengan fitur yang lengkap dan terkesan kompleks serta membutuhkan biaya tambahan, maka masih banyak yang beranggapan bahwa strategi bisnis ini belum cocok untuk diimplementasikan pada bisnis kecil. 

Padahal, bisnis kecil justru membutuhkan CRM untuk memaksimalkan keuntungan atau profit. Menggunakan CRM tentunya akan membawa perbedaan yang signifikan dalam kesuksesan bisnis kecil dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Terutama dalam hal menciptakan pelanggan yang loyal. Dengan memiliki pelanggan loyal, bisnis kecil semakin mantap untuk kian mengembangkan serta meningkatkan aktivitas bisnisnya.

Sebelum membaca lebih lanjut Anda mungkin ingin membaca dan mengetahui Apa itu CRM?

Apa yang dapat CRM lakukan untuk bisnis kecil? Simak bagaimana CRM sungguh membantu dalam mengembangkan bisnis kecil!

1.Meningkatkan penjualan dan memelihara prospek

Hal ini merupakan peran utama CRM, dimana strategi ini membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis kecil. 

CRM membantu bisnis kecil dalam menangkap prospek atau pelanggan yang potensial dari situs website bisnis tersebut, kemudian melacak mereka di seluruh proses penjualan. Pelanggan yang potensial inilah yang akan menjadi prospek yang kemudian ‘dipelihara’ melalui jalur penjualan, seperti kampanye email yang ditargetkan hingga mereka siap untuk membeli.

 2. Membantu memahami pelanggan 

Memahami pelanggan dengan mengetahui dengan tepat keinginan, kebutuhan, preferensi serta poin kesulitan mereka merupakan hal yang pasti akan dilakukan oleh semua pemilik bisnis. Dengan menggunakan CRM, pemilik bisnis dapat secara otomatis mengumpulkan informasi tentang pelanggan secara terperinci, kemudian menganalisis data tersebut untuk mendapatkan informasi. Informasi ini yang akan membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang berfokus pada pelanggan secara cerdas. Melacak tren, nilai perilaku, dan identifikasi peluang, semuanya akan dilakukan CRM dengan fitur yang tersedia.

Pengumpulan data yang konstan seperti ini menyempurnakan interaksi antara pemilik bisnis  dengan pelanggan. Data pelanggan yang terekam dengan baik dan secara efisien di dalam CRM, akan sangat membantu pemilik bisnis dalam memantau dan menganalisis riwayat interaksi terhadap setiap pelanggan.

3. Meningkatkan customer support

Meningkatkan customer support atau dukungan pelanggan, tidak hanya meningkatkan retensi, namun juga pendapatan atau profit bisnis. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa CRM menyimpan data seluruh pelanggan termasuk aktivitasnya dengan sang pemilik bisnis (riwayat interaksi, kebutuhan, informasi pemesanan, preferensi, dsbnya). Manfaat ini memastikan pemilik bisnis benar-benar memahami apa yang telah dilalui oleh setiap pelanggannya. Sehingga, pemilik bisnis akan mudah mengelompokkan pelanggannya berdasarkan kebutuhan dan minat mereka.

4. CRM menghubungkan penggunanya dengan layanan lainnya

Selain situs website, pemilik bisnis biasanya mempromosikan atau menjual produk mereka ke sosial media serta media perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, Line, dsbnya. Melalui media perpesanan ini pulalah, pemilik bisnis berinteraksi dengan para pelanggannya. Tentunya sungguh merepotkan jika harus membuka media perpesanan satu per satu untuk sekedar mengecek riwayat interaksi. Dengan menggunakan CRM, media perpesanan akan terintegrasi menjadi satu, sehingga pemilik bisnis tak perlu lagi membuka media perpesanan secara tersendiri. Selain itu, beberapa aplikasi CRM dapat berintegrasi dengan layanan lainnya seperti Google Drive.

5. CRM membantu penggunanya mengambil keputusan yang tepat nan cerdas

Data akurat, lengkap, dan rapi yang telah dibuat oleh CRM memberikan manfaat kepada pemilik bisnis dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan. Informasi inilah yang digunakan oleh pemilik bisnis dalam pengambilan keputusan yang tepat dan cerdas. Keputusan yang baik tentu saja akan mempengaruhi peningkatan profit dan prospek di masa mendatang. 

6. Meningkatkan kinerja perusahaan

CRM memastikan kinerja perusahaan pengguna (dalam hari ini para karyawan dan tanggung jawab mereka)  terpantau dengan baik dan teratur. Jenis pekerjaan dan bagaimana proses keberlangsungannya pun terpantau jelas, dilengkapi dengan jejak waktu untuk menelusuri riwayatnya. CRM juga meminimalisir kesalahan karyawan dalam melaporkan dan mempertanggungjawabkan  pekerjaan mereka. Selain itu, CRM dapat menyediakan dasbor tentang cara kerja proses bisnis dan dimana alur kerja yang dapat ditingkatkan.

Strategi Pemasaran dengan CRM

Memiliki bisnis kecil bukan berarti minim akan kebutuhan teknologi dan strategi. Inilah saatnya para pemilik bisnis kecil untuk memanfaatkan CRM sehingga omset dan prospek terus meningkat. Dengan menggunakan CRM, bisnis kecil berkembang menjadi besar dan semakin dikenal. Bisnis kecil pun menjadi berani dan percaya diri dalam bersaing dengan bisnis menengah ke atas. Coba aplikasi CRM Gratis untuk bisnis kecilmu sekarang! Kunjungi www.barantum.com 

Baca juga artikel terkait :

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".