Panduan utama WhatsApp Business API

apa itu whatsapp api

Panduan utama untuk WhatsApp Business API


Sebagai saluran perpesanan B2C, WhatsApp Business beralih dari pesan promosi massal ke penyampaian komunikasi real-time, relevan, dan bernilai tinggi. Ini berfungsi lebih baik untuk pengguna yang tersegmentasi (karena pembatasan kasus penggunaan—kampanye pemasaran yang meledak-ledak dan pesan promosi sangat dilarang di saluran ini)
Tim pemasaran yang ingin menjangkau pelanggan di WhatsApp memiliki dua pilihan: aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Mari kita simak terlebih dahulu apa saja perbedaannya.

Whatsapp Business API dan WhatsApp Business

Meskipun mereka memiliki nama yang mirip, platform ini tidak sama. Mereka dirancang untuk kasus penggunaan yang berbeda, menawarkan fitur dan manfaat yang berbeda dan struktur harga yang berbeda. Sekilas tentang solusi WhatsApp Business :

Aplikasi Bisnis WhatsApp API WhatsApp Bisnis
Penggunaan Usaha kecil Bisnis menengah dan besar
Harga Gratis Biaya per pesan template; tanggapan gratis kepada pengguna dalam waktu 24 jam
Fitur Utama Profil bisnis terverifikasi Profil bisnis terverifikasi
Percakapan individu diprakarsai oleh pelanggan

Hanya satu perangkat

Aplikasi seluler

Pesan transaksi otomatis

Beberapa perangkat

Terintegrasi dengan platform perusahaan

Ketersediaan Tersedia secara luas Terbatas; tersedia melalui penyedia solusi pihak ketiga

WhatsApp Business API

Facebook meluncurkan WhatsApp Business API untuk membantu bisnis menengah dan besar meningkatkan kemampuan pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia.

Di WhatsApp Business API, perusahaan dapat menanggapi pesan pengguna secara gratis hingga 24 jam dan harus membayar biaya per pesan “template” (pesan keluar dalam percakapan yang tidak dimulai oleh pelanggan). Tarif tergantung pada negara pelanggan.

Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem mereka sendiri untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp. Pemasar mendapatkan kontrol lebih besar atas perpesanan dan dapat mengurangi ketergantungan mereka pada pengembang untuk mengelola integrasi sambil melacak kinerja kampanye WhatsApp mereka dengan mulus.

Baca juga : Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API

WhatsApp Business

Mirip dengan WhatsApp Messenger, WhatsApp Business adalah aplikasi seluler gratis untuk bisnis kecil. Ini tersedia untuk diunduh di Android dan iOS dan dilengkapi dengan fitur dukungan dasar seperti profil bisnis terverifikasi, label, dan balasan cepat.

WhatsApp Business hanya dapat menangani percakapan individu, artinya bisnis hanya dapat mengakses satu akun dari satu perangkat seluler—semua pertanyaan pelanggan harus dijawab dari perangkat tersebut. Kelemahan ini membuat WhatsApp Business tidak memungkinkan untuk skala untuk bisnis menengah-ke-perusahaan besar

Fitur WhatsApp Business API

WhatsApp Business API memungkinkan organisasi untuk menghubungkan sistem dan layanan pihak ketiga mereka ke WhatsApp untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan mereka di layanan perpesanan terkemuka di dunia.

kelebihan whatsapp api

Fitur utama apa yang ditawarkan API WhatsApp Business?

API WhatsApp Business memungkinkan bisnis Anda untuk membuat profil WhatsApp Business, yang memiliki perbedaan utama dari akun pribadi biasa, yaitu:

  • Perusahaan Anda terdaftar sebagai akun bisnis dan profil bisnis. Pelanggan dapat melihat nama dan logo organisasi di bagian atas setiap percakapan.
  • Pelanggan dapat mengobrol dengan perusahaan meskipun nomor mereka tidak disimpan sebagai kontak.
  • Saat pelanggan mengklik profil bisnis, mereka dapat melihat informasi perusahaan secara sekilas, termasuk foto sampul, email, situs web, nomor kontak, jam buka, dan lokasi kantor.
  • WhatsApp memverifikasi semua akun bisnis resmi, dan tanda centang hijau ditambahkan di sebelah profil bisnis sebagai bukti keasliannya. Bagi pelanggan, ini membantu membangun kepercayaan pada merek.
  • Pengguna harus memilih untuk menerima pesan dari bisnis. WhatsApp memastikan bahwa pengguna yang tidak menyetujui tidak dibanjiri dengan pesan yang tidak mereka setujui untuk diterima.

Di luar profil WhatsApp Business, manfaat utama dari API WhatsApp Business adalah memungkinkan pemasar mengirim pesan transaksi yang sangat disesuaikan, tepat waktu, dan relevan kepada pelanggan.

Teknologi yang berpusat pada pengalaman ini membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan, menyediakan saluran pemasaran baru yang penuh dengan peluang baru untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, membangun kepercayaan, meningkatkan transaksi berulang, dan meningkatkan nilai seumur hidup.

Baca juga : Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

Bagaimana WhatsApp Business API dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda

Mengirim pesan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan Anda dapat mengirim pesan kepada orang-orang yang:

  • Telah setuju untuk menerima pesan dari akun bisnis Anda dengan mencentang kotak untuk memberikan persetujuan atau memberikan nomor telepon mereka.
  • Sebelumnya telah mengirim pesan ke akun bisnis Anda.

Anda perlu mengklarifikasi jenis pesan yang akan Anda kirim kepada pengguna yang telah memilih, mulai dari tautan check-in penerbangan dan boarding pass hingga konfirmasi pembelian online atau peringatan stok.

Berikut adalah ulasan mendalam tentang manfaat dan keunggulan yang ditawarkan API WhatsApp Business kepada pemasar.

Dapatkan keterlibatan yang jauh lebih tinggi

Karena WhatsApp tidak membosankan dan dimiliki oleh banyak orang (lebih dari 2 miliar pengguna WhatsApp di dunia) dibandingkan saluran pemasaran tradisional dan secara ketat menerapkan kebijakan tanpa promosi, ini membuka lebih banyak peluang bagi tim pemasaran dan dukungan pelanggan Anda untuk memelihara hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan prospek yang masuk.

Tidak seperti email, pesan promosi massal tidak diperbolehkan di WhatsApp Business API. Namun, perusahaan dapat:

  • Kirim survei dan jajak pendapat
  • Ajukan pertanyaan langsung kepada pelanggan
  • Menanggapi pertanyaan pelanggan

Sebuah platform yang meningkatkan keterlibatan. WhatsApp memungkinkan perusahaan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan secara pribadi. Pengiriman pesan melalui WhatsApp memungkinkan pemasar untuk mengajukan pertanyaan, mengumpulkan umpan balik yang berharga, dan memberikan nilai melalui koneksi yang lebih dalam. Selain itu, pengguna WhatsApp cenderung lebih respektif dan responsif, mengingat mereka bukan berurusan dengan iklan promosi bisnis.

Perpesanan yang sangat disesuaikan dan kaya nilai diterjemahkan menjadi metrik yang lebih baik di semua tingkatan. Pengguna di WhatsApp lebih terlibat, lebih mungkin untuk melihat dan menanggapi pesan Anda, dan pada akhirnya jauh lebih mungkin untuk berkonversi.

Gunakan pesan template yang telah ditentukan dan dipersonalisasi untuk berkomunikasi dalam skala besar

Pesan template adalah format pesan yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan dalam jumlah besar, seperti konfirmasi pesanan pembelian, pembaruan pengiriman, atau pengingat janji temu.

Mirip dengan komponen kampanye email otomatis, pesan ini biasanya datang dengan string teks dan personalisasi otomatis (misalnya nama pengguna dan tanggal).

WhatsApp menyediakan beberapa pesan template yang telah disetujui sebelumnya untuk skenario jangkauan pengguna umum. Anda juga dapat membuat pesan template Anda sendiri untuk kasus penggunaan individual. Namun, template ini harus disetujui oleh WhatsApp, yang bisa memakan waktu 1-2 hari.

Baca juga : Template WhatsApp API : 12 Contoh Template & Penerapannya

Balas pesan masuk secara gratis dengan jendela layanan 24 jam

Perusahaan yang menggunakan API WhatsApp Business memiliki waktu 24 jam untuk membalas pertanyaan pelanggan yang masuk. Jika periode jendela ini berakhir, Anda harus meminta izin dari pelanggan untuk menghubungi mereka lagi. Anda dapat melakukannya dengan templat pesan yang telah ditentukan sebelumnya. Facebook menerapkan aturan ini untuk mendorong penyelesaian masalah pelanggan yang lebih cepat, memungkinkan merek menggunakan pesan sebagai cara untuk membangun kepercayaan merek.

Lindungi data pelanggan dengan akun bisnis terverifikasi dan enkripsi ujung ke ujung

Menjamin keamanan data adalah salah satu tempat di mana WhatsApp mencetak poin teratas. Itu telah memantapkan dirinya sebagai ruang tepercaya tempat data dilindungi dan tidak ada iklan.

Semua pesan yang dikirim bisnis Anda melalui WhatsApp dilengkapi dengan enkripsi ujung ke ujung, yang berarti tidak ada pihak ketiga, bahkan WhatsApp, yang dapat membacanya. Ini membuat WhatsApp menjadi mode komunikasi yang lebih aman daripada email atau teks. WhatsApp mempertahankan kepercayaan ini dengan meminta bisnis untuk memverifikasi akun mereka sehingga pengguna yakin bahwa mereka berkomunikasi dengan perusahaan yang tepat.

Manfaatkan aksesibilitas waktu nyata untuk membangun kepercayaan dan keterlibatan

Dengan API WhatsApp Business, Anda dapat mengirim peringatan dan pemberitahuan kepada pengguna Anda secara real-time—pada platform yang sudah diketahui sebagian besar pelanggan Anda. WhatsApp Business adalah cara cepat dan langsung untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memungkinkan perusahaan untuk terlibat dengan pelanggan dan mendapatkan wawasan secepat kilat.

Akses ke nomor telepon pengguna (melalui keikutsertaan pelanggan) memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara real-time. WhatsApp Business API juga menawarkan fungsi ‘balasan cepat’, di mana tim Anda dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering dikirim untuk mempercepat proses layanan pelanggan Anda.

Fungsi ini membantu industri seperti bank, maskapai penerbangan, dan pengecer online membangun templat respons permanen untuk mengirim pembaruan rutin tentang produk dan layanan mereka.

Pemasar juga dapat mengirim pesan ‘pergi’ otomatis ketika tidak mungkin menjawab setiap permintaan pelanggan untuk memberi informasi kepada pengguna.

Ciptakan jangkauan lintas generasi

Dengan kemudahan penggunaannya, layanan pesan WhatsApp digunakan secara luas oleh orang-orang dari semua kelompok umur. Basis pengguna yang beragam ini memberikan keunggulan bagi perusahaan yang menggunakan API WhatsApp Business. Sebagian besar klien mereka—tanpa memandang kelompok usia—sudah akrab dan nyaman menggunakan layanan perpesanan.

Dapatkan wawasan tentang pola penggunaan aplikasi pelanggan

WhatsApp Business API memiliki fitur statistik perpesanan yang memungkinkan perusahaan mengukur keberhasilan kampanye mereka untuk wawasan dan pengoptimalan.

Berkomunikasi di luar pesan teks

Gunakan video, foto, PDF, GIF, dan rekaman suara untuk berkreasi dengan perpesanan Anda dan menyenangkan pelanggan Anda. Dengan pembayaran yang semakin bergerak secara online, kini Anda dapat mengirim kode QR untuk menyederhanakan dan merampingkan proses pembelian.

Bagaimana cara kerja API WhatsApp Business?

fitur crm whatsapp business api

Menginstal API WhatsApp Business tidak seperti menginstal aplikasi messenger pribadi di ponsel Anda. Ini juga tidak sesederhana memasukkan kunci untuk menghubungkan ke API biasa. WhatsApp mengamanatkan enkripsi ujung ke ujung, dan dengan demikian kunci WhatsApp selalu berubah untuk memastikan keamanan yang dijanjikannya.

Sebagai gantinya, klien API WhatsApp Business perlu dihosting di server masing-masing perusahaan. Ini juga memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan solusi internal mereka seperti CRM dan platform dukungan pelanggan, menyederhanakan otomatisasi pengiriman pesan dan melacak pengalaman pelanggan di seluruh saluran.

Semua ini berarti pekerjaan berat dari tim TI dan pengembang Anda. Meskipun mereka dapat mereferensikan dokumentasi dukungan Facebook untuk melalui proses tersebut, pekerjaan menyiapkan API, mengintegrasikannya, dan memeliharanya menjadi tanggung jawab pengembang internal. API akan membutuhkan pemantauan dan penerapan yang konsisten untuk tetap mengikuti perkembangan kebijakan WhatsApp dan menjaga kepatuhan.

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan! Mengelola klien API membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada yang dimiliki beberapa bisnis, terutama jika mereka ingin memfokuskan tim pengembangan inti mereka pada peta jalan dan inovasi produk mereka sendiri.

Proses Penyiapan API WhatsApp Business

Setelah penginstalan selesai, Anda harus menyiapkan API WhatsApp Business. Dengan sendirinya, ini adalah pengaturan yang cukup besar dan kuat dengan banyak langkah dan proses persetujuan yang berlarut-larut.

Berikut adalah garis besar dari seluruh proses untuk memberi Anda gambaran dalam mempersiapkan menggunakan WhatsApp Business API.

  1. Siapkan ID Pengelola Bisnis Facebook. Rata-rata, proses ini memakan waktu 10 menit dan merupakan pintu gerbang ke perjalanan API WhatsApp Business Anda.
  2. Identifikasi nomor telepon bisnis. Nomor telepon ini hanya akan digunakan untuk akun khusus ini. Itu tidak dapat diikat ke akun WhatsApp lain.
  3. Menandatangani adendum WhatsApp. Ini memakan waktu sekitar lima menit dan merupakan persetujuan bisnis Anda untuk menggunakan WhatsApp sesuai dengan kebijakan mereka.
  4. Verifikasi Bisnis Facebook. Pastikan Anda memeriksa apakah verifikasi telah dilakukan sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Ini bisa memakan waktu mulai dari lima menit hingga tiga hingga lima hari.
  5. Lengkapi aplikasi dan persetujuan akun WhatsApp Business API. WhatsApp akan meninjau adendum dan dokumentasi lain yang dikirimkan bisnis Anda. Persetujuan dapat memakan waktu dua hingga tiga hari kerja.
  6. Pemberitahuan persetujuan. Anda akan menerima pesan yang memberitahukan bahwa akun Anda telah dibuat dan disetujui.
  7. Aktivasi akun . Kode pin numerik akan dikirim melalui SMS atau panggilan telepon. Ini membutuhkan waktu sekitar lima menit.
  8. Pembuatan konten template pesan. Buat template pesan keluar kustom Anda sendiri untuk kasus penggunaan yang berbeda. Dapat bervariasi berdasarkan kebutuhan Anda, tetapi biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hari.
  9. Aplikasi dan persetujuan template pesan. Setiap template khusus yang Anda buat harus disetujui oleh WhatsApp. Persetujuan memakan waktu sekitar satu hari.
  10. Buat tanggapan otomatis untuk percakapan WhatsApp. Ini akan memakan waktu sekitar dua hari.
  11. Bangun dan luncurkan kampanye WhatsApp. Rata-rata, ini memakan waktu tiga hari.

Baca juga Apa itu Verified Badge Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

Kesimpulan

WhatsApp telah muncul sebagai platform pemasaran yang kuat yang dapat membantu perusahaan mencapai tingkat keterlibatan dan konversi yang tinggi.

Dengan API WhatsApp Business, pemasar kini dapat menambahkan pesan transaksional dan interaksi perusahaan/konsumen yang bernilai tinggi, visibilitas tinggi, dan daya tarik tinggi ke dalam strategi keterlibatan mereka. Pesan yang sangat relevan dan bertarget pada platform yang aman dan tidak terlalu jenuh memungkinkan merek memiliki peluang yang signifikan untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Integrasi Barantum dengan API WhatsApp Business mempermudah dan mempercepat tim pemasaran menggunakan WhatsApp dalam skala besar untuk memberikan pengalaman yang paling dipersonalisasi. Tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business untuk pengiriman pesan yang cepat, aman, dan berharga dengan pelanggan Anda? Jadwalkan demo Anda sekarang juga kunjungi barantum.com

In this article

Join the Conversation

twenty − 9 =