Inilah Rekomendasi CRM Terbaik

Di era digital yang semakin berkembang, aplikasi Customer Relationship Management (CRM) menjadi tulang punggung bagi banyak perusahaan, membantu mereka merajut dan memelihara hubungan pelanggan dengan lebih efisien. Di tengah pusat bisnis dan teknologi Indonesia, Jakarta, banyak perusahaan mencari solusi CRM terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dalam mengelola hubungan pelanggan, mengoptimalkan penjualan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dalam pilihan yang luas ini, perusahaan-perusahaan tersebut tidak hanya menawarkan teknologi canggih. Namun, juga pemahaman mendalam tentang dinamika bisnis lokal. Keberhasilan bisnis modern tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk atau layanan, tetapi juga oleh kemampuan perusahaan untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan. Oleh karena itu, pemilihan aplikasi CRM yang tepat di Jakarta tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga investasi strategis untuk memastikan kesuksesan jangka panjang.

Apa saja rekomendasi CRM terbaik? Yuk, ketahui jawabannya dengan baca artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan CRM?

Perusahaan wajib menggunakan Customer Relationship Management (CRM) karena sistem ini membantu merajut hubungan dengan pelanggan dalam suatu kesatuan yang terorganisir. CRM tidak hanya berfokus pada pengelolaan data pelanggan, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk memahami preferensi, riwayat interaksi, dan kebutuhan individual setiap pelanggan. Dengan memiliki visibilitas yang jelas terhadap informasi ini, perusahaan dapat menyajikan pengalaman yang lebih personal dan terarah, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada gilirannya, mempertahankan dan menarik pelanggan baru.

Selain itu, penggunaan CRM juga memberikan manfaat dalam meningkatkan efisiensi operasional. Dengan mengotomatiskan banyak aspek pengelolaan hubungan pelanggan, seperti penjadwalan tugas, pelacakan aktivitas penjualan, dan analisis data, perusahaan dapat menghemat waktu dan sumber daya. CRM memungkinkan perusahaan untuk fokus pada strategi pemasaran yang lebih cerdas, identifikasi peluang bisnis yang potensial, serta memberikan dukungan yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan demikian, penggunaan CRM menjadi kunci dalam meningkatkan daya saing perusahaan di pasar yang semakin kompleks dan kompetitif.

Apa Tips Untuk Memilih Aplikasi CRM Yang Tepat?

Berikut adalah tips memilih aplikasi CRM yang tepat, yaitu:

1. Identifikasi Kebutuhan Bisnis

Sebelum memilih aplikasi CRM, identifikasilah kebutuhan bisnis Anda secara jelas. Pertimbangkan apa yang ingin Anda capai dengan penggunaan CRM, baik itu peningkatan penjualan, manajemen hubungan pelanggan yang lebih baik, atau efisiensi operasional. Dengan memahami kebutuhan inti bisnis, Anda dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

2. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Pastikan aplikasi CRM yang dipilih memiliki tingkat fleksibilitas dan skalabilitas yang memadai. Bisnis Anda mungkin berkembang, dan Anda membutuhkan solusi yang dapat tumbuh seiring waktu. Pilihlah aplikasi yang dapat diadaptasi sesuai dengan perubahan kebutuhan bisnis dan mampu mengakomodasi perkembangan perusahaan Anda.

3. Antarmuka yang User-Friendly

Aplikasi CRM yang mudah digunakan akan membantu tim Anda mengadopsinya dengan lebih cepat. Pilihlah aplikasi dengan antarmuka yang intuitif dan user-friendly. Ini akan meminimalkan waktu pelatihan dan memastikan bahwa seluruh tim dapat memanfaatkan fungsionalitas CRM tanpa hambatan.

4. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Pastikan bahwa aplikasi CRM dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang mungkin sudah digunakan oleh perusahaan Anda, seperti sistem email, platform pemasaran, atau perangkat lunak akuntansi. Integrasi yang lancar akan memungkinkan data mengalir dengan mulus di antara berbagai departemen, meningkatkan koordinasi dan efisiensi.

5. Keamanan Data yang Mumpuni

Keamanan data adalah prioritas utama. Pilih aplikasi CRM yang menawarkan standar keamanan yang tinggi, termasuk enkripsi data dan kontrol akses yang dapat disesuaikan. Ini akan membantu melindungi informasi pelanggan dan data bisnis penting dari ancaman keamanan cyber yang mungkin muncul.

6. Layanan Pelanggan yang Responsif

Pastikan penyedia aplikasi CRM memberikan dukungan pelanggan yang baik. Evaluasilah tingkat dukungan yang ditawarkan, apakah itu melalui panduan online, sumber daya tutorial, atau layanan dukungan pelanggan langsung. Dengan dukungan yang baik, Anda dapat mengatasi masalah dengan cepat dan memaksimalkan manfaat dari penggunaan CRM.

Rekomendasi Penyedia Aplikasi CRM Terbaik di Jakarta

Berikut rekomendasi penyedia aplikasi CRM terbaik di Jakarta, yaitu:

1. Barantum CRM

Barantum - Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

Penyedia Software CRM atau Aplikasi CRM di Jakarta yang terbaik dan paling mudah digunakan adalah Barantum CRM. Barantum merupakan perusahaan teknologi penyedia aplikasi CRM pertama karya anak bangsa di Indonesia yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kinerja tim sales serta customer service.

Barantum juga merupakan salah satu mitra resmi WhatsApp di Indonesia. Sebagai penyedia layanan Bisnis resmi dari WhatsApp, Anda dapat memperoleh WhatsApp Business API melalui Barantum.com yang terintegrasi dengan sistem CRM Barantum menjadi WhatsApp CRM. Dengan demikian Anda dapat memiliki solusi bisnis lengkap, meningkatkan penjualan, meningkatkan pelayanan pelanggan, saluran komunikasi banyak channel semua dalam 1 platform!

Fitur Unggulan Aplikasi CRM Barantum

  • Pelacakan KPI dan Manajemen Tugas
    Memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI sesuai dengan kebutuhan. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  • Customization
    Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan.
  • 360 View dan Analisis Laporan Cerdas
    Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS dan CRM Mobile Gratis
    Memiliki fitur Live GPS secara real-time melalui smartphone yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun ini semua tersedia dalam Aplikasi CRM mobile yang dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) & App Store (iOS)
  • Omnichannel & WhatsApp Business API
    Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk customer service.
  • Sharing File
    Anda bisa bekerja lebih efisien dan dinamis atar departemen dengan bertukar file dalam CRM dengan sesama pengguna CRM lainnya dalam Perusahaan Anda.
  • Email Marketing
    Anda dapat mengirimkan email penawaran langsung dari CRM Anda. Anda juga bisa mengintegrasikan Aplikasi Email lainnya untuk melakukan blast dengan CRM Barantum.
  • Support Service VIP
    Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna dengan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala atau membutuhkan bantuan dengan CRM Barantum, karena service support dari Barantum sudah terkenal akan pelayanannya dan penyelesaian masalah yang cepat.
  • Integrasi sistem Cloud Call Center Barantum
    Barantum mendedikasikan layanannya khusus untuk membantu entitas Bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya, dengan menggunakan Barantum Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem Call Center yang berbasi Cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.

Barantum CRM dan Call Center

2. Microsoft Dynamics CRM

microsoft dynamic aplikasi CRM terbaik

Microsoft Dynamics adalah rangkaian aplikasi software perencanaan sumber daya dan CRM perusahaan. Sistem operasinya adalah Microsoft Windows. Dengan Dynamics 365, Anda akan memperoleh CRM tools yang berfungsi sebagai solusi fleksibel. Kekurangan menggunakan Microsoft Dynamics adalah biaya yang cukup mahal serta tidak adanya support khusus untuk penggunanya.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Customer Relationship Management: Membantu manage semua data-data customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang bersangkutan.
  • Otomatisasi Dokumen: Membantu membuat dokumen Excel, Word, dan Outlook langsung dari dalam sistem crm-nya.
  • Sales Force Automation: Melakukan penjualan produk dan billing atas customer. Terdapat menu Quotation, Sales Order hingga Invoice.
  • Customer Service Tracking: Menampilkan layanan purnajual di dalam perusahaan. Baik itu complaint maupun service produk.
  • Cloud Sharing: Terhubung dengan cloud seperti OneDrive dan SharePoint sehingga memudahkan kolaborasi tim
  • Marketing Capabilities: Terhubung dengan sistem otomatisasi Marketing sehingga dapat melakukan integrasi antara CRM dan Marketing
  • Increase Productivity: Meningkatkan produktivitas karyawan dengan memperlihatkan seluruh aktivitas bisnis di perusahaan.

3. SalesForce CRM

Salesforce Marketing Cloud: Fitur-Fitur dan Kelebihannya - Glints Blog

Software CRM lainnya ialah SalesForce yang merupakan perusahaan software berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, California. Pendiri SalesForce adalah Marc Benioff dan Parker Harris. SalesForce juga menjual rangkaian software aplikasi CRM pada perusahaan pelengkap yang berkaitan dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Sales Cloud: Untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis.
  • Marketing Cloud: Dapat memantau kampanye marketing dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut.
  • Services Cloud: Layanan pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi real time mengenai pelanggan dan penjualan.
  • Salesforce Chatter: Dapat membuat kolaborasi dalam tim tanpa batas.

4. Pipedrive CRM

AeroZap

Salah satu contoh software aplikasi CRM yang memiliki kantor di beberapa negara adalah Pipedrive. Pipedrive merupakan perusahaan yang menawarkan software CRM berbasis cloud yang fokusnya aplikasi customer relationship management. Pipedrive berkantor di Estonia, USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun mereka menawarkan uji coba gratis.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Manajemen Leads dan Penjualan
  • Pelacakan Komunikasi
  • Memiliki sistem otomatisasi
  • Pelaporan dan wawasan bisnis
  • Privasi dan keamanan pada aplikasi
  • Akses Mobile Apps

5. HubSpot CRM

Hubspot - Wildix integration

Software aplikasi CRM yang masih tergolong baru adalah HubSpot. HubSpot memiliki kode pelacakan unik untuk setiap akun HubSpot yang digunakan untuk memantau lalu lintas di website Anda.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Live Chat
  • ChatBot
  • Email Marketing
  • Otomatisasi Pemasaran
  • Manajemen Penjualan
  • Laporan dan analisis bisnis
  • Kontak manajemen

6. Freshsales

Freshsales - Distributor & Reseller resmi software original, jual harga murah di Jakarta & melayani se-Indonesia

Freshsales merupakan salah satu software atau aplikasi CRM terbaik yang dapat dicoba bagi perusahaan yang ingin memiliki semua fitur yang mereka butuhkan dalam satu alat.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Ticketing
  • Collaboration
  • Automations
  • Reporting & Analytics
  • Email tracking
  • Event tracking
  • Manajemen sales

7. Zoho CRM

File:ZOHO.svg - Wikipedia

Software atau aplikasi CRM terbaik selanjutnya adalah Zoho, yang merupakan salah satu perusahaan penyedia software paling populer di seluruh dunia dan telah digunakan oleh jutaan orang. Platform ini mendorong pertumbuhan bisnis dengan cara membangun hubungan pelanggan dengan baik. Zoho CRM menawarkan sejumlah efisiensi dalam kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan CRM tools, seperti membuat otomatisasi pekerjaan harian.

Macam-macam fitur yang ditawarkan:

  • Omnichannel
  • Workflow Automation
  • Integrasi
  • Self-Service Database

Dengan banyaknya pilihan perusahaan penyedia aplikasi CRM yang menawarkan solusi inovatif di Jakarta, perusahaan-perusahaan di wilayah ini memiliki peluang besar untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat hubungan pelanggan. Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa pemilihan aplikasi CRM yang tepat dapat menjadi kunci sukses bisnis di era digital ini.

Dalam mengamati dinamika bisnis Jakarta, Barantum CRM muncul sebagai solusi terbaik yang layak dipertimbangkan. Dengan fokus pada kebutuhan unik bisnis lokal, antarmuka yang user-friendly, dan fitur-fitur canggih, Barantum CRM tidak hanya memenuhi standar kualitas tinggi. Namun, juga memberikan fondasi kuat untuk perusahaan meningkatkan produktivitas, memperkuat relasi pelanggan, dan meraih keunggulan kompetitif di pasar yang semakin dinamis.

Dengan mengadopsi Barantum CRM, perusahaan di Jakarta dapat memastikan bahwa mereka memiliki alat yang diperlukan untuk tumbuh dan berhasil dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".