Kenali Apa itu Customer Serta Perbedaannya Dengan Consumer

Dalam era bisnis yang terus berkembang pesat, pemahaman terhadap dua konsep krusial, yakni customer dan consumer, menjadi semakin penting. Kedua istilah ini seringkali digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan signifikan dalam konteks bisnis. Menilik lebih dalam pada masing-masing konsep ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hubungan antara pelanggan dan konsumen dalam suatu transaksi.

Memahami perbedaan antara customer dan consumer adalah langkah awal untuk memahami dinamika dalam dunia bisnis modern. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang konsep-konsep tersebut, menggali perbedaan esensial dan implikasinya dalam strategi pemasaran.

Untuk lebih lengkapnya, yuk baca artikelnya sampai selesai!Barantum CRM - CRM, Chat & Call Center Software Terbaik

Apa itu Customer?

Customer adalah seseorang atau individu baik dari organisasi, kelompok, atau instansi tertentu yang membeli, mencoba ataupun menggunakan suatu produk/layanan tertentu. Memiliki pelanggan sebanyak-banyaknya merupakan tujuan dari setiap bisnis untuk meningkatkan pendapatannya.

Customer merupakan pusat dan tujuan dari sebuah bisnis. Semua bisnis pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, memberikan pelayanan sebaiknya-baiknya dan memberikan apa pun yang bisa mereka bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan demi uang yang akan pelanggan keluarkan untuk produk/layanan dari bisnis itu sendiri.

Di sisi lain, terdapat istilah consumer yang merujuk pada individu atau organisasi yang mengonsumsi atau menggunakan produk atau layanan secara langsung dan tidak dengan maksud untuk tujuan komersial atau diperdagangkan. Sehingga mereka adalah pengguna akhir dari produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Apa Saja Jenis Customer Dalam Bisnis?

Berikut ini jenis customer dalam bisnis, yaitu:

1. Customer Internal

Jenis customer internal merupakan orang yang membeli dan menggunakan produk/jasa bisnis yang masih berada dalam lingkup bisnis Anda dan menjual kembali kepada orang lain. Misalnya agen atau instansi/organisasi yang telah melakukan kerja sama untuk menjual kembali produk/jasa Anda.

2. Customer Eksternal

Kedua, jenis customer eksternal adalah individu atau organisasi di luar perusahaan yang membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka adalah sumber pendapatan utama bagi perusahaan dan memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis.

3. Customer Antara (Perantara)

Terakhir, jenis customer perantara adalah seseorang atau sekelompok individu yang tidak menggunakan produk/jasa bisnis seperti customer internal, namun tidak berasal dari lingkup perusahaan. Sehingga pelanggan antara memang bukan menjadi pelanggan akhir yang menggunakan produk, melainkan membantu mendistribusi produk bisnis Anda. Akan tetapi, berasal dari luar lingkup perusahaan. Misalnya, reseller ataupun pedagang.

Apa Saja Karakteristik dari Customer?

Adapun karakteristik customer, sebagai berikut:

1. Customer Baru

Customer baru adalah orang yang baru memulai untuk mencoba gunakan produk/layanan bisnis Anda. Ini bisa didapatkan berdasarkan rekomendasi pelanggan bisnis ataupun bisnis Anda mendapatkan klien baru sendiri.

Umumnya, karakter pelanggan ini mengajukan berbagai macam pertanyaan mendetail terkait produk. Baik manfaat produk hingga cara penggunaannya. Maka tidak jarang saat berhadapan dengan pelanggan baru, mereka akan mengajukan pertanyaan mendetail.

2. Customer Potensial

Selanjutnya, karakteristik adalah orang yang memiliki kemungkinan besar untuk menggunakan produk atau jasa Anda karena mereka memiliki ketertarikan pada bisnis Anda.

Sebaiknya, saat menjelaskan tentang produk dan jasa bisnis, Anda tidak terlihat ragu. Jelaskanlah keunggulan produk Anda agar mereka lebih tertarik menggunakan produk/jasa bisnis. Hal ini karena pelanggan potensial berpotensi menjadi pelanggan loyalitas.

3. Customer Impulsif

Berikutnya, karakteristik ini merupakan orang yang secara mendadak atau spontan membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda. Dibandingkan karakteristik lainnya, karakteristik ini lebih mudah untuk meyakinkan mereka.

Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kalimat persuasif atau ajakan untuk membeli secara berlebihan. Karena mereka cenderung cepat membeli produk yang mereka inginkan.

4. Customer Hemat

Customer hemat adalah pelanggan yang menyukai promosi yang sedang berlangsung. Misalnya, terdapat diskon, cashback, potongan harga, buy 1 get 1, ataupun promo lainnya. Karakteristik pelanggan hemat cenderung hanya menggunakan produk atau jasa saat terdapat promo saja. Jika tidak, mereka baru akan menggunakan saat benar-benar membutuhkannya.

5. Customer Loyalitas

Customer loyalitas adalah orang yang cenderung menggunakan produk atau jasa hanya pada satu brand secara terus-menerus. Artinya, mereka tidak mudah digoyahkan untuk berpaling pada kompetitor lain.

Pelanggan jenis ini merupakan salah satu karakteristik yang perlu dijaga dan diperbanyak oleh bisnis. Makin banyak pelanggan loyalitas, makin cepat perkembangan bisnis Anda.

6. Customer Yang Berkembang

Pada dasarnya, klien yang berkembang merupakan proses menjadi pelanggan loyalitas. Pelanggan yang berkembang adalah orang yang menggunakan produk atau jasa bisnis Anda secara berkelanjutan dan menawarkannya juga kepada orang lain.

Sehingga tanpa diminta, mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, makin banyak potensi pelanggan Anda.

Barantum CRM - CRM, Chat & Call Center Software Terbaik

Apa Perbedaan Customer dan Consumer?

Berikut adalah perbedaan utama antara customer dan consumer:

1. Peran dalam Transaksi

Customer adalah individu atau organisasi yang melakukan pembelian atau menggunakan layanan dari perusahaan. Mereka terlibat dalam tahap pembelian produk atau layanan. Di sisi lain, consumer adalah individu atau organisasi yang mengonsumsi atau menggunakan produk atau layanan secara langsung. Mereka adalah pengguna akhir yang benar-benar mengalami manfaat dan nilai dari produk atau layanan tersebut.

2. Fokus Hubungan

Perusahaan lebih berfokus pada hubungan dengan customer karena mereka melakukan pembelian dan berperan dalam memengaruhi pendapatan perusahaan. Customer memainkan peran penting dalam memberikan pendapatan dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Di sisi lain, consumer merupakan fokus utama dalam memberikan manfaat dan pengalaman yang memuaskan melalui penggunaan produk atau layanan. Perusahaan perlu memahami kebutuhan dan keinginan consumer untuk memberikan produk atau layanan yang sesuai.

3. Memengaruhi Keputusan Bisnis

Keputusan pembelian dan preferensi klien dapat memengaruhi strategi bisnis perusahaan. Perusahaan berupaya memahami preferensi dan kebutuhan klien untuk memenuhi ekspektasi mereka.

Di sisi lain, consumer memiliki peran dalam memberikan umpan balik langsung terkait produk atau layanan yang digunakan. Pengalaman consumer dapat memengaruhi reputasi perusahaan, merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, dan memengaruhi keputusan pembelian customer lainnya.

Pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara kedua hal di atas penting bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi marketing yang efektif dan memastikan kepuasan pelanggan.

Apa Saja Perbedaan Lainnya Antara Customer dan Consumer?

perbedaan customer dan consumer

Adapun perbedaan secara keseluruhan antara customer dan consumer, yaitu:

1. Definisi

  • Pelanggan (Customer): Pelanggan merujuk pada individu atau entitas yang membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Mereka terlibat dalam transaksi atau berinteraksi langsung dengan perusahaan.
  • Konsumen (Consumer): Konsumen merujuk pada individu yang menggunakan atau mengonsumsi produk atau jasa. Mereka bisa menjadi pengguna langsung produk atau mendapatkan manfaat dari produk atau jasa tersebut.

2. Fokus

  • Pelanggan (Customer): Fokus pelanggan adalah pada hubungan bisnis dan transaksi dengan perusahaan. Mereka dapat melakukan pembelian atau menggunakan produk atau jasa secara berulang dan menjadi bagian dari basis pelanggan perusahaan.
  • Konsumen (Consumer): Fokus konsumen adalah pada penggunaan atau konsumsi produk atau jasa tersebut. Mereka menggunakan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

3. Interaksi

  • Pelanggan (Customer): Pelanggan memiliki kontak langsung dengan perusahaan, baik melalui pembelian produk, pemesanan jasa, atau berinteraksi dengan tim penjualan dan layanan pelanggan.
  • Konsumen (Consumer): Konsumen tidak selalu memiliki interaksi langsung dengan perusahaan. Mereka mungkin hanya berhubungan dengan produk atau jasa tersebut secara langsung, tanpa berinteraksi langsung dengan perusahaan yang memproduksi atau menyediakan produk atau jasa tersebut.

4. Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan

  • Pelanggan (Customer): Pelanggan memiliki keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelian, keputusan produk, dan interaksi dengan perusahaan. Mereka dapat memberikan umpan balik, melakukan komunikasi, atau memengaruhi keputusan bisnis perusahaan.
  • Konsumen (Consumer): Keterlibatan konsumen dapat bervariasi tergantung pada tingkat kepentingan mereka terhadap produk atau jasa tersebut. Mereka mungkin memberikan umpan balik terhadap produk atau jasa, tetapi umumnya tidak secara langsung memengaruhi keputusan bisnis perusahaan yang menyediakan produk atau jasa tersebut.

5. Tujuan Penggunaan

  • Pelanggan (Customer): Tujuan pelanggan adalah untuk mendapatkan nilai dari produk atau jasa yang mereka beli, serta memperoleh layanan yang memuaskan dari perusahaan. Mereka berorientasi pada hubungan jangka panjang dengan perusahaan.
  • Konsumen (Consumer): Tujuan konsumen adalah untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pribadi mereka dengan menggunakan atau mengonsumsi produk atau jasa tersebut. Mereka terfokus pada manfaat yang diperoleh dari penggunaan atau konsumsi produk atau jasa.

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer dan Consumer?

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan customer dan consumer, adalah dengan memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM). Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat mengelola dan memelihara hubungan dengan pelanggan secara lebih efektif.

Dalam penerapan CRM, perusahaan dapat melacak dan menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang personal dan relevan.

Selain itu, CRM memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengotomatisasi proses penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan, sehingga memungkinkan tim yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk memberikan layanan yang lebih responsif dan efisien.

Dengan menjalankan strategi CRM yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, dan secara keseluruhan meningkatkan jumlah dan kualitas klien yang dimiliki.

Solusi Customer Management Software Terbaik Untuk Semua Bisnis!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Memahami perbedaan antara pelanggan dan konsumen membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Dengan memahami siapa pelanggan dan konsumen mereka, perusahaan dapat menyesuaikan pendekatan mereka dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa menggunakan sistem Barantum CRM. Dengan fitur-fitur unggulannya, seperti manajemen pelanggan yang terintegrasi, manajemen komunikasi yang efisien, dan analisis data yang mendalam, Barantum CRM dapat membantu perusahaan Anda dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dalam industri yang kompetitif ini.

Barantum juga menawarkan fitur omnichannel yang memungkinkan bank untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terintegrasi melalui berbagai saluran komunikasi melalui telepon, email, obrolan maupun pesan melalui media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram, Line, dan lainnya. Sehingga dapat menyediakan respons yang cepat dan konsisten di seluruh saluran, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat hubungan.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - CRM, Chat & Call Center Software Terbaik

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".