Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge)

Mengapa perlu centang hijau (verified badge) WhatsApp? WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang populer dan marak digunakan di seluruh di dunia. Maraknya penggunaan WhatsApp ini membuat peluang bagi penisnis untuk memasarkan produknya.

Centang hijau WhatsApp atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Akun dengan centang hijau dapat menambah kepercayaan customer bisnis.

Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp.  Dengan adanya centang hijau WhatsApp di akun bisnis Anda, customer tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengalami hal seperti customer tidak percaya dengan pesan blast yang bisnis Anda kirimkan ataupun nomor Anda di blokir oleh customer. Centang hijau WhatsApp juga dapat meningkatkan reputasi dari brand atau merk bisnis. Maka tidak heran, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan.

Apa itu Centang Hijau di WhatsApp?

WhatsApp Verified Badge atau yang sering disebut ”centang hijau” merupakan sebuah tanda yang menunjukkan akun terverifikasi, kredibel dan dapat dipercaya atau asli.

Centang hijau ini diberikan kepada pengguna-pengguna tertentu saja berdasarkan legalitas sebuah lembaga, perusahaan atau bisnis. Sehingga tidak sembarang orang dapat membuatnya.

Centang hijau ini tidak diperuntukan bagi perorangan dan berbeda dengan verifikasi pada media sosial. Biasanya centang hijau diberikan kepada lembaga pemerintahan, perusahaan besar, dan tokoh publik.

Manfaat Centang Hijau WhatsApp

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WhatsApp:

  • Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.
  • Mengurangi sifat keraguan terhadap para customer. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  • Pengaplikasiannya semakin mudah jika dibuhungan dengan CRM, seperti Barantum. Dengan begitu, keseluruhan pesan customer dari berbagai saluran komunikasi dapat terlihat dalam satu platfrom.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara mudah dan gratis. Perusahaan secara otomatis muncul ke dalam kolom komentar yang ada di dalam pesan customer.

Kelebihan Verifikasi Whatsapp Centah Hijau 2022

  • Fitur balas pesan otomatis.
  • Bisa sembunyikan status online ke orang tertentu.
  • Menyimpan status WhatsApp orang lain.
  • Dapat membuat status WhatsApp lebih panjang.
  • Banyak opsi tema WhatsApp yang menarik.
  • Dapat customize penampilan WhatsApp.
  • Mudah mengatur font, tata letak, ukuran huruf, warna, hingga header WhatsApp.
  • Bisa menyembunyikan status sedang menulis pesan.

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Facebook sebagai pemilik WhatsApp telah bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis (BSP) secara global untuk membantu bisnis melalui WhatsApp Business API. Barantum merupakan Mitra resmi WhatsApp yang di tunjuk sebagai BSP untuk WhatsApp Business API. Jika Anda tertarik, Anda dapat langsung mendaftar untuk Verifikasi Bisnis WhatsApp menggunakan tautan ini pengajuan WhatsApp Business API.

register whatsapp api barantum

Waktu persetujuan untuk melakukan verifikasi ini biasanya antara satu sampai tiga minggu. Namun, proses persetujan dapat lebih lama tergantung approval dari Facebook. Langkah – langkah untuk proses verifikasi Akun WhatsApp Bisnis Resmi Anda adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan bisnis Anda melalui BSP resmi yang ditunjuk oleh WhatsApp, seperti Barantum.

2. Buat akun Business Manager.

3. Berikan ID Facebook Bisnis Manajer (BMID) Anda kepada Barantum selaku BSP Resmi WhatsApp.

4. Menyutujui pengiriman pesan oleh BSP atas nama bisnis Anda kepada pelanggan.

5. Selanjutnya, kamu perlu melakukan proses verifikasi kelengkapan profil dan kebijakan perusahaan. Pastikan, nama bisnis sesuai dengan Facebook Businees Manager dan WhatsApp Business API.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buat akun Facebook Business Manager

Untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp atas nama Anda, Anda harus mengurus beberapa hal terlebih dahulu. Secara khusus, hal ini termasuk membuat akun Facebook Business Manager.

Sebagai alat Facebook yang membantu Anda dalam mengatur dan mengelola bisnis Anda, Business Manager mengharuskan Anda untuk memiliki profil Facebook sehingga Anda dapat menggunakan nama pengguna dan kata sandi Facebook Anda untuk mendaftar.

Anda dapat mengunjungi situs web Facebook Business lalu membuat akun. Di sini Anda akan memasukkan nama, nama bisnis, alamat email, dan detail bisnis lainnya. Anda hanya dapat memiliki hingga dua akun Business Manager secara bersamaan.

2. Berikan ID business manager kepada Barantum selaku BSP resmi WhatsApp

Dengan membuat dan memverifikasi akun bisnis Anda, kami akan memerlukan Business Manager ID Anda. Informasi ini tersedia di Pengaturan Bisnis → Info Bisnis, di bawah Nama Akun Manajer Bisnis. Setelah menemukannya, kirim email yang berisi Business Manager ID Anda kepada tim kami.

3. Menyetujui pengiriman pesan dari platform Barantum

Setelah memiliki Business Manager ID, kami akan membutuhkan persetujuan Anda untuk mengirim pesan kepada pelanggan Anda atas nama Anda. Proses ini akan mengirim permintaan “pesan atas nama” melalui email dan Business Manager. Anda dapat menyetujuinya melalui Pengaturan Bisnis → Permintaan, lalu terima.

4. Verifikasi bisnis, kebijakan, dan nama tampilan Anda

Setelah Anda menyetujui permintaan BSP, Anda perlu memverifikasi nama dan kebijakan bisnis Anda di Business Manager sehingga WhatsApp dapat melihatnya. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan Bisnis → Pusat Keamanan, di bawah Verifikasi lalu mulai verifikasi. Opsi ini akan berwarna abu-abu sampai Anda menyetujui “pesan atas nama” yang dikirimkan tim kami kepada Anda.

Nama tampilan Anda harus sesuai dengan kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp dan pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Juga perlu perhatikan bahwa, setelah Anda mendaftarkan nama kontak bisnis Anda di WhatsApp sebagai akun bisnis resmi, Anda tidak mungkin untuk mengubahnya tanpa kehilangan status terverifikasi.

Setelah Anda memasukkan detail bisnis, memilih jenis bisnis, dan memasukkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima kode verifikasi (melalui panggilan telepon, pesan teks, atau email). Setelahnya, Anda dapat men-submit pesan tersebut untuk menyelesaikan proses ini.

Itulah tadi beberapa tahapan untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp Anda hingga Anda mendapatkan tanda centang hijau atau verified bagde WhatsApp untuk Akun bisnis Anda.

Verifikasi Akun Bisnis

Cara verifikasi WhatsApp Bisnis sebenarnya sangat mudah. Namun, membutuhkan beberapa tahap yang perlu Anda lakukan. Jika Anda ingin memisahkan

Barantum, Official WhatsApp Bisnis Partner

Untuk mendaftar centang hijau WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu di sini.

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API
  2. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  3. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  4. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  5. Beragam Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".