Inilah Perbedaan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi

Apakah Anda pernah mendengar tentang WhatsApp (WA) blast? WhatsApp blast merupakan salah satu cara pemasaran yang sedang populer saat ini. Bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan cepat dan efisien dengan mengirim pesan massal melalui aplikasi WhatsApp. Namun, terdapat dua jenis WA blast yang dapat Anda pilih, yaitu WhatsApp blast resmi dan WhatsApp blast tidak resmi. Antara WA blast resmi dan tidak resmi pun memiliki perbedaan.

Apakah Anda penasaran dengan perbedaan kedua jenis WA blast tersebut? Jika ya, maka Anda tidak perlu mencari kemana-mana lagi. Dalam artikel ini, kami akan membahas selengkapnya tentang perbedaan WhatsApp blast resmi dan tidak resmi. Mulai dari cara melakukannya, kelebihan dan kekurangan masing-masing, hingga risiko yang terkait dengan WhatsApp blast tidak resmi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu WA Blast?

WhatsApp (WA) blast adalah salah satu cara pemasaran yang dilakukan dengan mengirim pesan massal melalui aplikasi WhatsApp. Bisnis dapat mengirim pesan ke sejumlah kontak atau ke grup WA dengan cepat dan efisien. Tujuan dari WA blast adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. WA blast biasanya digunakan oleh bisnis yang ingin mengirim pesan promosi, pengumuman, atau informasi lainnya ke pelanggan atau calon pelanggan.

Mengapa Bisnis Membutuhkan WA Blast?

Berikut alasan bisnis membutuhkan WA blast:

  • WA blast merupakan salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan cepat.
  • Biaya WA blast relatif lebih murah dibandingkan dengan cara pemasaran lainnya, seperti iklan di media cetak atau media sosial.
  • WA blast dapat menjadi cara yang efektif untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan dan memelihara hubungan yang baik dengan mereka.
  • WA blast dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Apa Perbedaan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi?

Adapun perbedaan antara WA blast resmi dan tidak resmi, sebagai beriku:

1. Cara Penggunaan

Perbedaan antara WA blast resmi dan tidak resmi yang pertama adalah dari cara penggunaannya. Pada WA blast resmi, Anda perlu mengajukan template terlebih dahulu sebelum dikirim ke pelanggan. Sedangkan pada WA blast tidak resmi, Anda tidak perlu mengajukan template. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengirim pesan blast kepada pelanggan dalam jangka waktu berdekatan. Karena dapat menggannggu pelanggan dan risiko diblokir lebih tinggi.

2. Tingkat Diblokir

Perbedaan antara WA blast resmi dan tidak resmi yang kedua, ialah tingkat diblokir. Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan WA blast resmi. Karena kemungkinan akun bisnis Anda diblokir sangat minim. Sebelum melakukan pemblokiran, WA akan memberikan notifikasi peringatan terlebih dahulu. Berbeda dengan WA tidak resmi, Anda tidak akan diberikan peringatan sebelumnya. Akun Anda bisa tiba-tiba terblokir begitu saja. Dan, hal tersbeut rentan terjadi pada penggunaan WA blast tidak resmi.

WA Blast Resmi Tanpa Takut Terblokir by Barantum

3. Akurasi Data

Perbedaan WA blast resmi dan tidak resmi selanjutnya pada tingkat akurasi data. WhatsApp blast resmi biasanya memiliki data yang lebih akurat karena harus melalui proses pendaftaran dan verifikasi oleh pihak WhatsApp. Sedangkan WhatsApp blast tidak resmi tidak memiliki proses verifikasi sehingga data yang dikumpulkan tidak selalu akurat.

4. Biaya

Perbedaan WA blast resmi dan tidak resmi yang lainnya, yaitu biaya. WhatsApp blast resmi biasanya memiliki biaya pendaftaran yang cukup tinggi karena harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak WhatsApp. Sedangkan WhatsApp blast tidak resmi tidak memiliki biaya pendaftaran karena tidak memiliki persyaratan apapun.

5. Keamanan

Perbedaan yang terakhir, yaitu dari tingkat keamanan. WhatsApp blast resmi memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak WhatsApp sebelum dapat melakukannya. Selain itu, aplikasi yang digunakan untuk melakukan WhatsApp blast resmi telah terverifikasi oleh pihak WhatsApp sehingga lebih terjamin. Sebaliknya, WhatsApp blast tidak resmi memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah karena tidak memiliki persyaratan apapun dan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak terverifikasi oleh pihak WhatsApp.

Dilihat dari perbedaan di atas, kami sarankan untuk Anda menggunakan WA blast resmi. Meski biaya yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan WA tidak resmi, namun keamanan dan kualitasnya lebih terjamin dengan WA blast resmi. Selai itu, WA blast tidak resmi memiliki risiko hukum karena tidak memiliki persyaratan apapun dan dapat terkena sanksi dari pihak WhatsApp.

Apa Kelebihan dan Kekurangan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi?

Perbedaan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi

Kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yaitu:

Mengirim WA Blast Menggunakan Tools Tidak Resmi

Kelebihan :

  • Tidak membutuhkan verifikasi untuk menggunakan fitur WhatsApp Business API
  • Template pesan  bisa langsung dikirim dan tidak ada proses moderasi dari WhatsApp.
  • Bisa digunakan untuk urusan perusahaan atau personal.
  • Harga lebih murah

Kekurangan :

  • Akun mudah terblokir karena tidak memiliki afiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Tidak bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Fitur terbatas dan sering terjadi bugs dan aplikasi tidak berfungsi.
  • Harus instal ulang aplikasi untuk mendapatkan pembaruan aplikasi.
  • Hanya bisa diakses dan digunakan untuk 1 admin.

Mengirim WA Blast Menggunakan Tools Resmi

Kelebihan :

  • Tidak perlu khawatir akun diblokir karena terafiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Aplikasi selalu uptodate karena berbasis cloud.
  • Bisa digunakan lebih dari 1 (satu) admin (tak terbatas).
  • Sudah termasuk fitur WhatsApp API lainnya seperti Chatbot, Auto Reply dan banyak lagi.

Kekurangan :

  • Membutuhkan verifikasi untuk menggunakan Whatsapp Business API.
  • Template pesan harus disetujui oleh WhatsApp, dimana pesan yang terlalu bersifat promosi tidak diizinkan.
  • Untuk penggunaan organisasi dan bukan untuk personal.

Demi keamanan dan kenyaman Anda, pastikan untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast resmi dari BSP (Business Solution Provider) atau Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya seperti Barantum.

Selain penggunaannya yang aman, adanya layanan support yang siap membantu Anda jika ada kendala, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Blast Resmi?

Berikut ini 3 langkah untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast resmi untuk bisnis Anda:

1. Daftarkan Nomor Anda ke Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

WhatsApp Blast merupakan salah satu fitur dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkannya, Anda perlu untuk mendaftarkan nomor bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp Barantum. Selanjutnya, tim Barantum akan menyiapkan fitur WhatsApp Blast yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda mendaftar di Mitra Resmi WhatsApp terpercaya seperti Barantum. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda, dan juga agar mendapatkan layanan support terbaik yang fast respons ketika mengalami kendala nantinya.

2. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager
Selanjutnya, BSP Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda. Proses ini sangat penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Sementara itu, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Fitur WhatsApp Blast Siap Untuk Anda Gunakan

Barantum Aplikasi WA Blast Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya

Setelah proses verifikasi berhasil. Anda sudah bisa mulai menggunakan Whatsapp Blast dengan cara masuk ke dashboard/layanan yang telah disediakan Mitra Resmi WhatsApp yang Anda pilih, Barantum.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan atau meng-import nomor tujuan atau list receiver dan template pesan yang akan di blast, lalu klik Send Now. Pesan blast pun berhasil terkirim!

Dapatkan Fitur WhatsApp Blast Resmi Sekarang!

Sebagai mitra resmi WhatsApp di Indonesia, Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan pesan WhatsApp Blast tanpa khawatir nomor bisnis Anda akan diblokir.

Pastikan Anda untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp Blast ini dari penyedia resmi dan Mitra Resmi WhatsApp Indonesia, Barantum.

Selain aman dan terpercaya, tim kami siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".