Bagaimana manajemen prospek bekerja dengan CRM?

Bagi orang awam, mungkin kata ‘prospek’  berarti peluang untuk mendapakan profit atau keuntungan. Dalam dunia bisnis, penjualan, dan pemasaran, prospek ialah calon pembeli atau calon pelanggan. Sang pemilik perusahaan atau bisnis tentu berupaya keras bagaimana meningkatkan prospek ini kemudian menjadikannya pembeli dan bahkan pelanggan. Prospek hadir sebagai jawaban atas ketertarikan mereka atas produk atau layanan Anda yang dipasarkan melalui situs web maupun platform media sosial. Hal ini merupakan awal yang baik bagi Anda karena konten produk Anda dapat menyampaikan pesan secara baik kepada audiens. Produk Anda dapat menjawab kebutuhan serta menawarkan solusi kepada mereka.

Setelah audiens tertarik dengan produk Anda dan menjadikan mereka sebagai prospek, tentu Anda ingin mereka menjadi pembeli kemudian menjadi pelanggan Anda. Nah, di sinilah peran CRM diperlukan; bagaimana menjaga prospek Anda, sehingga membuat mereka mengambil keputusan terhadap produk Anda – dalam hal ini melakukan transaksi. Software CRM membantu merampingkan proses manajemen prospek Anda dan memastikan mereka tidak pergi. Tanpa strategi manajemen prospek yang efektif, kemungkinan besar Anda akan kehilangan prospek tertentu yang mungkin bagus untuk bisnis Anda atau fokus pada prospek yang awalnya tidak menjanjikan. Anda juga akan kesulitan membedakan grup satu sama lainnya tanpa software CRM untuk merampingkan strategi manajemen prospek Anda.

Manajemen prospek adalah proses memindahkan calon pembeli dari satu tahap saluran penjualan Anda ke tahap berikutnya. Anda dapat mengelola prospek Anda dengan terus mengawasi pertanyaan baru, memasangkan prospek dengan penjualan produk atau layanan, dan merekam semua interaksi prospek dengan perusahaan Anda.

Software CRM memudahkan Anda untuk memanfaatkan manajemen prospek, seperti ini:

Kualifikasi dan penilaian prospek

Software CRM sangat penting untuk kualifikasi dan penilaian prospek Anda dengan benar. Tanpa CRM, Anda tidak dapat memusatkan penilaian prospek untuk dilihat seluruh tim Anda. Hal ini menghambat pendekatan penjualan karena tim Anda tidak dapat memprioritaskan dengan tepat.

Informasi prospek

Dengan software CRM, Anda dapat menampilkan informasi yang perlu Anda ketahui tentang prospek di satu layar dari dalam antarmuka yang sama. Fungsi ini merupakan cara baik dalam membuat dokumen yang terpisah untuk setiap prospek penjualan, daripada hanya menyimpannya dalam catatan kertas.

Akuntabilitas tim

Tidak ada staf sales yang sempurna; bahkan yang terbaik sekalipun membutuhkan perbaikan. Peningkatan kinerja sales adalah bagian dari manajemen prospek. Misalnya, meningkatkan waktu respons rata-rata membuat prospek atau calon pembeli merasa puas dan dengan demikian penjualan meningkat. CRM dapat melacak waktu respons dan statistik lainnya yang membuat tim Anda tetap akuntabel dan menyoroti bagian yang memerlukan peningkatan.

Pelaporan prospek

Jika Anda menyimpan semua data penjualan Anda dalam dokumen terpisah di luar sistem terpadu, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui bahwa sebagian besar prospek berasal dari demografi tertentu. Dengan CRM, Anda tidak hanya menyimpan data manajemen prospek di satu tempat, tetapi Anda juga dapat membuat laporan tentang informasi ini hanya dengan beberapa klik. Anda dapat menggunakan apa yang Anda pelajari untuk merencanakan strategi pemasaran demografis yang melayani grup tempat prospek berasal.

Dengan melihat manfaat manajemen prospek pada CRM di atas, dalam mewujdkannya, software ini mempunyai fitur-fitur canggih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lalu, bagaimana CRM membantu pada setiap tahap proses manajemen prospek?
Untuk lebih memahami mengapa menggunakan software CRM adalah yang terbaik untuk manajemen prospek, mari simak setiap langkah dari prosesnya dan lihat bagaimana CRM berperan dalam setiap tahapnya.

Menjangkau prospek

Proses manajemen prospek dimulai dengan menjangkaunya, termasuk melalui formulir prospek. Tanpa software CRM di belakang formulir pengambilan prospek Anda, data prospek yang Anda terima mungkin berada di beberapa lokasi digital yang menunggu penambahan manual ke catatan penjualan Anda. Dengan CRM, informasi dari setiap formulir secara otomatis ditambahkan sebagai kontak baru ke database Anda.

Ketika Anda menghubungi prospek Anda, Anda dapat melakukannya langsung dari CRM Anda. Fungsi ini juga meningkatkan manajemen prospek Anda karena software ini secara otomatis menautkan komunikasi ini ke file prospek di CRM Anda. Penautan ini memungkinkan Anda melacak aktivitas dan interaksi prospek terhadap perusahaan Anda.

Pengayaan dan pelacakan prospek

Informasi yang dimasukkan prospek ke dalam formulir penangkapan prospek Anda seringkali bersifat mendasar: nama, perusahaan, dan kontak (email atau nomor handphone). Pada tahap pengayaan prospek dan pelacakan proses manajemen prospek, Anda akan berupaya mengisi semua celah pada data ini. Anda akan melakukannya menggunakan informasi yang dapat Anda temukan di situs web perusahaan prospek, misalnya LinkedIn, dan media sosial lainnya, atau CRM  terkadang dapat secara otomatis menemukan dan menyimpan data ini untuk Anda.

Seiring dengan peningkatan pengetahuan tentang prospek Anda, tentu akan ada pelacakan semua interaksi mereka terhadap perusahaan Anda. Meskipun Anda dapat melacak interaksi prospek Anda dengan menggunakan aplikasi email marketing, data back-end situs web, dan analitik media sosial, software CRM dapat melakukan ini semua dalam satu gerakan. Saat CRM Anda melacak keterlibatan merek prospek Anda, Anda akan belajar lebih banyak tentang keinginan dan kebutuhan prospek Anda.

Kualifikasi prospek

CRM dapat mempercepat kualifikasi prospek, pelacakan keterlibatan, dan analisis data prospek secara signifikan.

Distribusi prospek

Di sinilah manajemen prospek bisa menjadi rumit. Kondisi tertentu dapat memicu masuknya prospek baru secara berlebihan. CRM dapat membantu Anda meningkatkan prospek ini. Anda dapat menggunakan software ini  untuk menetapkan kriteria yang secara otomatis memasangkan prospek baru dengan staf sales yang sesuai. Dengan cara ini, Anda akan memiliki strategi langsung untuk mendapatkan prospek ke anggota tim yang paling cocok untuk memindahkan mereka melalui jalur penjualan Anda. Anda juga akan menghemat waktu berbicara dengan tim Anda untuk menentukan siapa yang dapat mengambil prospek baru.

Distribusi prospek menggunakan CRM juga meningkatkan proses penjualan multi-wilayah Anda. Anda dapat mengatur software ini untuk menunjuk prospek baru dari wilayah tertentu ke staf atau tim sales tertentu secara otomatis. CRM Anda kemudian akan memilih staf yang tepat dari grup ini berdasarkan kriteria lain. Dengan cara ini, staf yang berbasis di kantor kedua Anda tidak bekerja dengan seseorang yang berlokasi di dekat kantor pertama Anda, misalnya.

Mempertahankan prospek

Mempertahankan prospek merupakan salah satu bagian dari proses manajemen prospek. Bagian ini terdiri dari segala sesuatu yang terjadi setelah Anda menjangkau, memperkaya, melacak, dan mendistribusikan mereka. Mempertahankan prospek dilakukan dengan cara merawat mereka dengan memberikan pelayanan yang baik. Kegiatan perawatan prospek termasuk dalam membuat konten yang ditargetkan, berkomunikasi secara konsisten di banyak platform, dan sebagainya.

Dengan manajemen prospek CRM, Anda dapat mempersonalisasi dan mengoordinasikan semua komunikasi. Anda juga dapat melacak semua interaksi prospek dengan komunikasi dan konten Anda untuk memahami dengan baik di mana prospek berada di sepanjang jalur penjualan. Tanpa CRM untuk mengotomatisasi dan merampingkan manajemen prospek Anda, Anda melihat gambaran prospek yang tidak lengkap – dan itu bukanlah cara untuk menghasilkan penjualan. Manajemen prospek CRM memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan peluang konversi dan memaksimalkan pendekatan penjualan Anda.

CRM Barantum dapat menjadi andalan Anda dalam mengubah calon pembeli menjadi pelanggan loyal. Anda tak perlu lagi kewalahan dalam mengelola data prospek dan pelanggan. CRM Barantum akan mengerjakannya untuk Anda.

Ayo, gunakan CRM Barantum sekarang di sini dan nikmati free trial selama 7 hari!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".