Bisnis Ekspedisi Peluang, Tantangan dan Solusinya di 2019

bisnis ekspedisi

Peluang Bisnis Ekspedisi 2019

 

Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang merupakan salah satu bisnis yang cukup berpeluang tahun 2019 ini. Kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau adalah salah satu faktor pendukungnya. Maka itu jasa ini sangat di butuhkan untuk bisa mengirimkan barang antar pulau. Peluang usaha bisnis ekspedisi semakin tinggi dikarenakan pertumbuhan pesat sektor e-commerce. Dengan tumbuhnya sistem belanja online ini, menjadi salah satu trigger semakin banyak perusahaan-perusahaan jasa pengiriman barang atau kurir. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada 2017 jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 143,26 juta dan Menurut Google & Temasek jumlah transaksi dari e-commerce di Indonesia mecapai Rp 146.7 trilliun. Kita bisa melihat masyarakat mulai cenderung beralih kepada e-commerce selain harganya yang bersaing faktor lainnya yaitu praktis. Faktor praktis inilah yang membuka jalan bagi bisnis ekspedisi dengan mentargetkan pasar e-commerce.

 

Tipe Jasa Bisnis Ekspedisi

 

Masing-masing memiliki bentuk jasa pengiriman barang yang berbeda sesuai dengan kapasitas dan layanan moda transportasi pengiriman yang digunakan oleh perusahaan jasa ekspedisi. Beberapa Tipe Pengiriman dalam bisnis ekspedisi yang umum ditawarkan di Indonesia ada beberapa macam, yaitu:

  1. Full Truck Load (FTL)

ftl-full-truckload

Bentuk jasa berikut ini memungkinkan kita dapat menyewa mobil truk sesuai dengan kebutuhan. jenis truk tergantung dengan kapasitas berat atau volume. biasanya kebutuhan kita akan sangat bergantung pada berat atau volume dari barang yang ingin dikirim. Contoh perusahaan yang menawarkan jasa ini adalah GO BOX, kargo.co.id, siagatrans.com.

  1. Less Than Truck Load (LTL)

less than truckload

Jasa pengantaran barang dengan menyewa sebagian dari truk. Namun untuk proses pengiriman barang baru bisa berjalan bila truk sudah terisi full dengan barang. Oleh sebab itu ada perusahaan jasa pengiriman batang yang memanfaatkan peluang ini dengan cara mengumpulkan muatan barang dari banyak pengguna jasa sampai bisa memenuhi kapasitas truck yang dipakai. dengan cara ini pengguna bisa mendapatkan harga yang efisien, sedangkan penyedia jasa bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Contoh perusahaan jasanya seperti Ninja Express.

  1. Pengiriman Barang via Laut

shipping

Untuk pengiriman barang via laut ada 2 cara yang dapat dilakukan, ialah dengan menggunakan container dan pengiriman barang dengan kapal feri untuk kapasitas barang yang lebih kecil. Pada proses pengiriman barang menggunakan container pemilihan jasa berdasarkan penggunaan kapasitas yang dikenal dengan Full Charter Load (FCL) untuk penggunaan container secara penuh dan Less Than Container Load (LCL) untuk penggunaan kapasitas container secara partial.

  1. Pengiriman barang via udara

air shipping

Karakteristik dari pengiriman barang via udara adalah kecepatan dalam pengiriman barang. oleh sebab itu, tarif yang diberlakukan juga lebih tinggi dari pada pengiriman melalui darat maupun laut.

  1. Kurir/Ekspres

Jasa pengantaran barang ini untuk pengguna jasa yang menginginkan barang terkirim dengan cepat. karena sifatnya yang cepat maka harga yang diberikan juga lebih tinggi dibanding regular. biasanya dipakai oleh pengguna jasa yang mengirimkan barang dengan volume barang yang ringan dan tidak terlalu besar. Contohnya seperti Go Send, Porter, JNE, TIKI.

 

Tantangan dalam Bisnis Ekspedisi

 

Industri bisnis logistik / ekspedisi / jasa pengiriman modern saat ini mempunyai proses manajemen bisnis yang tidak sederhana. Perusahaan juga perlu beradaptasi untuk implementasi teknologi seiring perkembangan teknologi terkini. Selain itu Perusahaan perlu menganalisa informasi tentang ribuan klien di seluruh dunia dan memikirkan rute pelayanan.

Tantangan utama dalam bisnis Ekspedisi di jaman ini sebenarnya justru ada di persaingan antar Perusahaan Ekspedisi lainnya khususnya Perusahaan Ekspedisi yang sudah mengadaptasikan teknologi /IT sebagai bagian dari sistem pelayanannya. Perusahaan baru sebaiknya mulai memikirkan untuk berinvestasi pada divisi IT dari sejak awal. Oleh karena itu, sistem kerja yang modern dengan teknologi komputer memudahkan untuk memonitor, mulai dari awal pengiriman, tracking hingga barang di tangan penerima dengan cepat.

Strategi manajemen hubungan pelanggan juga menjadi faktor yang krusial. Banyaknya Perusahaan Bisnis Ekspedisi sudah mengimplementasikan software CRM sebagai sistem pengelolaan penjualan dan monitoring calon pelanggan serta analisa tingkat kepuasan pelanggan dalam Perusahaan mereka menjadi senjata utama bagi Perusahaan Bisnis Ekspedisi yang sukses. Karena dengan basis pelanggan loyal dan setia itu menunjukan kredibilitas dan “trust” dari sebuah Perusahaan. Untuk Perusahaan Bisnis Ekspedisi yang baru memulai, dengan implementasi CRM akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan serta meningkatkan keperayaan pada masyarakat sehingga calon pelanggan akan semakin antusias menggunakan layanan Anda.

Di dunia yang serba cepat saat ini, kepuasan pelanggan dan loyalitas mendorong pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan. Namun, jika konsumen Anda tidak bahagia, penjualan akan turun, dan pada akhirnya Anda akan kehilangan bisnis Anda. Ini bisa sangat terlihat dalam industri transportasi, di mana pelanggan sering sangat selektif tentang Penyedia Layanan Logistik.

 

Solusi Bagi Bisnis Ekspedisi 

 

Implementasikan CRM

Jika bisnis Ekspedisi berupaya melibatkan layanan baru, menargetkan industri yang berbeda atau pindah ke wilayah baru, atau bahkan baru merintis maka mereka perlu memiliki alat komunikasi yang efisien dengan para mitranya dan juga para pelanggannya. Jadi, solusi CRM merupakan yan paling efektif karena:

1. Produktifitas.

Solusi ini dapat membantu perusahaan untuk membuat alur kerja yang berbeda untuk berbagai departemen, sehingga Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas penting dan mengecualikan kebutuhan untuk membuat proposal, membuat laporan, dll.

2. Kegiatan sistematis.

CRM memberikan kesempatan untuk melihat tugas-tugas yang perlu dilakukan untuk setiap pelanggan. Selain itu, organisasi dapat menyatukan semua area dan melacaknya dari satu dashboard, sehingga perusahaan logistik dapat mengontrol harga yang bersaing dan pilihan pengiriman.

3. Analisis Pemasaran dan Penjualan.

CRM memungkinkan penyedia untuk memantau semua kinerja pemasaran dan penjualan yang dapat membantu memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan dengan lebih baik serta mengelola waktu secara efektif.

4. Mengatur Penawaran Terhadap Customer.

Sistem ini memungkinkan pengguna tidak hanya mengelola penawaran tetapi juga menganalisisnya berdasarkan moda transportasi, seperti udara, laut, dan permukaan, atau sifat transit, mis. impor dan ekspor.

5. Manajemen pesanan.

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data berharga, membuat penawaran dengan mudah dan mengkonversi ke pesanan dengan detail serta dengan biaya negara yang berbeda.

6. Pembaruan Informasi Otomatis.

Sistem memiliki kemampuan untuk memperbarui informasi secara teratur tentang klien dan proses pembelian, sehingga pengiriman barang dan pengiriman barang dapat diatur dengan cara yang tepat dan tepat waktu.

7. Pelacakan yang Aman.

Platform CRM khusus seperti yang di kembangkan oleh Barantum.com dapat berintegrasi dengan basis data dan pelacak elektronik, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat status dan lokasi kargo.

Anda bisa membaca Manfaat Aplikasi CRM bagi Perkembangan Bisnis Anda

Secara umum, semua fitur CRM di atas akan membantu industri logistik atau Perusahaan Ekspedisi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan /Customer Experience juga kepuasan pelanggan/ Customer Satisfaction pengguna layanan ekspedisi, mengelola penjualan atau kampanye pemasaran, serta mengidentifikasi dan mempertahankan pelanggan.

aplikasi crm terbaik

CRM Barantum Solusi Bisnis Berbagai Sektor Industri

Karena setiap industri memiliki kebutuhan khusus, setiap CRM mempunyai beragam fitur dan opsi konfigurasi. Jadi, banyak bisnis yang merasa kesulitan untuk memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan sempurna, dan Industri Logistik / Bisnis Ekspedisi juga termasuk didalamnya. Berikut ini daftar fitur yang sangat penting dalam Industri Logistik yang telah kami rangkum :

  • Tampilan data dan prospek secara menyeluruh
  • Menghasilkan laporan otomatis secara real-time
  • Analisa Quotation untuk layanan udara, laut, darat serta ekspor dan impor
  • Laporan sesuai asal dan tujuan
  • Atur proses bisnis Perusahaan dengan menciptakan alur kerja
  • Basis data terpusat dapat diakses dari mana saja kapan saja
  • Manajemen Waktu
  • Termasuk, solusi CRM mencakup alat untuk menghitung ROI dari setiap aktivitas. Sehingga pengguna dapat menganalisis dan mengidentifikasi perbaikan apa yang harus dilakukan dalam setiap departemen.

Kesimpulannya, Peluang bisnis ekspedisi sangat besar dan sangat potensial hal ini berbanding lurus dengan persaingan yang kompetitif. Sangat penting bagi Perusahaan untuk mendapatkan arahan serta mempertahankan pelanggan saat ini dengan kepuasan lengkap. Solusi utamanya adalah dengan mengadaptasikan Teknologi pada proses bisnis Anda. Perangkat lunak yang dapat di gunakan sebagai senjata utama Anda adalah Software CRM. Anda dapat dengan mudah bermigrasi menggunakan Software CRM Barantum untuk meningkatkan proses bisnis Anda dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

 

0 Shares
In this article

Join the Conversation

one × five =