Bisnis Pariwisata 2019 Pakai Sistem CRM Lebih Menguntungkan

bisnis pariwisata indonesia

Bisnis Pariwisata 2019 Semakin Menjanjikan

Bisnis Pariwisata pada tahun 2019 semakin menjanjikan, Indonesia merupakan salah satu destinasi dari turis  berbagai negara. Semakin banyak yang melirik bisnis Pariwisata karena masih banyak potensi yang dimiliki Indonesia sebagai destinasi wisata khususnya wisata alam. Karena Indonesia memiliki pesona alam yang cantik dan natural selain itu letak Indonesia sebagai Negara Kepulauan begitu strategis.

apbn pariwisata

Menurut data dari Google anggaran APBN dalam sektor Parwisata adalah sebesar 3,7 triliun untuk tahun 2018, ini menunjukan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sektor Pariwisata di Indonesia. Apabila kita sadari bahwa sektor Pariwisata merupakan salah satu sumber devisa negara yang terbesar, ini menunjukan bahwa peluang dalam Bisnis Pariwisata akan terus bertumbuh.

Kendala dalam Bisnis Pariwisata di Indonesia

 

Meski berkembang cukup pesat, terdapat beberapa masalah pariwisata yang masih jadi kendala di Indonesia. Sarana, prasarana dan teknologi informasi adalah beberapa di antaranya.

Setidaknya ada 7 masalah yang menjadi kendala bagi Bisnis Pariwisata di Indonesia :

  1. Pertama adalah sarana & prasarana
  2. kemudian SDM
  3. Ketiga, adalah komunikasi & publisitas.
  4. Keempat adalah kebijakan & peraturan yang berlaku dalam lingkup negara dan daerah.
  5. Kelima adalah teknologi informasi, yang memungkinkan turis mengakses banyak info soal wisata Indonesia.
  6. Yang keenam adalah kesiapan masyarakat.
  7. Terakhir, investasi yang belum banyak berkembang di daerah

Ini semua adalah tantangannya. Jadi, untuk kemajuannya dibutuhkan tenaga profesional yang merupakan bagian dari masyarakat dan pemerintah guna mendorong terus berkembangnya objek wisata dalam suatu daerah yang ada di indonesia ini

Bisnis di daerah Pariwisata

 

Berikut Peluang bisnis di daerah Pariwisata :

1. Bisnis Penginapan

Berbicara bisnis penginapan, bukan berarti Anda harus membuka hotel mewah dan berkelas. Ingat, tidak semua orang yang pergi berwisata memiliki dana yang melimpah. Untuk itulah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana justru lebih banyak diminati.

Anda juga bisa juga memanfaatkan rumah tempat tinggal Anda sebagai Homestay. Ini adalah sebuah model penginapan dengan menyediakan fasilitas lebih lengkap dan terkadang pemilik rumah dapat menghuni serta berbaur dengan para tamu.

2. Bisnis Kuliner

Dimana pun usaha kuliner selalu cocok, tetapi Anda harus menyesuaikan dengan tradisi dan budaya setempat. Akan lebih baik jika usaha kuliner Anda menyediakan berbagai makanan tradisional setempat.

3. Bisnis Penyewaan Kendaraan

Bisnis sewa kendaraan baik itu kendaraan roda empat dan roda dua sangat berpotensi. Akan banyak orang yang membutuhkan akses kendaraan pribadi ketika mereka sedang tidak membawa dari rumah karena terlalu jauh.

Apalagi untuk wisatawan asing dari luar negeri.  Bisnis penyewaan kendaraan juga sangat erat kaitannya dengan bisnis traveling, dimana Anda bisa menyediakan jasa antar jemput para turis dari lokasi wisata ke hotel atau mungkin ke tempat lain.

4. Bisnis Penjualan Oleh-oleh

Bisnis penjualan oleh-oleh hampir selalu ditemui di daerah dekat tempat wisata. Beberapa oleh-oleh yang cukup laris manis adalah souvenir, kerajinan khas daerah setempat, kaos atau busana yang bercorak atau bergambar tempat wisata setempat.

5. Bisnis Jasa Penerjemah dan Tour Guide

Jasa penerjemah biasanya sangat dibutuhkan oleh para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Selain itu jasa ini juga berkaitan dengan jasa tour guide dimana tentunya para turis ingin mengetahui apa yang mereka kunjungi.

Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan. Anda bisa berbisnis dengan membuka agen tour guide dan jasa penerjemah. Selain itu tour guide juga cukup dibutuhkan bagi anak-anak sekolah yang sedang berkunjung ke tempat wisata bersejarah.

6. Bisnis Jasa Fotografi

Tidak semua orang memiliki kamera professional dengan hasil yang maksimal. Untuk itulah jasa fotografer masih dibutuhkan untuk mengabadikan momen keceriaan saat berlibur. Anda bisa membuka usaha fotografi atau percetakan di daerah dekat tempat wisata. Ya, untuk usaha percetakan Anda mungkin akan bekerja sama dengan para fotografer keliling yang ada di tempat wisata.

7. Bisnis Event Organizer

Tak jarang orang yang mengadakan sebuah acara atau kegiatan di daerah tempat wisata baik itu pertemuan bisnis, pernikahan, reuni, launching produk dan lain-lain. Jadi jasa event organizer sepertinya cukup dibutuhkan. Jadi bukan hal yang aneh jika Anda memilih membuka bisnis event organizer di daerah dekat tempat wisata.

8. Kios dan counter

Sama seperti bisnis kuliner, keberadaan kios atau toko di berbagai tempat sangat dibutuhkan. Termasuk juga ditempat wisata untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, seperti makanan, minuman dan lain-lain. Atau alternatif lainnya adalah membuka counter penjualan pulsa untuk melayani wisatawan yang kehabisan saldo pulsa.

bisnis pariwisata indonesia

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MERAMBAH KE SEKTOR BISNIS PARIWISATA

 

Perkembangan Teknologi saat ini dengan menggunakan perangkat lunak sangat membantu para pengusaha atau pegiat bisnis untuk dapat meningatkan keuntungan selain itu juga meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran pengeluaran.

Salah satu yang sedang meningkat pesat dan menjadi tren dalam bisnis modern saat ini adalah software / aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Perangkat lunak CRM yang tadinya hanya di pakai oleh perusahaan besar kini sudah merambah ke semua sektor bisnis dari berbagai Industri termasuk Bisnis Pariwisata. Dengan harga yang ramah dan fitur yang luas serta hasil yang di berikan dengan memakai Aplikasi CRM, Para Pengelola Bisnis modern saat ini berlomba lomba untuk mengintegrasikan Perusahaannya dengan aplikasi crm termasuk dalam bisnis Pariwisata.

Fitur CRM yang meningkatkan keuntungan Bisnis Pariwisata

 

Database Pelanggan

Solusi CRM khusus perjalanan dan pariwisata memberikan kepada perusahaan basis data pelanggan yang memungkinkan agen dan karyawan untuk melacak informasi yang terkait dengan klien dan pelanggan mereka. Basis data ini dapat mencakup informasi pelanggan seperti:

  • Nama, alamat, dan nomor telepon;
  • Informasi keuangan;
  • Pemesanan sebelumnya;
  • Rencana perjalanan; dan
  • Komunikasi (sebelum dan sesudah penjualan).

Dengan menggunakan informasi ini, agen perjalanan dan perusahaan pariwisata dapat mengikuti kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif dan merespons secara tepat waktu. Mereka juga dapat memahami riwayat pelanggan untuk memberikan layanan yang lebih personal.

 

Manajemen Brosur

setiap orang menggunakan teknologi di semua bidang kehidupan mereka, dan itu termasuk perencanaan perjalanan. Meskipun menggunakan teknologi, brosur perjalanan tetap menjadi bagian penting dari industri ini. Brosur adalah alat pemasaran yang efektif, memberikan informasi tentang layanan perusahaan dalam format yang mudah dan nyaman. Perangkat lunak CRM khusus untuk perjalanan dan pariwisata menyediakan alat dan fitur yang membantu agen dan perusahaan pariwisata memesan dan mengelola brosur.

 

Manajemen Keluhan

Mengingat banyaknya pelanggan jasa industri perjalanan dan pariwisata, ada kalanya keluhan atau masalah diabaikan atau gagal. Layanan CRM khusus untuk perjalanan dan pariwisata memungkinkan perusahaan menangani keluhan dan masalah dengan lebih efektif. Agen dapat melacak keluhan, strategi yang diterapkan, kemajuan, dan mengeluarkan resolusi. Selain itu, informasi yang disimpan dalam database CRM memungkinkan agen untuk melacak masalah yang berulang sehingga perusahaan dapat menentukan solusi jangka panjang.

 

Fitur tambahan

Perangkat lunak CRM perjalanan dan pariwisata mengandung fitur tambahan yang membantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan produktivitas, dan mengelola operasi bisnis:

  • Dukungan untuk banyak agen. Perangkat lunak CRM perjalanan dan pariwisata memungkinkan lebih dari satu agen untuk masuk sekaligus, yang memastikan bahwa staf dapat bekerja lebih kohesif, berbagi sumber, pengetahuan, keahlian, dan informasi untuk memastikan bahwa klien mendapatkan apa yang mereka inginkan: liburan yang sempurna .
  • Tetap terhubung. Bisnis dapat menggunakan aplikasi berbasis cloud, email, dan mengobrol dan menyinkronkan layanan back-office mereka dengan sistem CRM untuk membantu staf tetap terhubung baik dengan anggota staf lain dan pelanggan.
  • Dukungan saat dibutuhkan. Ketika berhadapan dengan klien, masalah teknis tidak hanya merepotkan tetapi juga bisa mahal, sehingga memiliki bantuan yang tersedia saat dibutuhkan sangat penting. Perangkat lunak CRM untuk industri perjalanan dan pariwisata menawarkan layanan help desk untuk pemecahan masalah dan dukungan produk.
  • Sejarah komunikasi. Menggunakan catatan janji sebelumnya yang disimpan dalam database CRM, agen dapat menentukan di mana, kapan, dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan klien di masa lalu. Pengetahuan ini membantu agen memulai kontak menggunakan metode yang paling tepat untuk klien tertentu.
  • Pesan. Perangkat lunak CRM untuk industri perjalanan dan pariwisata berisi komponen pemesanan yang dapat digunakan agen untuk mengelola pemesanan klien secara lebih efisien. Selain itu, agen mengelola pemesanan secara real time dan dapat mengakses informasi dari mana saja dengan sistem masuk tunggal.

Perangkat lunak CRM memberi agen perjalanan dan perusahaan bisnis pariwisata alat untuk meningkatkan efektivitas interaksi pelanggan, mengelola aktivitas pelanggan dengan pengeditan yang mudah, mengelola pembaruan, dan mengandalkan database klien yang dapat diandalkan. Dengan implementasi yang sukses dari perangkat lunak CRM, perjalanan dan bisnis pariwisata dapat membantu klien mereka melihat dunia dan mengambil liburan impian mereka.

Anda juga bisa membaca : Contoh CRM dan Tutorial Cara Kerja CRM Barantum

 

In this article

Join the Conversation

seventeen + thirteen =