Tips Ide Bisnis Rumahan Yang Mudah Bagi Ibu Rumah Tangga

peluang usaha ibu rumah tangga

Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Apa kah ada Peluang Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga?Tidak sedikit ibu rumah tangga yang tadinya bekerja kantoran akan merasa kurang finansial karena mereka sudah tidak bisa lagi membeli barang-barang yang diinginkan sesuka hati. Apalagi setelah menikah, kebanyakan wanita yang sudah menikah akan berhenti bekerja. Terlebih jika mereka sudah memiliki buah hati, mereka pasti akan memilih untuk tinggal di rumah untuk merawat anaknya dan menjadi ibu rumah tangga seutuhnya. Keputusan yang diambil ini sebenarnya tidaklah mudah mengingat sebelumnya selalu menerima penghasilan bulanan.

BACA JUGA

Dalam keadaan seperti ini sebaiknya para wanita ibu rumah tangga mengatasinya dengan cara membuka bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Dengan begitu, pekerjaan rumah tangga dan mengurus Anak tetap dapat dilakukan, sementara mereka juga bisa tetap mendapatkan uang sendiri,

Berikut ini rekomendasi dari kami contoh peluang bisnis untuk Ibu Rumah Tangga :

katering ibu rumah tangga

  1. Bisnis Katering Makan Siang

Peluang bisnis bagi ibu rumah tangga ini ada hubungannya dengan dapur karena memasak menjadi salah satu keahlian perempuan. Anda bisa membuka bisnis katering khusus untuk makan siang.

Anda bisa memulai dengan menawarkan katering pada teman, kerabat, suadara ataupun tetangga. Sebaiknya Anda kasihkan sampel atau tester terlebih dahulu disertai dengan brosur yang isinya terdapat daftar menu makanan yang bisa order.

Agar lebih menarik lagi, dalam rangka promosi Anda bisa memberikan diskon bagi yang ingin berlangganan selama satu bulan sehingga dengan begitu anda bisa memiliki pelanggan tetap.

Hal ini cukup penting sebaiknya Anda meminta uang muka 50-70 persen untuk mengantisipasi adanya pelanggan yang tidak membayar. Dengan adanya uang muka, Anda bisa meminimalisir jumlah pengeluaran modal untuk memasak.

 

makanan kemasan

  1. Bisnis Kuliner Makanan Kemasan

Anda juga bisa mencoba bisnis kuliner makanan kemasan seperti misalnya sambal kemasan, rendang kemasan, camilan kering, atau makanan beku kemasan.

Untuk membuka bisnis kuliner kemasan ini, tentunya harus melakukan uji coba ketahanannya terlebih dahulu agar bisa mengetahui berapa lama masa kadaluarsanya. Jangan sampai informasi yang kita berikan kepada customer mengenai kadaluarsanya meleset atau salah, nama atau produk Anda akan mendapat nilai buruk untuk kedepannya.

Bisnis kuliner kemasan bisa distok, Anda tidak harus memasaknya setiap hari. Buatlah kuliner kemasan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak supaya masih fresh ketika dijual dan tidak menumpuk di rumah terlalu lama.

Untuk pemesanan dalam jumlah banyak, maka bisa menerapkan sistem PO alias pre order supaya bisa dikerjakan dari jauh-jauh hari.

 

usaha kerajinan tangan

  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Merasa kurang ahli di bidang memasak? Jangan khawatir, masih banyak peluang bisnis ibu rumah tangga lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya adalah bisnis kerajinan tangan seperti patchwork, sulam, dan lain sebagainya.

Buat kerajinan tangan dengan tema yang unik supaya bisa lebih menarik perhatian, seperti tas yang dibuat dari anyaman bambu atau barang daur ulang. Jual kerajinan tangan dengan sistem paket dan tawarkan diskon khusus untuk reseller.

 

usaha home dekor

  1. Bisnis Barang Dekorasi Rumah Kekinian

Di era yang serba Instagramable ini, rasanya hampir semua ibu rumah tangga muda yang ingin menciptakan suasana Instagramable pada setiap sudut rumahnya, seperti yang ada di kafe atau coffee shop kekinian.

Ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga dengan menjual barang-barang dekorasi rumah kekinian, seperti pajangan quotes, pajangan huruf kaligrafi, bunga kertas artificial yang dipajang di tembok, dan lain sebagainya.

Cobalah untuk sering-sering melihat referensi dari Instagram dan Pinterest dan terapkan tema dekorasi tersebut pada ruangan yang ada di rumah dan unggah fotonya di Instagram sehingga calon pelanggan bisa langsung meliriknya.

 

bisnis tanaman hias

  1. Bisnis Tanaman Hias

Jika gemar bercocok tanam, cobalah untuk membuka bisnis tanaman hias. Selain mendapatkan pemasukan, hobi juga akan tersalurkan.

Tanaman hias yang dijual bisa berupa tanaman hias yang bisa dipajang di dalam ruangan karena saat ini sedang tren meletakkan tanaman hias dalam ruangan.

Agar tampilan tanaman hias jadi berbeda, bisa juga menghias pot dengan pita atau membungkus pot dengan karung goni.

Sambil berjualan, berikan juga beberapa tips dan trik cara merawat tanaman hias tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung sudah mengedukasi masyarakat untuk go green.

 

  1. Bisnis Reseller Pakaian dan Aksesoris Anak

Menjadi reseller pakaian memang paling banyak diminati oleh para ibu rumah tangga. Tapi ternyata reseller pakaian dan aksesoris anak-anak jauh lebih banyak peminatnya dibanding reseller pakaian dan aksesoris perempuan. Hal ini dikarenakan pakaian dan aksesoris anak-anak jauh lebih lucu dan menarik.

Dengan menjadi reseller pakaian dan aksesoris anak, kamu tidak butuh modal yang banyak. Cukup berbekal distributor yang terpercaya, gadget, dan jaringan internet saja.

Untuk memperluas pasar, jangan cuma menjual pakaian dan aksesoris anak melalui medial sosial pribadi, tapi kamu juga bisa menaruh barang daganganmu di e-commerce sehingga pasarannya bisa jauh lebih luas karena menjangkau seluruh Indonesia.

Bila kamu punya cukup waktu gunakan aplikasi CRM gratis dari barantum.com manfaatkan fitur – fiturnya untuk menangkap leads / calon pembeli yang berkunjung ke website kamu, dan simpan data mereka untuk kamu analisa dan berikan kejutan khusus bagi pembeli produk kamu hal ini akan memelihara hubungan baik kamu dengan seluruh pelanggan kamu, plus seluruh pelanggan kamu akan merasa puas dengan pelayanan kamu sehingga mereka akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain dan kamu selain mendapatkan pelanggan tetap, pelanggan baru pun semakin bertambah.

 

In this article

Join the Conversation

nine + eleven =