Customer Relationship dalam Bisnis

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau customer merupakan salah satu kewajiban dalam sebuah bisnis. Pasalnya bisnis akan berkembang berkat adanya klien atau konsumen, atau customer. Oleh sebab itu, membangun customer relationship menjadi solusi untuk meningkatkan bisnis Anda.

Meningkatkan hubugan dengan pelanggan untuk membangun customer relationship, salah satu caranya dengan memanfaatkan Whatsapp Business API atau sistem customer relationship management (CRM). Mengapa? Karena Anda dapat mengakses fitur-fitur unggulan untuk menyimpan data secara terpusat dan mempercepat dalam merespons pesan pelanggan.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Data pelanggan yang tersimpan secara terpusat pun mempermudah Anda untuk menyediakan informasi yang lengkap untuk pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan, memanfaatkan saluran komunikasi bisnis yang tersedia untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara mudah.

Penjelasan lengkap mengenai customer relationship dan hubungannya dengan CRM akan dibahas dalam artikel. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak artikelnya!

Apa Yang Dimaksud Dengan Customer Relationship?

Customer relationship adalah salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempertahankan klien, konsumen, atau pelanggan yang ada agar melakukan pembelian berulang, sehingga pelanggan yang ada menjadi pelanggan setia yang loyal dan tidak lari ke kompetitor.

Pengelolaan konsumen yang ada dalam data pelanggan suatu perusahaan harus selalu optimal. Semakin bertambah jumlah pelanggan maka berarti semakin baik perkembangan bisnis Anda. Hal tersebut menunjukan bahwa pengelolaan konsumen dalam bisnis sudah efisien.

Peran hubungan pelanggan ini dapat berupa bentuk penyediaan informasi yang lengkap untuk konsumen. Bisa juga dengan penyedian media komunikasi yang lengkap agar pelanggan dapat menjangkau perusahaan dengan lebih mudah. Dari saluran komunikasi tersebut, perusahaan dapat mendengar keluhan konsumen, feedback konsumen, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan sekaligus produk yang terbaik kepada konsumen.

Mengapa Customer Relationship Penting Untuk Bisnis?

Customer relationship penting untuk bisnis karena berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan penjualan bisnis. Jika bisnis mampu membangun customer relationship yang baik, maka dapat dipastikan bisnis mampu bertahan di segala situasi. Karena pondasi dasar kepercayaan pelanggan dapat diperkuat saat bisnis membangun customer relationship yang baik.

Bagaimana Cara Membangun Customer Relationship?

Terlepas dari seberapa baik hubungan Anda dengan pelanggan, selalu ada ruang untuk peningkatan dan perbaikan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda aplikasikan untuk membangun customer relationship yang baik:

1. Tingkatkan Komunikasi Dengan Pelanggan

Cara membangun customer relationship yang pertama, yaitu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Saat berkomunikasi dengan pelanggan, sangatlah penting untuk menjangkau mereka melalui saluran komunikasi yang mereka sukai. Untuk menjangkau tiap pelanggan di berbagai saluran komunikasi, sistem CRM Omnichannel menjadi pilihan yang tepat. CRM Omnichannel bekerja mampu menghubungkan semua saluran komunikasi menjadi satu. Sehingga pelanggan dapat terhubung dan menemukan bisnis dengan mudah dari saluran manapun yang mereka sukai.

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Cara membangun customer relationship yang kedua dan paling penting adalah dengan cara memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Jika bisnis Anda mudah terhubung dengan pelanggan melalui CRM omnichannel, kini tugas berikutnya yaitu bagaimana cara Anda memberikan pelayanan. Berikanlah pelanggan layanan yang memuaskan dengan cara membalas pesan mereka secepat mungkin dan memberikan solusi terbaik untuk setiap masalah dan pertanyaan mereka,

3. Minta Umpan Balik Secara Teratur

Cara membangun customer relationship selanjutnya ialah meminta feedback (umpan balik). Dengan umpan balik ini, Anda bisa menggunakannya untuk evaluasi sehingga produk dan layanan yang sudah ada semakin baik.

4. Memberikan Apresiasi Kepada Pelanggan

Cara lainnya untuk membangun customer relationship, yaitu memberikan apresiasi. Misalnya, memberikan kepada pelanggan setia Anda, tawaran terbatas, voucher discount, atau mengadakan acara program loyalitas seperti gathering atau makan malam bersama. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih dihargai sebagai pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian lebih banyak.

5. Menggunakan CRM

Cara terakhir sekaligus strategi yang perlu Anda pertimbangkan untuk membangun customer relationship, yaitu menggunakan CRM (Customer Relationship Management), misalnya Barantum CRM. Dengan CRM Anda mampu 100% menyimpan data secara terpusat sehingga kinerja agen lebih efektif dan mudah dalam mendata ticket dan follow up pelanggan. Adapun manfaat CRM yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Mengelola informasi terkait pelanggan, pelayanan, dan penjualan bisnis.
  • Membantu mengambil keputusan yang strategis berdasarkan data yang tersimpan dalam CRM, misalnya dalam hal promosi penjualan.
  • Membantu melacak prospek penjualan bisnis sehingga sales dapat menganalisis wilayah potensial.
  • Personalisasi kebutuhan pelanggan sehingga promosi yang dilakukan tepat sasaran.
  • Menangani keluhan dan saran pelanggan dengan cepat dengan mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi yang bisnis Anda miliki.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Contoh Customer Relationship dengan CRM?

Berikut contoh penggunaan CRM:

1. Menyimpan Data Pelanggan Secara Terpusat

Seluruh data bisnis Anda bisa ditemukan dalam satu sistem. Sehingga Anda tidak kesulitan dalam mencari data pelanggan ataupun data lain yang diperlukan. Jadi, Anda mudah menganalisis laporan yang otomatis ter-update saat agen mengisi data ke dalam sistem.

2. Mengetahui Tiap Riwayat Aktivitas

CRM mampu merekap tiap aktivitas agen yang dilakukan dalam sistem. Baik berapa banyak leads tiap harinya, jumlah pekerjaan yang dikerjakan, banyaknya merespons pelanggan, rekap ticket masuk, dan mendata pelanggan yang belum ter-follow up.

3. Follow Up Pelanggan yang Efektif

Dalam bisnis, follow up pelanggan mempengaruhi tingkat kepuasan mereka terhadap bisnis. Semakin cepat Anda mem-follow up, semakin baik pandangan mereka terhadap bisnis. Dengan CRM yang mampu mendata tiap ticket masuk mengurangi risiko agen lupa melakukan follow up ke pelanggan.

4. Laporan Real Time

Anda dapat melihat laporan real time dan akurat dengan CRM. Sehingga mempercepat proses analisis dan menetapkan evaluasi yang diperlukan. Data yang valid dan akurat ini mengurangi risiko kecurangan yang dilakukan. Karena seluruh aktivitas terekam ke dalam sistem.

5. Melakukan Promosi Tepat Sasaran

Riwayat aktivitas tiap pelanggan yang terekap dengan rapi membuat Anda mudah melakukan analisis kebutuhan dan keinginan tiap pelanggan. Jadi, promosi yang dilakukan pun tepat sasaran.

Maksimalkan Customer Relationship Anda dengan Sistem CRM!

Barantum Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Pelanggan yang puas dengan service dan produk bisnis Anda merupakan salah satu ukuran keberhasilan sebuah bisnis. Untuk itulah, bisnis sangatlah penting untuk membangun komunikasi melalui customer relationship.

Sistem tersebut sudah melingkupi semua kebutuhan untuk kebutuhan bisnis. Mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar. Dan, didukung teknologi Omnichannel yang dapat menjangkau pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis
  2. Cara dan Strategi Mempertahankan Pelanggan Dalam Bisnis
  3. Top 10 Software Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia
  4. Pelanggan Lama vs Pelanggan Baru, Mana Lebih Penting?
  5. Apa itu CRM (Customer Relationship Management)? Ketahui Semuanya di Sini!

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang